April 26, 2017

Ini Dia Cara Mengatasi Penyakit Ikan Gurame yang Sudah Teruji

Penyakit Ikan Gurame Infoikan.com Sudah tahu manfaat daun johar untuk ikan gurame? atau ingin tahu obat ikan gurame jamuran? Siapa sih yang tidak kenal penyakit, salah satu virus maupun bakteri yang dapat menjadian tubuh ikan menjadi kurang sehat. Penyakit ini biasanya menyerang pada ikan gurame yang kekebalannya menurun akibat kualitas air yang kurang bagus.

Penyakit ikan gurame dibedakan menjadi 2 macam. Kelompok pertama adalah jenis penyakit yang diakibatkan gangguan jasad hidup atau biasa disebut dengan penyakit parasiter. Kelompok kedua disebabkan oleh faktor fisika dan kimia perairan yang disebut non-parasiter. berikut jenis penyakit ikan gurame dan cara mengatasinya.

Penyakit Ikan Gurame

Jenis Penyakit Ikan Gurame dan Cara Menanggulanginya

Jenis Penyakit Ikan Gurame - Parasiter
Jenis Penyakit Bintik Putih
Penyakit ikan gurame ini disebabkan oleh protozoa ichthyophthirius multifillis yang memiliki bulu getar. Parasit ini biasanya berada di bawah lapisan epidermis kulit. 

Gejala yang ditimbulkan adalah warna tubuh ikan gurame menjadi pucat akibat dari adanya bintik putih di seluruh badan ikan. Cara mengendalikannya dapat dilakukan dengan cara merendam ikan gurame dalam larutan formalin 25 ml/m3 air. 

Selain itu, pengendalian juga dapat dilakukan dengan cara menaikkan temperatur air kolam hingga mencapai 28 deajat C.

Jenis Penyakit Oleh Cacing Insang dan Cacing Kulit
Penyakit cacing insang dan cacing kulit pada budidaya ikan guarame disebabkan oleh parasit dactylogyriasis yang menyerang benih gurame, terutama dibagian badan dan insang. Gejalanya gurame tampak lemah, nafsu makan berkurang, dan dan sering berkumpul di permukaan air karena kekurangan oksigen. 

Timbulnya penyakit ini didukung oleh kualitas air yang buruk, kekurangan pakan, padat tebar terlalu tinggi, dan suhu udara rendah. 

Pengendalian penyakit ikan gurame cacing insang dan cacing kulit ini dengan cara merendam benih gurame di dalam larutan garam dapur 300 g/m3 air selama 24 jam. Selain itu, benih juga dapat direndam di dalam larutan formalin 40 ml/m3 air selama 24 jam.

Jenis Penyakit ikan Gurame - Kutu Ikan
Penyakit kutu ikan menyerang dengan cara menggigit seluruh bagian badan ikan gurame. Di sekitar bekas gigitan akan terjadi pendarahan, yang jika dibiarkan akan semakin menghebat. 

Munculnya penyakit ini dipengaruhi oleh kualitas air yang buruk. Penyakit ini dapat diatasi dengan cara merendam ikan di dalam larutan garam dapur 1,25% selama 15 menit.

Jenis Penyakit Ikan Gurame - Bercak Merah
Penyakit bercak merah menyebabkan badan gurame yang terserang penyakit ini akan berwarna gelap dan kulitnya menjadi kasar. Selain itu, gurame sering muncul ke permukaan air akibat kekurangan oksigen. 

Cara mengatasi penyakit bercak merah pada ikan gurame dapat dilakukan dengan cara merendam gurame di dalam larutan Oxytetracyclin 205 ppm. Perendaman dilakukan 3 kali berturut-turut, masing-masing selama 24 jam.

Penyakit Ikan Gurame


Jenis Penyakit Ikan Gurame Non-Parasiter
penyakit non-parasiter disebut juga dengan penyakit non-infeksi. Penyakit ini disebabkan oleh kualitas media yang jelek atau penanganan budidaya ikan guarme yang salah. Penyakit non-parasiter dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu penyakit nutrisi, penyakit kejenuhan gas, dan penyakit kekurangan oksigen.

Jenis Penyakit Ikan Gurame Kekurangan Nutrisi
Penyakit ini disebabkan asam amino dan vitamin pada pakan. Selain itu, juga dapat disebabkan keracunan alfatokin. Penyakit ini menyerang bagian insang dan badan bagian luar. Gejalnya adalah tutup insang keriput, tubuh bengkok, dan pertumbuhannya lambat.

Kualitas pakan yang jelek atau pakan yang sudah tercemar jamur akan memicu penyakit ini. Karena itu, penyakit ini dapat diobati dengan mengganti pakan yang lebih berkualitas dan memberikannya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Penyakit Ikan Gurame Kejenuhan Gas
Penyakit ikan gurame ini disebabkan oleh kandungan nitrogen, oksigen, dan karbohidrat di dalam air kolam terlalu jenuh. Bagian yang terserang adalah kulit gurame, mata, dan insang. Penyakit ini lbih banyak menyerang benih gurame.

Gejala klinis yang timbul pada ikan yang terkena penyakit ini adalah timbulnya gelembung udara di bagian kulit, mata, dan insang. Penyakit ini tidak menular, tetapi jika tidak segera diobati akan menyebabkan gangguan kronis. Penyakit ini dapat diatasi dengan cara mengganti air atau meningkatkan kualitas air kolam.

Jenis Penyakit Ikan Gurame Kekurangan Oksigen

Penyakit ini disebabkan oleh oksigen terlarut di dalam air rendah. bagian yang terserang adalah organ tubuh gurame bagian dalam (paru). penyakit ini menyerang gurame dari semua golongan umur. Gejala klinis yang muncul adalah gurame sering membuka tutup insang dan berkumpul di permukaan air.

Munculnya penyakit ini dipicu oleh pertumbuhan plankton yang berlebihan dan kadar bahan organik terlarut sangat tinggi. Oleh karena itu, cara mengatasinya dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas air, mengurangi bahan organik, dan mengurangi kepadatan ikan.

Perawatan kolam yang dilakukan dengan cara berkala akan mencegah berbagai jenis penyakit tersebut. Selain itu, pemberian air yang berkualitas juga dapat menciptakan ikan gurame yang sehat.

Penyakit Ikan Gurame


Demikianlah beberapa cara mengatasi penyakit ikan gurame dan teknik pengendaliannya yang mudah dan mujarob. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.