--> Skip to main content

Jenis Ikan Mas Koki Termahal Beserta Gambarnya

Jenis Ikan Mas Koki Infoikan.com Sudah tau jenis ikan koki termahal? atau ingin tau daftar harga ikan mas koki? Siapa sih yang tidak tau mas koki, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Mas koki biasa dipelihara hanya dijadikan kontes keindahan warna. Maka tak heran jika sekarang ini banyak sekali yang merawat dan mencarainya dengan harga termahal sekalipun.

Dari bermacam-macam cara merawat, ternyata banyak sekali menemukan kendal yang khususnya ikan mas koki ini mudah mati. Padahal dalam perawatan sudah maksimal dengan makanan kesukaannya. Dalam satu jenis dengan jenis yang lain pastinya akan berbeda cara merawatnya. untuk itu, sebelum benar-benar merawat mas koki alangkah baiknya untuk melihat dulu daftar nama jenis ikan mas koki termahal tercantik serta memiliki keindahan sendiri.

Jenis Ikan Mas Koki


Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Termahal dan Terbesar Beserta Gambarnya

Berikut ini daftar beberapa gambar dan jenis ikan mas koki yang sering diperjual belikan di toko ikan hias. Baik dari budidaya koki lokal maupun internasional

Jenis Ikan Mas Koki dan Gambarnya
Jenis Ikan Mas Koki Kaliko
Jenis Ikan Mas Koki

Tubuh kaliko agak bundar dan meiliki kepala yang relatif kecil dengan ulut sedikit runcing. Selain itu, sirip ekor dan sirip punggungnya cukup panjang. Namu, ciri khas dari kaliko yang sangat digemari terutama adalah kombinasi warna pada tubuhnya yang terdiri atas hitam, putih, kuning emas dan merah.

Jenis Ikan Mas Koki Lion Head
Jenis Ikan Mas Koki

Tubuhnya agak gemuk, pendek, dan sedikit bungkuk. Sirip pada dada, perut dan ekor relatif pendek dan memiliki jambul berwarna oranye di puncak kepala sehingga ia tampak seperti singa (Lion)

Ada juga jenis yang dikenal dengan nama lion head slayer. Warna tubuhnya serupa dengan lion head, kuning agak keemasan, tetapi dengan sirip ekor yang sedikit lebih panjang.

Jenis Ikan Mas Koki Sisik Mutiara
Jenis Ikan Mas Koki

Beberapa penjual dan penggemar ikan hias sering menjuluki ikan mas koki mutira ini dengan pearl scale dengan alasan lebih universal.

Tubuh agak bulat seperti bola tenis dan bermotif bintk-bintik seperti mutiara (pearl). Sedangksn warnanya bervafariasi dari putih kemerahan hingga kuning keemasan, tetapi pada umumnya merupakan paduan dari dua warna atau lebih.

Menurut penjualnya, mas koki jenis ini terbagi atas dua tipe; Pertama tipe ikannmas koki yang berjambul dan biasa disebut mutiara berjambul, dan tipe ke dua adalah mas koki yang tidak berjambul dan dikenal dengan sebutan koki bola pingpong.

Jenis Ikan Mas Koki Sukiyu
Sukiyu sering disebut juga dengan pompon oleh pengusaha maupun konsumen ikan hias. Bentuk tubuhnya agak mirip dengan lion head. Ciri utama yang membedakan dengan yang lain adalah adanya jaringan seperti lumut di hidung sehingga menyerupai kumis.

Jenis Ikan Mas Koki Mata Balon (Bubble Eye)
Jenis Ikan Mas Koki
duniaq.com

Bentuk dan warna tubuhnya menyerupai lion head tetapi memiliki perbedaan, yaitu berupa geembung udara seperti balon yang terdapat pada bagian bawah kedua mataya. Berdasarkan ciri khas yang dimilikinya ini, maka dianjurkan untuk tidak memelihara jenis ini pada tempat yang mengandung benda-benda yang tajam atau runcing.

Jenis Ikan Mas Koki Ranchu
Jenis Ikan Mas Koki
ceriwis.net

Secara sepintas ikan mas koki ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan lion head. Perbedaannya adalah permukaan tubuhnya yang sedikit lengkung dan jambul yang lebih luas mencapai pipinya. Beberapa pedagang sering menyebutnya sebagai salah satu varian dari lion head.

Jenis Ikan Mas Koki Red Head (Kepala Merah)

Jenis Ikan Mas Koki

Kalangan petani budidaya ikan hias lebih mengenalnya dengan julukan resket. Bentuk tubuhnya seperti lion head dengan tubuh berwarna putih dan jambul yang merah. jambul ini tidak sebanyak yang dimiliki oleh lion head.

Jenis Ikan Mas Koki Spencer
Mas koki ini di luar negeri lebih dikenal dengan nama Oranda. Tubuhnya nyaris tidak berbeda dengan lion head, bahkan sebagian besar pengusaha dan penggemar ikan hias menganggap lion head merupakan perkembangan dari jenis spencer ini.

jambulnya berwarna oranye sampai merah, sedangkan tubuhnya kuning keemasan. Ciri lain adalah sirip pada punggung, dada dan ekor yang relatif panjang dibandingkan dengan lion head.

Jenis Ikan Mas Koki Tosa
Jenis Ikan Mas Koki
omtim.com

Jenis tosa ini sering dijumpai pada setiap pedagang dan peternak maskoki. Tubuhnya agak bundar dengan sirip punggung, dada dan perut serta ekor yang relatif panjang. 

Tosa atau kakitosa ini jika tumbuh dengan baik, panjang sirip ekornya dapat melebihi panjang tubuhnya. Pada saat berenang, ekor yang panjang ini bergerak-gerak karena mengikuti gerakan arus air sehingga di luar negeri ia disebut veil tail (ekor rumbai) 

Jenis Ikan Mas Koki Teleskope Eye
Jenis Ikan Mas Koki
satujam.com
 
mas koki teleskop mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai kaliko, hanyan saja kedua matanya agak menonjol kelur bagaikan sebuah teropong atau teleskop.

Tubuhnya ada yang berwarna hitam pekat atau terdiri atas paduan berbagai jenis warna yang indah.

Jenis Ikan Mas Koki Blackmoor
Jenis Ikan Mas Koki
aquariummaskoki.blogspot.com

Bentuk tubuh maskoki blackmoor merupakan gabungan dari tosa dan red head. Bentuk kepalanya mirip dengan dengan tosa sedangkan matanya agak membengkak (menonjol keluar) seperti red head. Seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat.

Jenis Ikan Mas koki Celestial Eye
Jenis Ikan Mas koki
ikanhiasmaskoki.blogspot.com

Celsetial juga merupakan salah satu jenis maskoki yang memiliki bentuk tubuh seperti lion head. Perbedaannya, mata maskoki jenis ini selalu mengarah ke atas seperti pada jenis buble eye. Satu lagi keunikan celestial adalah bahwa ia tidak mempunyai sirip punggung.

Jenis Ikan Mas Koki Ekor Kipas (Fantail)
Jenis Ikan Mas Koki

Ekor kipas atau fan tail, mempunyai bentuk dan warna tubuh yang mirirp dengan koki tosa tetapi dengan sirip punggung dan ekor yang lebih pendek.

Jenis Ikan Mas koki Tosakin
Jenis Ikan Mas koki
anakmadiun.worpress.com

Jenis mas koki ini mempunyai bentuk dan warna tubuh yang tidak jauh berbeda dengan kokitosa, namun ekornya meriah seperti ekor burung merak.

Jenis Ikan Mas Koki Bulldog
Jenis Ikan Mas Koki
youtube.com

Sesuai dengan nama yang disandangnya, raut wajah maskoki ini mengingatkan kita pada anjing jenis bulldog. Ciri-cirinya adalah matanya belang seperti maskoki teleskop sementara tubuh dan siripnya mempunyai spencer. 

Jenis Ikan Mas Koki Ryukin
Jenis Ikan Mas Koki
duniaq.com

Jenis Ikan Mas Koki Shubunkin
Jenis Ikan Mas Koki
ikanhiasmaskoki.blogspot.com

Jenis Ikan Mas Koki Panda Moor
Jenis Ikan Mas Koki
ikanhiasmaskoki.blogspot.com

Jenis Ikan Mas Koki Moor Ekor Kupu-Kupu (Butterfly Tail)
Jenis Ikan Mas Koki
mediaronggolawe.com

Demikian inilah beberapa jenis ikan mas koki termahal yang memberikan keindahan serta kecantikan tersendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar