August 31, 2016

Budidaya Ikan Toman Serta Umpan Yang Sangat Disukainya

Ikan Toman (Channa micropeltes) infoikan.com - Ikan toman Adalah jenis ikan yang masih tergolong juga sebagai ikan hias. Pada bagian sirip ikan toman berbentuk layaknya terpedo. Saat ikan toman berusia 2 bulan, maka akan muncul dengan memiliki warn ayang cantik yang mana dapat juga menjadikan daya tarik tersendiri bagi kolektor ikan hias untuk memeliharanya.

 Ikan Toman


Banyak yang mngisukan kalau ikan toman makan orang, akan tetapi dari kenyataannya dari hal spele menjadi fakta bahwa ikan toman terbesar di dunia ini bisa juga dapat makan orang.


Yang menjadi keren lagi terdapat orang yang budidaya ikan toman ini, padahal untuk harga ikan toman sendiri sangatlah mahal, ada juga yang murah. Tergantung lokasi dan kondisi juga kalau banyak yang jual ikan toman ini, biasanya harganya juga lumayan murah,karena banyaknya persaingan.

 
 Ikan Toman
Ikan toman juga memiliki manfaat yang sangat banyak. jenis ikan ini merupakan ikan hias air tawar yang tebesar dalam kelompoknya (gabus - channidae). Semua yang ada dalam kelompok ini adalah hewan termasuk hewan karnivora atau predator air laut. Untuk umpan ikan toman sendiri sangatlah sulit bagi sobat yang belum mengetahuinya.

Berikut adalah klasifikasi ikan toman:

Kerajaan   : Animalia
Filum        : Chordata
Kelas       : Actinopterygii
Ordo        : Perciformes
Famili      : Channidae
Genus     : Channa
Spesies    : C. micropeltes

Ikan Toman-Budidaya Serta Umpan yang Disukainya


Untuk umpan ikan ini biasanya menggunakan antara lain :
untuk membudidayakan jenis ikan ini, alternatif yang sangat baik sobat bisa mencari indukan yang bagus, kemudian bisa menternaknya mulai dari kecil. Selain murah harganya, juga mudah untuk menyediakan tempatnya.

sifat dasar dari jenis ikan ini adalah sangat agresif terhadap lingkungannya.

Keagresifan ikan toman akan begitu Nampak, begitu buas bisa menyerang siapa saja yang mendekat ketika mereka sedang dalam keadaan memelihara anakannya, yang akan menjadi generasi penerus.

Maka dari itu, jika sobat melihat binatang apapun dalam keadaan mengajak sang anakan, rata-rata akan terlihat sangat keras terhadap siapa yang mendekatinya.

Beberapa jenis makanan ikan toman ini bisa berupa ikan-ikan kecil, anakan ikan, anakan kodo (precil), serta bisa cacing yang besar. Maka dari itu, tak heran jika banyak pemancing mania yang umpannya memakai anakan kodok ini (percil), supaya mudah untuk memburu jenis ikan toman ini.

Pada saat-saat seperti inilah yang justru banyak dimanfaatkan oleh orang banjar melihat sang indukan dengan anakan ikan toman ini, dengan cara menggunakan umpan belibis yang di ikat sebagai pengganggu agar indukan mendekat, kemudian jurus andalan dikeluarkan yaitu memberikan umpan daging kodok.

jenis Ikan toman juga termasuk ikan predator air tawar yang unik, karena ikan ini mampu hidup pada kondisi air yang sedikit oksigennya, yang disebabkan memiliki insang sekaligus juga mempunyai paru-paru primitif. Yang sering terjadi pada ikan ini yaitu sring masuk kedalam lumpur yang airnya sedikit pula.

Disebut juga dengan snakehead, karena pada bagian kepala ikan toman ini sagat mirip dengan ular sanca. Dari memiliki rahang yang kuat serta gigi-giginya yang tajam dan juga merupakan senjata yang sangat ampuh sebagai ikan predator.


 Ikan Toman

Harga Ikan Toman Di Pasaran Ikan Hias Maupun Ikan Konsumsi

soal harganya, Ikan toman hias berbeda dengan ikan toman konsumsi. Sebagai ikan hias, toman biasanya dijual pada saat masih kecil. Kenepa demikian? Karena pada usia kecil atau anakan, toman memiliki warna yang sangat cantik, yakni ditandai denga memiliki warna pada bagian tubuh berwarna kekuningan dan memiliki garis berwarna merah dibagian tengah ekornya.

Admin juga pernah melihat ada yang jual ikan toman di fb untuk ukuran 30 cm aja 100 rb.

Sedangkan ikan toman yang yang dijadikan konsumsi sehari-hari  harganya cukup mahal, utuk 1 kg nya saja bisa mencapai 60 rb. Mahalnya ikan toman ini disebabkan kerena ikan toman memiliki manfaat yang luar biasa, ya'ni membantu proses penyembuhan penyakit.

Manfaat ikan gabus toman ini dikarenakan adanya kandungan albumin yang ada didalamnya, bahkan admin pernah menengok iklan di olx, harga ikan gabus toman yang masih hidup per kg bisa mencapai 80 rb.

Denga harga yang lumayan tinggi ini, banyak sekali yang mencoba memlihara atau membudidayakan jenis ikan toman ini sebaik mungkin. Guna untuk mendapat keuntungan semaksimal mungkin sekaligus melayani dan memenuhi kebituhan masyarakat sekitar.

Manfaat Dan Kerugianya Ikan Gabus Toman

Selain mempunyai kandungan albumin yang sangat bermanfaat untuk menyebuhkan penyakit, ikan toman juga sangat bermanfaat bagi para petani yang padinya di makan keong emas.

Hama keong emas biasanya menyebabkan para petani gagal panen, akan tetapi jika para petani mau mengembangbiakan ikan toman di sawahnya sebenarnya akan sangat membantu mengurangi populasi keong emas tersebut.

Ikan toman juga menjadi ciri khas utama atau sumber kebutuhan mata pencaharian bagi warga Sumatra dan Kalimantan. Pasalnya ikan toman yang ditangkap oleh mereka baik dari rawa-rawa, sungai, ataupun danau, dapat dijadikan ikan asin yang di jual ke pulau lain, seperti jawa dan sekitarnya.

Baca juga:
Jensi Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium

Kerugian dari ikan ini jika sobat memelihara sekaligus dicampur dengan ikan kecil lainnya, maka ikan kecil tadi bisa habis di makan ikan toman ini. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk tidak mencampurkan ikan ini pada jenis ikan hias kecil lainnya.


 Ikan Toman
sonimancing.blogspot.com


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ini Dia Tips Cara Budidaya Ikan Toman Serta Umpan Yang Sangat Disukainya, Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan sebagai bahan memelihara untuk jenjang selanjutnya.


Baca Juga: Ini Dia 40 Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya

referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Toman