August 27, 2016

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis Perawatan Serta Harganya Sekarang Ini

IKAN DISCUS? – kini namamu wahai ikan discus telah menjadi sorotan banyak kalangan, mulai dari orang biasa sampai berpendidikan tinggi. Dari anak kecil sampai orang dewasa. Apa sih kira-kira keunikan yang dimiliki ikan discus ini. 

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis


Sedikit Tentang Ikan Discus

Pada coretan yang telah lama sudah disebutkan dan sudah dibahas tentang ikan discus ini. Dari mulai budidaya,asal-usul, sampai pada hal perawatan yang mana  sangat menguntungkan banyak kalangan umum.
 

Saya lebih suka manggil ikan discus ini dengan sebutan diskus pakai k aja ketimbang pakai c yang agak ribet.
 

Pada coretan atau pembahasan kali ini kita akan menguras tuntas tentang iakn discus ini, agar lebih hafal dan ngerti akan semua jenis ikan lainnya.  dari jenis jenis ikan discuss, cara memelihara, budidaya ikan discuss, selanjutnya pakan, makanan ikan hias discuss serta tidak lupa juga kami sertakan tentang harga ikan discuss yang beraneka ragamnya.
 


Pembahasan pertama atau pendahulua ikan discus ini, kita akan  menggali, membuka lebih jauh tentang jenis jenis dari ikan discus yang terdiri dari meliputi berbagai macam jenis ikan discuss dan sekaligus akan di jabarkan secara luas dan mendetail pada rangkuman selanjutnya.
 

Kemudian kita akan lanjutkan dengan cara memelihara atau merawatnya serta cara budidaya atau pemijahan atau ternak ikan discus. 

Tidak lupa juga disini akan sertakan coretan tentang berbagai macam pakan atau makanan ikan discus yang baik dan bervitamin terhadap pertumbuhannya. 

serta bagaimana perkembangan para peternak atau pembudidaya ikan hias discuss di Negara kita  khususnya.
 

Selanjutnya kita akan mencoba meneliti sekaligus membahas tentang harga ikan discus, mulai dari ikan discus yang harganya termahal sampai dengan ikan hias discus yang harganya paling murah. 

Semua akan dibahas seacara singkat dan sederhana dalam tulisan berikut ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly yang Harus Sobat Tau

Baca Ini : Sejarah dan Asal Usul ikan DIscus



Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Ikan Discus merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh banyak kalangan diseluruh nusantara terutama para pemburu ikan hias di tanah air. Nama ikan Discus sendiri diambil atau diadopsi dari karakter pada bagian tubuhnya yang menyerupai seperti piringan lebar. 

Ada yang mengatakan lagi kalau nama ikan discus ini diambil dari sebuah disk.

Ikan hias Discus ini masih termasuk dalam bagian dari family atau keluarga genus Symphysodon dan cichlidae. Ikan ini banyak terdapat atau lahir di daratan benus Amerika, tepatnya dari sungai Amazon city.
 

Saat ini, jenis ikan Discus mempunyai banyak rupa-rupa jenisnya dan setiap jenis-jenis ikan Discus dapat dibedakan namanya dari bagian corak warna yang terdapat dan melekat pada bagian seluruh tubuhnya. 

Selain itu juga , terdapat tanda khusus atau kekhasan yang cukup menarik setiap orang khususnya para pecinta ikan hias yaitu pada ikan Discus terdapat  garis-garis pada bagian tubuh yang terlukis dari ujung ekor hingga kepalanya (dari ujung sampai ujung lagi).
 

Hal inilah banyak yang membuat para penggemar ikan hias memilih ikan Discus untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah dan dijadikan hiasan di aquariumnya.


Baca juga : Ini Dia Ikan Hias Ruby Scat yang Cantik Serta Mudah Pemeliharaannya

HARGA IKAN DISCUS TERMAHAL DAN TERCANTIK
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Harga ikan Discus sendiri rata-rata diambil dan dikategorikan berdasarkan corak warna dan keistimewaan yang dimilikinya yaitu pola garis yang melintang pada eluruh tubuhnya. 

Jika warna pada  tubuhnya semakin cerah dan pola batiknya semakin istimewa dan cantik, maka harga tawar pada pasaran ikan Discus tersebut akan semakin mahal pula.
Baca juga:
 

Pada umumnya harga per bibit ikan Discus kisaran antara Rp2.000,00 – Rp10.000,00 per ekornya dan untuk harga ikan hias Discus dewasa mencapai kisaran Rp20.000,00-Rp100.000,00 per ekor.
 

JENIS IKAN DISCUS TERMAHAL DAN TERCANTIK
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

inilah saatnya membuka tips Untuk mengetahui jenis ikan hias Discus termahal sekaligus yang popular hingga saat ini. Berikut beberapa tipe ikan hias Discus beserta gambarnya yang harus kita pahami, ngerti, dan tau:
 

1. JENIS IKAN DISCUS CHECKER BOARD PIGOEN
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Ikan Discus Checker Board Pigoen merupakan salah satu jenis ikan Discus yang corak dasarnya ditandaia mempunyai warna dasar putih yang dihiasi dengan corak berwarna merah yang cerah.
 

Corak tipe ikan Discus ini seperti tergambar goresan akan tetapi pada  goresan tersebut tidak lurus melainkan berpola seperti urat yang teratur. Selain itu, juga terdapat ada warna kuning yang melekat pada  bagian kepala serta muutnya.
 

2. JENIS IKAN DISCUS RED RIBBON
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Ikan Discus Red Ribbon ialah satu diantara jenis ikan Discus yang ditandai dengan mempunyai warna kuning pada bagian seluruh tubuhnya dan sebagian agak kemerah-merahan serta berpola yang indah dan cantik.

Jenis ikan Discus ini juga dihiasi dengan lukisan berwarna putih pada bagian di seluruh atau  sekujur tubuhnya dan mempunyai pola batiknya yang cenderung berbentuk panjang-panjang yang rumit. 


Hal ini lah yang membedakan antara tipe ikan ini dengan Pearl Pigeon yang mempunyai batik bulat-bulat yang keren.
 

3. JENIS IKAN DISCUS PEARL PIGEON
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Ikan Discus Pearl Pigeon merupakan salah satu tipe ikan Discus yang ditandai memiliki warna dasar merah.
 

selain  itu, jenis atau tipe ikan Discus ini dilengkapi dengan mempunyai corak bintik-bintik kecil berwarna putih cerah di hampir di seluruh tubuhnya dan pada bagian kepalanya memiliki warna orange.
 

Jika ada perempuan yang suka dengan hoby ini, bias lebih cocok dan keren untuk memiikinya.
 

4. JENIS IKAN DISCUS MARLBORO RED
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Ikan Discus Marlboro Red merupakan salah satu jenis ikan Discus yang dapat ditandai dengan memiliki  warna orange kemerah-merahan pada bagian seluruh tubuhnya dan terlihat seperti menyala saat terkena sinar lampu.
selain itu, ada beberapa warna merah menyala pada bagian di sekitar siripnya serta terdapat  ada pola titik-titik putih di bagian sirip hingga pada bagian sekitar matanya. 


Buntutnya atau ekornya terdapat warna hitam pada ujungnya serta nampak sedikit kehitam-hitaman.
 

5. JENIS IKAN DISCUS GOLD YELLOW DIAMOND
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

Ikan Discus Gold Yellow Diamond adalah salah satu jenis ikan Discus yang ditandai dengan mempunyai warna kuning cerah menyala pada bagian seluruh badannya.
 

Hal tersebut sesuai dengan namanya yaitu gold yellow. Selain itu, jenis ikan Discus ini semakin cantik  dengan memiiki corak bintik-bintik putih pada  bagian siripnya dan  pada bagian sekitar mata.
 

6. JENIS IKAN DISCUS ANGEL BLUE DIAMOND

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis


 

Ikan Discus Angel Blue Diamond ialah salah satu tipe ikan Discus yang ditandai dengan  mempunyai warna biru polos pada seluruh bagian sisik tubuhnya. 

Warna biru yang tergambar pada jenis ikan Discus ini layaknya warna biru telur bebek, yaitu warna biru yang agak putih.
 

Ikan Discus Angel Blue Diamond bias dikatakan berkualitas dan mahal harganya jika ikan ini memiliki warna yang seakan-akan bercahaya ketika tersorot oleh cahaya.
 

CARA TERNAK IKAN DISCUS

 



Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Baca juga :
Inilah Cara Membedakan Anantomi Ikan Discus Jantan dan Betina


Untuk dapat membudidayakan atau ternak ikan Discus yang berkuwalitas serta baik, kita memerlukan air dengan suhu hidupnya sekitar 25-30 derajat celsius. Dengan kadar ph pada kisaran 5-6,5. Tentunya menyesuaikan dengan temperatur dan keadaan sekitar sobat.
 

PAKAN IKAN DISCUS
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Baca juga :
Ini Dia Cara Praktis Budidaya Ikan Rainbow Boesemani Serta Jenisnya

jenis ikan Discus ini menyukai pakan yang alami daripada pakan buatan atau pellet (hasil pabrik). 

Manfaat dan Fungsi dari makanan alami yaitu merangsang insting serta naluri ikan itu sendiri. Ikan ini akan bertambah lincah, gesit, sehat dan warnanya juga akan lebih indah jika diberi pakan yang alami terutama terjaga segarannya serta akan cepat pertumbuhannya.
 

Asalkan ketika sobat memberikan pakan tersebut, harus bias mengusahakan yang masih hidup untuk bisa beradaptasi sesuai lingkungan asalnya.
 

Disamping itu juga, makanan alami ini tentunya mudah untuk ditemukan dan  dicari tanpa harus mengeluarkan biaya yang dapat menguras saku kita lebih dalam. Makanan ikan Discus alami diantaranya yaitu cacing, jentik nyamuk dan larva semut merah.
 

Akan tetapi ini khusus sobat yang berada di desa atau deket dengan perkampungan, jika diperkotaan tentunya akan lumayan sulit.
Baca juga:
 

Baca juga : Cara memelihara ikan hias discus dan perawatan untuk para pemula



Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

baca juga : Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal


Khusus sobat peternak jenis ikan discus ini, ada hal yang sangat penting sekali untuk dijaga. Yaitu ikan ini mengalami stress yang secara tidak diketahui oleh kita juga hal ini yang malah jarang di perhatikan . 

Hal semacam ini dapat menyebabkan ikan discus mudah terjangkit penyakit.
Selain itu, setiap akuarium memiliki koloni mikroorganisme yang kurang bermanfaat bagi ikan dan menjadi salah satu faktor pendorong penyebab penyakit pada ikan. 


Jadi sebisa mungkin menjaga kebersihan pada air aquarium.
 


Namun, hal semacam ini tidak akan terjadi jika kita memiliki pengalaman yang lebih serta pengetahuan tentang tips memelihara ikan discus ini. Berikut ini ada beberapa tips yang harus dipahami dalam memelihara ikan discus oleh para penggemar di rumah.
 

1. Menyediakan akuarium yang layak bagi ikan
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Baca juga : 40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara


aquarium dan air menjadi salah satu factor utama, juga Kondisi akuarium sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan discus. 

Oleh karena itu, Pastikan kita menyediakan beberapa perlengkapan pendukung dan peralatan yang dibutuhkan. Jangan lupa lagi kebersihan dan kejernihan air.
 

Salah dari beberapa diantara peralatan yang diperlukan serta sangat bermanfaat adalah heater. Heater ini memiliki fungsi untuk mengatur suhu panas pada air akuarium sesuai yang dibutuhkan ikan.
 

Ketika air keadaan dingin, kita dapat memanfaatkan alat ini untuk mengatur suhu air yang dibutuhkan oleh ikan discus. 

Biasanya, suhu normal yang cocok untuk ikan discus kurang lebih 27-32 derajat celcius. Malah bagus jika lokasi sobat sangat strategis. Yang mana dapat menyesuaikan keadaan lingkungan.
 

2. Penerangan yang cukup pada akuarium
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

 

dari beberapa factor lainnya, Pencahayaan pada akuarium ikan discus juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam memelihara dan merawat ikan discus. Sobat bias menyiapkan  pencahayaan yang cukup untuk akuarium ikan discus.
 

Disamping mampu membuat ikan discus lebih sehat, pencahayaan juga bisa menjadikan ikan discus kita terkesan lebih cantik juga pada bagian tubuhnya dapat mengeluarkan warna yang lebih indah. 

Namun, penerangan umunya membuat suhu air pada akuarium berubah menjadi panas. Jika ditempelkan pada air. 

Akan tetapi sobat bias menerapkan pada bagian atas aquarium.
Untuk itu, sesuaikanlah pencahayaan pada akuarium ikan discus anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 

3. Menjaga kebersihan air
 

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Baca juga : Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya


Faktor utama lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi kebugaran ikan discus yaitu kondisi air itu sendiri. Jika kita kurang rajin memperhatikan kebersihan air akuarium, maka jangan salahkan jika ikan discus anda akan mudah terserang penyakit. 

Bukan hanya itu saja, bahkan ikan discus tersebut akan tirlihat lemas serta tidak menarik lagi untuk dilihat.
 

Sebab air yang tidak pernah dibersihkan atau kurang bersih, biasanya terdapat banyak bakteri jahat yang mengancam kesehatan ikan discus sobat. 

Oleh sebab itu, sobat harus senantiasa menjaga kebersihan air akuarium ikan discus. Setidaknya 1 atau 2 minggu sekali dibersihkan.
 

Biasanya, pergantian air yang mestinya dilakukan ialah seminggu dua kali atau jika kita terlalu sibuk, kita dapat menguras akuarium ikan discus seminggu sekali. 

Cara menguras air akuarium pun tidak disarankan sekaligus dikuras semuanya. namun, dibuat bertahap.
 

4. Makanan ikan hias discus
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Baca juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya


sebelum sobat memberi makan pada ikan discus ini, usahakan untuk mengetahui cara memberikan makanan yang menyehatkan. Di alam bebas, ikan discus ini terkenal dengan ikan pemakan apapun atau rakus.
 

Biasanya kalau hidup di alam bebas, makanan yang dimakan ikan discus ini bisa berupa larva serangga, cacing, bahkan buah-buahan. Apapun bias dimakan jika perut terasa lapar. Dan juga makanan-makanan tersebut bisa kita aplikasikan untuk ikan discus peliharaan kita.
 

Saat ini, makanan yang menyehatkan serta baik untuk ikan yang tersedia di toko-toko perikanan terdekat untuk ikan peliharaan bisa dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:
 

a. Makanan Alami
 

makanan alami ini yaitu yang berasal dari pencarian kita sendiri pada tempat-tempat yang terdapat banyak tersedia, contohnya sobat bias langsung lihat dibawah:
 

Beberapa Pakan alami ikan discus


Artemia, Telur udang galah, Telur udang lobster, Jentik nyamuk, Blood Worm atau Cacing Darah, Cacing Tubifex, Kutu air, dan Infusoria serta rotifera.
 


Ini khusus sobat yang berada pada daerah yang masih alami, berbeda lagi dengan lingkungan kota.
 

1) Infusoria dan rotifera
 

Infusoria dan rotifera yaitu sejenis microorganisme anakan dari beberapa jenis makanan alami tadi yang biasanya dimanfaatkan untuk makanan anakkan ikan discus maupun jenis ikan hias lainnya. 

Keistimewaan yang ada dari Infusoria dan rotifera ini adalah memiliki bentuk yang rentik atau kecil (masih anakan juga). Sehingga, pakan ini sangat sesuai untuk anakkan ikan discus. Juga bernutrisi sangat baik untuk kita sedianin buat ikan tersebut.
 

2) Kutu air
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis


Baca juga : Inilah Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia


Kutu air ialah sejenis udang-udangan yang sangat kecil dan pada umumnya juga bias dimanfaatkan untuk pakan anakkan ikan apapun. Kutu air acap kali kita temukan pada genangan air.
 

Kelebihan dari pakan ini adalah memiliki bentuk yang cukup kecil. Sehingga, anakkan ikan discus mudah untuk memakan dan mencerna makanan jenis ini.
 

3) Cacing Tubifex
 


Cacing Tubifex adalah atau bias juga cacing sutera. Cacing ini mempunyai dan memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik serta menyehatkan untuk ikan discus, antara lain: mineral, protein, dan lemak. 

Akan tetapi, kebanyakan penghobi ikan hias berpendapat bahwa pakan jenis ini sering kali dapat menimbulkan penyakit pada ikan.
 

Karena dalam pengembangbiakan pakan cacing ini menggunakan tempat yang kotor serta berbau dengan tanah basah atau lumpur. 

Oleh sebab itu, sebelum sobat memberi pakan pada ikan discus dengan cacing sutera ini, sobat harus bias membersihkannya terlebih dahulu agar supaya jenis ikan kesayangan sobat tidak terserang penyakit apapun.

4) Blood Worm atau Cacing Darah

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

baca juga :
 

Blood Worm atau Cacing Darah merupakan larva yang berasal dari lalat Chironomus yang mengalami pembusukan. 

Cacing darah ini memiliki kandungan protein yang cukup banyak, sehingga pakan ini cukup bagus untuk ikan discus kita.
 

Sebelum memberikan pakan ini, sobat harus bias melakukan dengan pembungkusan pada cacing darah ini akan dibekukan lagi dalam kulkas terlebih dahulu agar gampang dalam penyimpanan dan jauh akan bakteri serta lebih awet.

5) Jentik nyamuk

 

Jentik nyamuk atau telur nyamuk ini cukup gampang untuk sobat  peroleh. Kita bisa menemukanya di selokan atau tempat yang terdapat genangan air.
 

Usahakan sebelum memberi makan pada ikan discus, rendem terlebih dahulu. Masukkan kedalam wadah yang berisi air. 

Kemudian ambil yang tenggelam dan buang yang mengambang karena kurang sehat.Sobat  juga bias membudidayakannya sendiri. 

Selain itu, jentik nyamuk juga memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Sehingga, sangat baik untuk makanan ikan discus ini.
 

6) Telur udang
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

baca juga : Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan


Telur udang ini yang sering kali dimanfaatkan untuk pakan adalah berupa jenis telur udang galah dan telur udang lobster. Telur ini sengaja dikembangkan untuk pakan ikan dan umumnya dijual dalam kondisi beku. 

Pakan ini sangat baik untuk pembentukan warna alami ikan dan memacu kesuburan serta pertumbuhannya.
 

7) Artemia
 

Artemia merupakan planktonik yang sering hidup di perairan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Pakan ini mempunyai kandungan nutrisi cukup banyak, seperti 50% protein dan 25% lemak.
 

Disamping itu, arteria dianggap sebagai pakan alami yang terbaik karena pakan ini bebas dari penyakit. Karena sudah kebal akan bakteri.
 

Baca juga : Budidaya Ikan Guppy dan Tekhnik Cara Perawatannya

b. Makanan buatan
 

Pakan buatan merupakan pakan ikan yang sudah diolah oleh dari tangan manusia. Pakan buatan ini sangat praktis dan mempermudah kita dalam pemberian pakan pada ikan peliharaan kita. 

Pakan ini sangat mudah untuk kita dapatkan. Karena sudah tersaji pada botolan atau kemasan yang cantik.
Sobat bias mendapatkan pakan buatan ini di took terdekat kota sobat, dengan kemasan yang sudah tersaji.


Akan tetapi banyak yang mengatakn kalau pakan pellet ini kurang baik untuk kesehatan serta pertumbuhan ikan discus sobat. Tapi jangan kuwatir, pasti banyak manfaatnya juga kok.

Dengan alasan tersebut, sobat harus benar-benar bias memberikan pakan jenis ini seperlunya saja dan Cuma sebagai variasi dengan pakan alami.


Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang jenis jenis ikan Discus beserta harga ikan discus termahal, cara memelihara serta makanan ikan discus. Semoga bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari informasi mengenai ikan Discus yang menggoda ini. Serta mendapatkan hasil yang maksimal untuk pertumbuhan ikan selanjutnya.

Berbagai sumber..
Baca juga ini : 
Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas 
15 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta Termahal

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis


Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis

Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis