November 2, 2016

Apa Itu Heater ? Fingsi dan Panduan Dasar Mengguakannya Untuk Aquarium

Apa Itu Heater ? Fingsi dan Cara Mengguakannya Untuk Aquarium, infoikan.com | Heater merupakan sebuah alat bantu untuk memanaskan air yang menggunakan energi listrik. Biasanya masih saling berhubungan dengan aquarium baik dalam merawat jenis ikan hias air air tawar maupun air laut. 

Apa Itu Heater ? Fingsi dan Cara Mengguakannya Untuk Aquarium


Diperuntukkan bagi sobat yag sekarang ini memelihara ikan hias baik dari kolam, maupun hanya khusus heater kolam koi, untuk menjadikan si ikan dalam keadaan sehat dan terbebas dari segala macam penyakit, bisa menggunakan alat ini. Sekaligus memudahkan sobat dalam pemberian makan, yang pasalnya jenis alat ini mampu menambahkan selera makan si ikan.

Jika wadah sobat terdapat jenis tanaman aquascape atau tanaman air hias, gunakan alat ini untuk merawat agar mampu bertahan hidu dalam waktu yang agak lama sekaligus menjadikan tanaman segar bugar lagi dengan heater ini.

Apa Itu Heater ? Fingsi dan Cara Mengguakannya Untuk Aquarium

Banyak sekali para pembudidaya ikan yang masih kurang tau akan kegunaan dan fungsi perlengkapan aquarium yang satu ini. Khususnya pecinta ikan hias yang sudah lama merawat ikan. Mungkin akan tau alat ini jika kejadian ikan pada stress.  

Pengertian heater secara umum tak lain yaitu sebuah alat sebagai pelengkap aquarium yang berfungsi untuk memanaskan air dalam aquarium.

Berbeda dengan heater yang sering dipakai oleh para kawula muda, maka untuk menagsirkannya juga berbeda. Disini kita membahas yang bersangkutan dengan perawatan ikan aquarium saja. Sebenarnya arti dan fungsi heater sendiri sama. 

Lalu apa fungsi heater aquarium?
Apa Itu Heater ? Fingsi dan Cara Mengguakannya Untuk Aquarium
  
Fungsi Heater Aquarium
Jika sobat seorang pemelihara ikan yang sudah lama, pasti akan lebih sedikit tau akan fungsi alat ini. Jenis ikan hias berdasarkan perlakuan sendiri terdari dari 2 bagian. Diantaranya yaitu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan harus dengan perawatan yang khusus.

Dari sinilah peranan heater sangat bermanfaat untuk membantu merawat jenis ikan yang membutuhkan pemeliharaan tersendiri. Hal ini biasanya mengacu pada tempat ikan hias ini berasal. Jika ditemukan pada daerah yang suhunya memnag panas, alat ini dapat kita gunakan untuk memanaskan airnya.

Begitu juga sebaliknya. Hasil alam yang melimpah ruah dan berasal dari berbagai tempat. Ada yang dari pegunungan, lautan, hutan, dan lainnya. Untuk merawat serta memberikan daya tahan hidup ikan tertentu, maka muncullah penemuan alat pelengkap aquarium ini.

Keadaan air diberbagai tempat yang mempengaruhi ketahanan tubuh ikan aquarium. sobat harus bisa mengendalikan suhu, temperatur, agar sama persis seperti pada habitat aslinya di alam.  

Nah disinilah fungsi heater benar benar dibutuhkan, yakni untuk menstabilkan suhu air. Artinya, ketika suhu meningkat maka heater dimatikan dan ketika suhu air menurun maka heater dinyalakan. 

Mengurangi Populasi Jamur dan Bakteri Fingsi Heater Aquarium
Mengurangi Populasi Jamur dan Bakteri Fingsi Heater Aquarium
 
Tak hanya air yang dapat di stabilkan oleh alat ini, akan tetapi jamur dan bakteri aquarium bisa di atasi dengan heater ini. Setidaknya populasi jamur dan bakteri bisa berkurang selama alat ini digunakan. Apalagi penyaki, maka bisa dipastikan akan sembuh juga.  

Makanya banyak juga dari hobis yang menyarankan heater hanya dipakai ketika ikan hias sakit dan mulai mogok makan saja. Dan ketika ikan hias sehat maka heater tidak diperlukan lagi.

Sekaramg paham bukan jika fungsi heater aquarium adalah untuk menstabilkan suhu air aquarium tersebut agar si ikan hias sehat.

Langkah-Langkah Dasar Cara Menggunakan Heater  Aquarium Automatis

Langkah Pertama
Apa Itu Heater ? Fingsi dan Panduan Dasar Mengguakannya Untuk Aquarium

Sebelum selesai transaksi, penjual dan pembeli biasanya akan saling mencoba mengecek barang yang sudah di pilih tadi. Apakah dapat berfungsi dengan baik, atau untuk mengetahui terdapat kecacatan pada heater ini. Jadi setelah selesai tidak terdapat kerugian dari salah satu pihak.

Jangan lupa untuk membuat sebuah perjanjian garansi pada penjual toko tadi, hal ini untuk memudahkan jika terjadi hal yang tidak di inginkan seperti gagal produk, sekaligus memudahkan untuk menukarkan lagi.

Kejadian diluar dugaan pada umumnya terdapat pada gelas kaca heater ini, yang sering ditemukan yaitu terdapat keretakan atau bocor. Ketika terjadi demikian, sobat bisa berhenti melanjutkan pemasangan saja.

Langkah Ke Dua
Langkah berikutnya ini menyesuaikan jenis aquarium sobat, seberapa besar dapat menampung volume air. Yang nantinya sobat dapat mengukur skala temperatur dengan mudah sesuai dengan keadaan volume air aquarium sobat. Berikut merupakan tabel yang sudah dibuat tersusun rapi:

Ukuran  25 Watt untuk volume air kurang lebih 25 Liter
Ukuran  50 Watt untuk volume air kurang lebih 50 Liter
Ukuran  75 Watt untuk volume air kurang lebih 75 Liter
Ukuran 100 Watt untuk volume air kurang lebih 100 Liter
Ukuran 150 Watt untuk volume air kurang lebih 150 Liter
Ukuran 200 Watt untuk volume air kurang lebih 200 Liter
Ukuran 300 Watt untuk volume air kurang lebih 300 Liter 


Apa Itu Heater ? Fingsi dan Panduan Dasar Mengguakannya Untuk Aquarium

Langkah Ke Tiga
Terdapat juga jenis heater automatis yang sangat mudah untuk kita gunakan. Jadi sebelum memulai usahakan untuk memeriksa dengan hati-hati, agar selalu dalam eadaan aman tidak mudah rusak serta tahan lama.

Langkah Ke Empat
Pemasangan Heater yang baik biasanya akan di tempatkan dekat dengan aerator, hal ini agar suhu pemanas maupun pendingin yang disebarkan dapat menyeluruh pada semua air dalam aquarium. 

Ikan yang sensitif sangat membutuhkan alat ini untuk menjaga suhu air supaya stabil.
Contohnya adalah ikan arwana dan ikan discus.
Biasanya ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis. Jadi kalau ikan anda terlihat ada perubahan perilaku, segera pasang heater ini saat suhu air aquarium mulai menurun.
 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang apa itu heater? fungsi dan panduan dasar menggunakan untuk aquarium ini, semoga bermanfaat dan bisa menmbah wawasan serta pengetahuan akan hal perawatan pada jenjang berikutnya. 

Baca juga: 
Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara