December 9, 2016

Ini Dia Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati

Ikan Hias Kecil Tahan Lama Infoikan.com Apakah sobat seorang pemula ingin memelihara ikan hias? Masih takut jika cepet mati atau gagal? Sangat wajar bagi para pemula kurang berani merawat ikan hias, apalagi belum ada pengalaman merawatnya bukannya masalah dana, tetapi menyiksa ikan hias tersebut baik yang berukura kecil maupun besar.

Pada kesempatan kali ini info ikan akan memberikan beberapa daftar ikan hias kecil tahan lama dan tidak mudah mati. Beberapa jenis ikan hias tentunya memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda, juga memiliki karakter sifat tersendiri berdasarkan gen dari induknya. Lalu, jenis ikan hias apa saja yang dapat bertahan hidup lebih lama. Lanjut berikut beberapa ikan hias kecil tahan lama dan tidak mudah mati:

Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati



Beberapa Ikan Hias Kecil Tahan Lama Tidak Mudah Mati

Nah..Mau tau jenis ikan hias air tawar yang terbaik bagi seorang pemula? Lanjut baca daftar berikut ini:

1. Ikan Cupang

ikan cupang serit
Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati

Ikan cupang merupakan jensi ikan hias air tawar yang mudah dipelihara serta mampu hidup bertahan lama walaupun kondisi airnya sangat sedikit. Jika di dalam aquarium tanpa aerator pembuat oksigen, jenis ikan cupang ini tetap akan bertahan sekaligus tidak mudah mati. Oleh sebab itu cocok sekali buat yang lagi latian memelihara serta merawat ikan hias.


Kunci utama memelihara jangan sampai ditambahi pelengkap aquarium berupa lampu hias, bisa-bisa malah akan setress, karena biasa dengan keadaan gelap. Ada dua jenis ikan cupang yaitu cupang adu dan cupang hiasan.  

Perbedaan keduanya hanya terletak pada pemeliharaan saja. Jenis ikan hias kecil tahan lama cupang ini memiliki bentuk dan warna ekornya sangat cantik dan menarik, sedangkan untuk jenis aduan memiliki warna dan bentuk yang kurang menarik jika dipelihara untuk hiasan.

2. Ikan Guppy

red cobra halfmoon guppy
Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias yang dapat sobat ketahui dengan memiliki ciri-ciri ukuran tubuh kecil dan berekor lebar dengan varian warna yang sangat cantik dan menarik. Disamping harga ikan guppy yang lumayan murah, dengan warna pada seluruh badannya yang cantik dan indah ini semakin banyak peminatnya serta populer dikalangan pemula. 


Mudah sekali ikan guppy ini dirawat dan dipelihara, pasalnya tak jauh beda dengan ikan cupang. Jenis ikan guppy sendiri ada banyak, kesemuanya memiliki karakter sendiri. Cara mudah memelihara ikan guppy ini, sobat bisa menyediakan aquarium kecil yang mampu menampung air sekitar 1 - 2 liter saja sudah cukup. 

3. Ikan Platy - Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati 

platy sunset
Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati

Ikan hias kecil tahan lama jenis platy ini cocok dipelihara buat sobat yang ingin memulai menghiasi aquarium. Untuk berkembangbiak ternyata tidak membutuhkan perawatan khusus, yang artinya jika dibiarkan tetap mudah beranak. Ikan ini memiliki warna yang tak kalahnya dengan ikan lain cantik dan indah serta mempunyai bentuk ekor yang menggoda.

Pada umumnya ikan platy lebih suka menonjolkan diri di permukaan air untuk menghirup udara segar, serta mencari mangsa. Maka tak heran jika banyak para pemelihara menemukan ikan platy ini bergeletak dibawah aquarium, mungkin karena ada reaksi diluar air sehingga ikan menjadi panik dan kaget. 

4. Ikan Molly

ikan molly balon
Ikan Hias Kecil Tahan Lama dan Tidak Mudah Mati

Ikan hias yang tahan lama lainnya adalah molly yang mempunyai bentuk tubuh pendek bulat. Gaya berenang serta aktifitas ikan molly ini hampir mirip dengan ikan platy, yaitu lebih berdominan berada dipermukaan air. Berdasarkan bentuk dan varian warnanya,
yang membuat ikan ini kelihatan lebih cantik serta menarik ternyata ikan molly terdapat beberapa jenis lagi .

Itulah beberapa jenis ikan hias kecil tahan lama, semoga bermanfaat dan dapat menembahkan kita wawasan serta pengetahuan untuk jenjang pemeliharaan berikutnya untuk para pemula.


Baca juga: 
- Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
- Ikan Guppy, Jenis dan Harganya Pada Pasaran Sekarang Ini