December 3, 2016

Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi Terlengkap Beserta Gambarnya

Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi Infoikan.com Masih membahas seputar ikan mas yang menjadi sorotan banyak orang maupun penghobi ikan hias. Tak sedap rasanya jika tidak mengkonsumsi ikan mas, ikan yang mempunyai harga ekonomis serta mudah sekali kita dapatkan dipasar ikan. Tak hanya itu, ibu-ibu rumah tangga yang dulunya hanya tau untuk konsumsi, sekarang ini malah menemukan manfaat ikan mas.

Hello guys, jangan sampai ketinggalan mengoleksi ikan mas ya..ikan yang mempunyai warna cantik dan indah seperti perhiasan yang mengkilap dan cemerlang, dan sangat cocok juga buat hiasan aquarium ruangan sobat. Kurang tau jenis ikan mas hias dan konsumsi? Jangan khawatir, kesempatan kali ini info ikan akan mengulas berdasarkan segmen dan pembagian secara umum jenis ikan mas hias dan konsumsi. Berikut ulasan beberapa jenis ikan mas hias dan konsumsi:

Jenis Ikan Mas Konsumsi Terlengkap Beserta Gambarnya 

Setiap daerah memiliki jenis ikan mas favorit, misalnya di Jawa Barat, ikan mas yang paling digemari adalah jenis ikan mas majalaya. Di daerah lain, jenis ini belum tentu disukai, begitu juga sebaliknya. 

Baca juga: Jenis Ikan Mas Terlengkap Beserta Gambarnya
Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi


Jenis-jenis ikan mas secara umum dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yakni ikan mas konsumsi dan ikan mas hias. Jenis ikan mas konsumsi adalah jenis-jenis ikan mas yang dikonsumsi atau dimakan oleh masyarakat untuk diambil manfaatnya sekaligus memenuhi kebutuhan gizi yang berasal dari hewan. 


Sementara itu, jenis ikan mas hias umumnya digunakan untuk memenuhi kepuasan batin atau untuk hiasan (pajangan) dan dipelihara di kolam-kolam taman atau akuarium. Baca selanjutnya jenis ikan mas hias dan konsumsi:

1. Jenis Ikan Mas Punten


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Berdasarkan namanya, ikan mas punten ini banyak di budidayakan oleh warga punten, Malang, Jawa Timur. Dengan ciri morfologi bentuk tubuh pendek, punggung tinggu serta memiliki warna hitam kekuningan.

2. Jenis Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Pertama kalai baca nama ikan sinyonya, pernah kepikiran? sperti seorang perempuan saja. Iya, berdasarkan "putri yoga" karena memang jenis ikan mas yang mudah sekali bertelur dan beranak. Pada pasaran saja, ikan ini tercatat dengan jumlah yang banyak, baik untuk hiasan maupun unutuk konsumsi.


Klasifikasi dan morfologi ikan mas ini memiliki bentuk tubuh memanjang (long bodied form) dan punggungnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan mas punten. Berdasarkan penelitian, perbandingan antara panjang dan tinggi badannya sekitar 3,66:1.

  • Sisiknya berwarna kuning muda seperti warna kulit jeruk sitrus. 
  • Mata ikan yang masih muda agak menonjol, kemudian berubah menjadi sipit ketika ikan sudah mulai tua. 
  • Sifat ikan mas sinyonya lebih jinak dibandingkan dengan ikan ras punten. 
  • Ikan mas sinyonya memiliki kebiasaan berkumpul di permukaan air.

3. Ikan Mas Taiwan


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Tandan dan ciri-ciri ikan mas taiwan ini memiliki bentuk badan yang memanjang dan pada bagian punggung seperti busur agak membulat. Mempunyai warna sisik hijau kekuningan, pada tepi sirip berwarna kemerahan. Ikan mas taiwan sangat responsif terhadap makanan sehingga akan saling berebut ketika diberi pakan. Diduga nenek moyang ikan mas ini berasal dari Taiwan, kemudian diintroduksi dan dikembangkan di Indonesia.

4. Ikan Mas Merah


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Seperti namanya, ikam mas merah mempunyai sisik berwarna merah ke-emasan. Pada umumnya lebih berdominan di dasar air untuk mencari makanan. Bentuk badannya relatif memanjang. Dibandingkan dengan ras sinyonya, posisi punggungnya relatif lebih rendah dan tidak lancip. Matanya agak menonjol.

Baca juga: Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Mas Secara Detail dan Terlengkap

5. Ikan Mas Majalaya


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Dinamakan ikan mas majalaya karena pertama kali berkembang di daerah Jawa Barat, Kabupaten Bandung, Majalaya Desanya. Jenis ikan mas hias dan konsumsi ini sangat populer dan banyak dicari, karena mamiliki daging yang lezat dan gurih. Serta memiliki manfaat yang luar biasa jika di konsumsi dengan baik.

Keunggulan lain ikan mas majalaya ini mempunyai pertumbuhan yang lebih cepet, karena mampu bertahan terhadap bakteri Aeromonas Hydrophina. Ikan ini menjadi favorit tersendiri masyarakat Indonesi, terutama daerah Jawa, jensi ikan konsumsi yang ekonomis dan mudah di dapatkan. 


  • Ciri-ciri bentuk tubuhnya semakin lancip ke arah punggung dan bentuk moncongnya pipih. 
  • Sifat ikan mas ini relatif jinak dan biasa berenang di permukaan air. 
  • Sisiknya berwarna hijau keabuan dan bagian tepinya berwarna lebih gelap, kecuali di bagian bawah insang dan di bagian bawah sirip ekor berwarna kekuningan. 
  • Semakin ke arah punggung, warna sisik ikan ini semakin gelap.

5. Ikan Mas Yamato


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Ikan mas ini dengan gambarnya tak sesui, hanya sekedar mengisi saja. Di Indonesia ikan mas ini kurang begitu diminati oleh para petani. Bentuk tubuhnya memanjang. Sisiknya berwarna hijau kecokelatan. Ikan mas ini banyak ditemukan dan dibudidayakan di Asia Timur, seperti Cina dan Jepang.

6. Ikan Mas Lokal


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Dinamakan Ikan mas lokal karena dari dulu perkembangbiakannya dan budidaya banyak dilakukan oleh para petani Indonesia sendiri. Bentuknya yang mirip ikan  mas, kemudian dikelompokkan menjadi satu ras ikan mas. Meskipun demikian, ikan ini justru paling banyak ditemukan di lapangan dan paling banyak dikenal oleh petani ikan dewasa ini.


Sama seperti jenis ikan mas lainnya, yaitu mempunyai bentuk tubuh memanjang dan matanya tidak sipit. Warna yang ada merupakan gabungan antara jenis ikan mas lainnya, dan kemungkinan besar ikan ini muncul akibat perkawinan silang yang tidak terkontrol dengan jenis-jenis ikan mas lain yang ada di masyarakat.

Baca juga: Pemijahan Ikan Mas? Ini Dia Tahap Mengawinkan Ikan Mas Secara Lengkap Beserta Gambarnya


Jenis Ikan Mas Hias yang Populer Dipelihara

Jenis-jenis ikan mas yang digolongkan ke dalam kelompok ikan mas hias sebagai berikut :

1. Jenis Ikan Mas Kumpay


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Jika berenang, ikan mas ini terlihat sangat indah sekali, siripnya panjang dan berumbai. Warna sisiknya bervariasi, antara kuning dan dihiasi bintik hitam pada punggungnya, yang menjadikan kelihatan cantik. Pertumbuhannya tergolong lambat. Kadang-kadang, ikan mas ini juga dimanfaatkan sebagai jenis ikan mas konsumsi.

2. Jenis Ikan Mas Kancra Domas


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Namanya yang agak asing, akan tetapi malah menjadi jenis ikan mas yang banyak di konsumsi. 

  • Bentuk tubuhnya memanjang. 
  • Gerakannya mirip ikan mas taiwan, yakni selalu aktif dan kurang jinak.
  • Sisiknya berukuran kecil dan susunannya tidak beraturan. 
  • Warna sisiknya bervariasi, ada yang biru, cokelat, atau hijau. 
  • Sisik punggungnya berwarna gelap. 
  • Semakin ke arah perut, warnanya semakin terang keperakan atau keemasan.

3. Jenis Ikan Mas Kaca


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi selanjutnya yaitu mas kaca. Dinamakan ikan mas kaca karena memiliki tubuh yang jarang akan sisik. Dan pada bagian yang tak ada sisiknya bisa kelihatan sampai tulangnya, persisi seperti kaca. Di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih mengilap. Sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam.

4. Jenis Ikan Mas Fancy


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Bentuk tubuh ikan mas ini memanjang. Sisiknya mempunyai warna fariasi, antara kuning, dan merah. Pada tubuhnya terdapat totol-totol berwarna hitam. Karena warnanya yang bermacam-macam itulah ikan mas ini disebut fancy.

Baca juga: BUDIDAYA IKAN MAS Secara Lengkap Beserta Gambarnya

5. Jenis Ikan Mas Koi


Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi

Ikan mas yang berciri bentuk badan bulat ini berasal dari Jepang, dan populer dengan sebutan ikan Koi. Sekitar tahun 1980 masyarakat Indonesi mulai mengenalnya. Tanda dan ciri-ciri ikan Mas Koi atau Ikan Koi ini:

Memiliki warna sisik yang bermacam-macam seperti, kuning, merah menyala, hitam, serta fariasi dari semua warna tersebut.

Dari kombinasi warna dan pola bentuk totolnya ini, menjadikan ikan mas koi semakin merajai pasaran, serat banyak sekali yang menjadikan sebagai ajang bisnis dan usaha ikan hias.


Ikan koi memiliki beragam nama yang disesuaikan dengan pola dan warna tubuhnya, misalnya platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi dan taishusanshoku nishikigoi.


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang jenis ikan mas hias dan konsumsi ini, semoga memberi manfaat sekaligus menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan berikutnya.

Baca juga:
- IKAN MAS (Cyprinus Carpio) Krakteristik dan Morfologinya

sumber : wikipedia.org