December 20, 2016

Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp

Penyakit Jamur pada Ikan Infoikan.com Suka memelihara ikan untuk hiasan ruangan? atau budidaya ikan untuk usaha sampingan? Siapa sih yang tak kenal dengan ikan, salah satu pelengkap makan yang mengandung gizi yang tinggi. Maka tak jarang orang yang mengkonsusmsi ikan akan selalu mencari informasi tentang ikan tersebut. 

Salah satunya ketika sedang membuka peternakan budidaya ikan, baik ikan hias, maupun ikan konsumsi. Baik cara merawat, ataupun pengobatan oleh serangan hama luar. Terutama masalah penyakit jamur pada ikan yang harus diwaspadai oleh petani dan yang lain.

Nah..bagi sobat pemula yang ingin mencari informasi mengenai cara merawat ikan supaya dalam pemeliharaan berhasil dan mendapatkan keuntungan yang besar sekaligus hasil memuaskan, berikut penjelasan dan cara menanggulangi penyakit jamur pada ikan:

Gambar Penyakit Jamur pada Ikan Nila


Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia sp 

Klasifikasi Jamur Saprolegnia sp 
Dunia           :   Prototista
Phyla           :   Heterkonta
Kelas           :   Oomycotea
Bangsa        :  Saprolegniales
Suku           :   Saprolegniaceae
Marga          :   Saprolegnia
Jenis           :   Saprolegnia spp  


Gambar Penyakit Jamur Pada Ikan Lele


Infeksi Jamur
Pada umumnya jenis ikan yang rawan terkena infeksi jamur ini yaitu ikan yang umurnya sudah tua. Biasanya penyerangan pada bagian luarnya saja yang memang awalnya sudah terdapat luka pada tubuh ikan.

Saprolegnia sp 
Inilah jenis jamur yang sudah terkenal dimata petani dan pemelihara dengan nama lain "water molds" tak hanya ikan saja yang diserang, melainkan juga pada telur. Kualitas air yang buruk dapat memicu timbulnya jamur ini, rendahnya sirkulasi air, rendahnya kadar oksigen, dan tingginya kadar bahan organik.

Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Jamur Saprolegnia sp 
Pada bagian sirip tubuh ikan akan bermunculan putih seperti kapas, bisa juga bervariasi warna kelabu, coklat pada kulit ikan, telur, sirip, insang, dan anggota lainnya. Oleh penelitian mengatakan "jamur ini memiliki cabang seperti pohon yang berkembang", apabila dibiarkan akan mengakibatkan kematian pada ikan.
  • Jika sobat mendapati ikan mengambang diatas air, segera ambil dan lihat.
  • Memiliki gerakan yang lambat.
  • Terdapat benang putih pada bagian tubuhnya.

Penyebab Munculnya Penyakit Jamur Saprolegnia sp
Banyak sekali penyebab jamur datang, namun yang biasa dialami diantaranya seperti: 
  1. Buruknya kondisi lingkungan.
  2. Infeksi oleh bakteri dan virus, serta parasit lainnya.
Penyebab munculnya penyakit jamur saprolegnia SP
  • Terlalu banyak jumlah ikan dalam kolam atau aquarium.
  • Rendahnya kadar oksigen.
  • Kandungan gizi yang kurang memadai.
  • Tingginya bahan organik
  • Kondisi air yang kurang berkualitas.
  • Jangan terlalu kebanyakan menampung jumlah ikan dalam satu kolam atau akuarium, hal ini untuk menghindari perkelahian yang menimbulkan adanya luka.
  • Memeberikan jenis pakan yang bernutrisi tinggi.
  • Apabila melihat ikan terdapat tanda muncul jamur, segera lakukan tindakan yaitu evaluasi kualitas air kolam dan aquarium.
  • Jika serangan mendadak parah, segera lakukan pengobatan yaitu dengan PK, Formalin, dan povidone iodine.

Cara Pencegahan Penyakit Jamur Ikan Saprolegnia sp 

Usaha pencegahan merupakan cara yang harus untuk mengontrol penyakit jamur. Taburi air kolam dengan garam grosok secukupnya, salah satu hal yang paling penting yaitu selalu menjaga kualitas dan kebersihan air kolam.

Gambar Penyakit Jamur Pada Ikan Hias dan Gurame


Cara Mengobati Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia sp
Seperti yang pengobatan penyakit lainnya, ada beberapa cara yang dapat sobat lakukan, diantaranya sebagai berikut:

Menggunakan Kalium Permanganat (PK)
Melalui proses oksidasi, PK ini mampu membunuh jenis penyakit seperti parasit, bakteri dan virus pada ikan. 

Cara mengobatinya cukup mudah, lihat jumlah ikan yang terserang jamur. Jika sedikit, cukup masukkan saja ikan tersebut pada ember yang sudah bercampur larutan PK selama sekitar 15 - 20 menit. Jika jumlahnya sangat banyak, taburkan saja larutan PK nya pada kolam.

Cara Lain untuk Mengatasi penyakit Jamur dengan Garam Dapur
Sama halnya kita hidup membutuhkan air yang cukup, apalagi setiap hari mengeluarkan keringat, asupan garam dan manisan harus kita jaga.

Dengan garam dapur sobat bisa taburkan pada ikan yang terkena penyakit dan juga yang masih sehat, hal ini karena dalam mempertahankan fungsi seluler yang tepat, ikan secara terus menerus harus mengganti kandungan garam yang hilang dan mengeluarkan kembali air tawar yang berlebih pada tubuhnya.

Tergantung jumlahnya, jika sedikit cukup masukkan saja pada ember atau wadah yang lebih luas, kemudian taburkan 4 cendok garam ditambah dengan sedikit cuka, ikan yang terserang penyakit tersebut bisa sobat rendem selama 20 menitan. Serta usahakan untuk membedakan dari yang lain, dan campur dulu sebelum benar-benar sembuh.

Jika dirasa banyak yang terserang penyakit jamur ini, cara yang tepat sobat dapat mengganti airnya saja. Dan bersihkan dengan menebar pupuk pada kolam.

Sekian dulu sobat sedikit ulasan tentang penyakit jamur pada ikan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan budidaya berikutnya.

Baca juga:
-Macam-Macam Penyakit Pada Ikan
-Nama-Nama Ikan Air Tawar Terlengkap dari A - Z
-Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya