December 20, 2016

Macam-Macam Penyakit Pada Ikan - Info seputar Ikan

Macam-Macam Penyakit pada Ikan Infoikan.com Suka budidaya ikan untuk usaha sampingan? Sudah taukah Anda semua jenis penyakit yang dapat menyerang ikan? Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit, keadaan dimana yang dapat menghambat aktifitas ikan terutama dengan pertumbuhan dan kesehatannya.

Seorang pemelihara dan perawat ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi harus tau akan semua penyakit yang dapat menyerang kesehatan ikan. Gagalnya seorang budidaya salah satunya karena kurang mengetahui macam-macam penyakit pada ikan ini. Untuk itu, info ikan akan membahas jenis penyakit yang dapat menyerang ikan sobat. Berikut beberapa
macam-macam penyakit pada ikan:

Gambar Macam-Macam Penyakit Pada Ikan

 

Macam-Macam Penyakit Pada Ikan

1. Penyakit yang Berasal dari Jamur
Tak hanya manusia saja yang dapat terserang penyakit, kesehatan ikan juga dapat diraba olehnya. Tanda penyakit jamur pada ikan biasanya terdapat kapas atau bercak-bercak putih diseluruh tubuhnya. Yaitu jenis jamur
Aphanomyces dan jamur aprolegmia (menyerang bagian luar tubuh).

Gambar Penyakit Jamur Pada Ikan


Cara mengatasi penyakit jamur salah satunya menjaga kualitas air kolam saja, dan usahakan untuk memindahkan ikan yang tubuhnya terdapat luka akibat bertarung.  

Cara lain mengatasi penyakit jamur pada tubuh ikan dengan menyediakan larutan malacheet green dosis 60 g/M3. Celupkan aja si ikan selama 10 - 15  menitan. Atau bisa juga menggunakan Formalin dengan dosis 1,5 – 2 cc/liter air selama 15 menit , celupkan saja selama kira-kira 10 - 15 menitan.
 2. Macam-Macam Penyakit Ikan yang Diakibatkan oleh Bakteri
Bakterial nama penyakit yang berasal dari bakteri. Ciri-ciri ikan yang terkena penyakit bakteri pada umumnya terdapat luka berwarna merah pada tubuh ikan. Yakni hanya pada bagian luar saja, seperti sirip mengalami pembusukan, rusaknya insang, dan terlihat pucat, bisulan yang berisi cairan, pembengkakan pada perut dan lainnya.

Bakteri pada ikan ini dinamai Aeromonas Hydrophyla yang umum menyerang ikan air tawar, baik dalam budidaya maupun pemelihara rumahan serta menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika dibiarkan, penyakit bakteri ini akan merubah ikan akan semakin mengenaskan.

Gambar Penyakit Bakteri pada Ikan


Cara pencegahan penyakit bakteri pada ikan sama seperti pengobatan penyakit jamur, yaitu sobat dapat menyediakan Malacheet Green (MG) berupa serbuk hijau dengan membeli di toko ikan hias maupun toko-toko obat.

Cara pertama cukup pindahkan si ikan yang terserang penyakit bakteri tadi, kemudian celupkan dalam air yang sudah dicampur dengan obat dengan dosis 1 - 15 mg/L penyakit tadi selama kurang lebih 15 - 20 menitan. Lakukan secara teratur sampai sembuh, kira-kira 3 - 4 hari. 

3. Penyakit yang Berasal dari Kutu Ikan (Argulus)
Semua jenis penyakit yang namanya kutu pasti suka menghisap darah, sama persisi pada ikan ini. Untuk pada ikan, pada umumnya suka menghisap darah pada bagian ekor ikan, dan cara ini berpindah dari ikan satu ke ikan yang lainnya. Ciri-cirinya ikan akan berubah menjadi kurus, serta dapat menyebabkan kematian. 

Gambar Penyakit kutu Ikan argulus pada Ikan


Cara mengatasi penyakit kutu ikan ini cukup mudah, ganti saja air kolam secara berkala. Disamping itu, ambil jenis ikan yang terlihat luka dalam tubuhnya, kemudian obati dengan cara diatas dengan obat khusus yaitu larutan garam (NaCL) 25 g/liter selama 6 menit. Obat kimia lainnya seperti Insektisida Malathin dan Dipterex dengan dosis 0,25 mg/liter.

Cara lain mengatasi kutu air ini dengan melakukan pengapuran pada kolam, kuras dan pupuk kembali, serta memusnahkan telur-telur Argulus tadi.

4. Macam-Macam Penyakit pada Ikan yang Berasal dari Protozoa

Protozoa merupakan jenis penyakit bintik putih (white spot), dan inilah yang paling banyak dialami oleh ikan budidaya maupun peliharaan seperti ikan hias. Pada umumnya menyerang bagian sirip dan insang ikan dan terjadi pendarahan. Parasit Protozoa yang umum dengan sebutan "Ich" dari jenis Ichthyopthirius multifilis.

Pemberian pakan ikan yang baik dan berkualitas bagus merupakan hal utama dalam merawat budidaya merawat ikan dari serangan penyakit. Serta mengganti air secara berkala agar tetap dalam keadaan segar dan bersih.  

Gambar penyakit Protozoa pada Ikan


Cara mengatasi penyakit Protozoa atau Ich ini sama seperti penyakit lain, yaitu: 
  • Sediakan garam dapur (NaCI) dengan dosis 10 - 15 g/liter, kemudian rendam ikan yang terserang penyakit tadi selama 15 menitan.
  • Dengan larutan Malacheet Green (MG) dan berdosis 0,006 mg/liter, rendam ikan yang terserang penyakit tadi selama 10 menitan, dan lakukan selama 3 hari sampai penyakit ikan ini hilang.
  • Penggantian air 30 - 50% setiap terlihat kotor, atau melakukan perputaran arus air. Sehingga air kolam ikan dalam keadaan segar dan bersih dari penyakit.

5. Penyakit yag Disebabkan oleh Learnea Sp
Macam-macam penyakit pada ikan Learnea merupakan penyakit parasit yang nempel dan banyak menyerang tubuh ikan bagian luar. Penyakit jamur dan bakteri dapat masuk pada ikan disebabkan oleh parasit ini.

Penyebab munculnya penyakit parasit ini pada umumnya oleh bahan organik, baik berupa sampah, sisa pupuk dan makanan ikan, aerator yang kurang berjalan stabil, terlalu padat penebaran benih, dan lainnya seperti suhu air tinggi.

Tanda atau ciri-ciri ikan terserang penyakit parasit ini dapat sobat lihat pada bagian badan, sirip, dan matanya. Jika terlihat sebuah parasit dan luka, berarti ikan sobat perlu untuk diatasi. 

Gambar penyakit Learnea Sp pada Ikan


Cara mengatasi penyakit parasit ini cukup mudah, yaitu sediakan air yang benar-benar bersih dengan cara menyaring air sebelum masuk kolam. Untuk ikannya bisa di rendam selama 1 - 3 jam dengan larutan PK (Kalium Permanganat = KmnO2) dosis 20 – 25 mg/liter.

Cara lain mengatasi penyakit parasit dengan menggunakan larutan formalin 10% yang berdosis 250 ml/m3 air, selama 10 -15 menit. Ulangi secara rutin 2 - 3 hari. Bisa juga dengan memakai bahan Dipterex Bromex dosis 0,25 mg/liter.

Gambar Penyakit Ikan Lele dan Nila


Demikian sobat sedikit ulasan tentang semua macam-macam penyakit pada ikan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan budidaya dan pemeliharaan ikan hias maupun ikan konsumsi lainnya.

Baca juga:
-Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya
-Ikan Tawar Untuk Obat Kanker
-Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar