January 17, 2017

Budidaya Ikan Hias Black Tetra untuk Usaha Bisnis

Budidaya Ikan Hias Black Tetra Infoikan.com Budidaya ikan black tetra tidaklah sesulit beternak ikan hias lainnya yang membutuhkan banyak keahlian khusus. Black tetra merupakan jenis ikan air tawar yang mudah dipelihara. Hal ini sudah banyak tersedia di toko terdekat sobat.

Untuk sobat pemula yang mau mencoba budidaya ikan black tetra bisa mencoba beberapa langkah sebelum memulai untuk usaha dan bisnis ikan hias berikut ini:

sifat ikan black tetra
www.warrenphotographic.co.uk


Klasifikasi Morfologi dan Sitematika Black Tetra
Ordo                : Ostariophysoidei
Sub-Ordo        : Characioidei
Famili               : Characidae
Genus             : Gymnocorymbus
Spesies           : Gymnocorymbus ternetzi (boulenger)
Asal                  : Paraguay dan Guapore
Nama Inggris   : Black Tetra, Blackamoor, Petti-outfish


ikan tetra albino
fishwallpapers.com


Ciri-Ciri Ikan Hias Black Tetra
Badannya agak panjang dengan potongan pipih ke samping (compressed). Punggung berwarna hijau zaitun, sedangkan perutnya berwarna putih keperakan. Pada sisi badannya terdapat 3 garis/band 3 buah berwarna hitam. 

Pada seluruh atas badannya berwarna hitam, sedangkan separuhnya lagi berwarna putih. Sirip punggung, anal, adipose berwarna hitam, sedangkan sirip dada, perut, ekor, berwarna putih, jernih.

ikan black tetra slayer
TheAnimalshack.co.nz


Sifat-Sifat Budidaya Ikan Hias Black Tetra

Balck tetra termasuk Ikan yang aktif berenang dalah akuarium. Ikan ini agak agresif dan suka mengganggu ikan lain yang berukuran lebih kecil darinya. Maka dari itu ikan black tetra ini sebaiknya di tempatakan dalam wadah akuarium yang relatif besar, bersama ikan lain yang berukuran sama besar.

Di lingkungan aslinya ikan ini biasa hidup di perairan yang tergenang. Dengan demikian untuk perkembangbiaknya tidak membutuhkan aliran air.

Black tetra tumbuh paling besar mencapai 7,5 cm, dengan kematangan kelamin dimulai sejak berukuran 3,75 cm. Ikan ini tahan hidup pada kisaran suhu (21 - 32 derajat C), dan pada suhu rendah biasanya ikan ini mudah terserang penyakit white spot.

Termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah berkembangbiak dan produktif. Namun black tetra tidak memiliki sifat induk yang baik. Buktinya sekali terlambat memindahkan indukan yang telah selesai memijah, pasti ada beberapa telur yang jadi korban, dimangsa sendiri.

perbedaan ikan black tetra jantan dan betina
AquariumWarehouse.com.au


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Hias Black Tetra

harga ikan hias black phantom
AquariumTidings.com

Dalam melakukan budidaya ikan hias black tetra biasa dipijahkan dalam akuarium kaca. Ukuran yang paling ideal adalah 30 x 25 x 25 cm, atau 40 x 20x 20 cm. Berbeda untuk ukuran ikan hias neon tetra, akuarium black tetra tidak perlu di cat, boleh polos begitu saja.

Ikan black tetra akan menempelkan telurnya pada jenis tanaman air. Maka beri pelengkap akuarium tanaman air misalnya myriophyllum atau cabomba. Bisa juga tanaman yang sudah umum, Hydrilla. Tanaman harus bersih dan bebas dari lumpur, serta telur siput. 
Baca juga: Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh 

Gunakan air yang bersih, agak kusam, lunak, dan suhu berkisar 24 - 25 derajat C. Boleh menggunakan air sumur, tetapi diamkan dulu selama 24 jam.

black tetra lifespan
FishTanksandPonds.co.uk


Memilih Induk Budidaya Ikan Hias Black Tetra

ikan tetra hitam
pinterest.com

Budidaya ikan hias black tetra tidak mempunyai ciri khusus untuk membedakan  jenis kelamin jantan dan betinanya. Biasanya orang akan membedakan kelamin jantan hanya dengan melihat perbedaan bentuk tubuhnya.

Ikan tetra jantan mempunyai tubuh yang lebih langsing dibanding pasangannya. Sedangkan, betina sebaliknya, Montok dengan bentuk badan yang kelihatan lebih pendek.

Memilih indukan ikan hias black tetra yang baik minimla berukuran 3,75 cm. Jika memilih induk dari sekumpulan black tetra, sebaiknya masing-masing dipisahkan dulu (menurut jenis kelamin) sebelum dimasukkan ke tempat pemijahan sebelumnya.

ikan tetra cardinal
JurnalAquascape.com


Pemijahan Budidaya Ikan Hias Black Tetra

sifat ikan black tetra
AquaticMag.com

Setelah beberapa hari dipisahkan, barulah indukan dipertemukan dalam satu wadah akuarium pemijahan. Sebelumnya akuarium harus di sikat dan diberi air. Tinggi air dalam akuarium pemijahan 20 cm atau kurang sedikit.

jangan lupa untuk memberi jenis tanaman air yang diberi pemberat. Cukup dari pecahan genteng yang diikan dengan karet gelang. Diutamakan sebagian besar potongan genteng dapat menutupi sebagian besar dasar akuarium. hal ini untuk melindungi telur dari induknya.

Jumlah induk betina yang dikawinkan dalam bak seluas yang telah disediakan sebanayk 5 ekor. Jumlah jantan boleh 5 ekor juga. Namun bisa juga kita sediakan 2 ekor jantan untuk setiap ekor betina. Jadi total indukan jantan bisa mencapai 15 ekor.

Pemijahan akan berlangsung selama 48 jam. Ikan jantan akan menghampiri induk betina, dan memijah pada rimbunnya dedaunan tanaman air. Ikan betina akan mengeluarkan telurnya, yang dengan segera akan dibuahi indukan jantan.

Setelah kelihatan telur, maka pada saat itu juga telur bisa dipindahkan dari indukannya. Dengan cara pisahkan saja sang indukan dari akuarium pemijah. Untuk menjamin keberhasilan pentasan, masukkan saja aerator ke dalam akuarium berkekuatan sedang. Yaitu berfungsi memasukkan oksigen melalui gelembung-gelembung.

Selama 3 hari benih belum perlu diberi makan. Memasuki hari ke-4 barulah bisa beri makan rotifera. Memasuki hari ke-7 benih boleh kita pindahkan ke bak semen yang lebih luas. Boleh juga memakai akuarium, tapi harus berukuran tidak kurang dari 100 x 50 x 50 cm. Jika memakai bak, gunakan bak yang berukuran 2 x 1 m dengan ketinggian 40 cm.

ikan tetra albino
AquaticMag.com


Pembesaran Budidaya Ikan Hias Black Tetra

ikan black tetra slayer
fishkeepingadvice.com

Dalam melakukan budidaya ikan hias black tetra boleh dengan wadah apapun, disini menggunakan bak semen yang diberi air tidak lebih dari 30 cm. Di atasnya diberi tanaman eceng gondok yang sudah dibersihkan. Pada dasar boleh diberi tanaman lain seperti myriophyllum, Hydrilla atau Cabomba, yang juga harus bersih.

pemindahan dilakukan pada saat benih berumur tujuh hari, dengan menyertakan sebagian air lama. Diusahakan bisa dilakukan pada pagi hari pada saat suhu rendah.

Makanan pertama yang diberikan rotifera. Setelah beberapa hari boleh diganti kutu air yang disaring. Menyusul kemudian kutu air kasar dan cacing.

Penggantian air dilakukan seminggu sekali dengan mengganti 1/2 atau 2/3 nya. Air yang dipakai /untuk mengganti sebaiknya telah diendapkan sehari semalam.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan hias black tetra ini, semoa beramanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Ikan Betta (Fighting Fish) dan Cara Budidayanya
-Ikan Hias Betok/Bethik (Climbing Perch Fish) dan Cara Budidayanya
-Cara Beternak dan Budidaya Ikan Nila Merah yang Menguntungkan untuk Usaha