January 8, 2017

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang Menguntungkan

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal InfoIkan.com Sudah pernah ternak ikan lele untuk usaha dan bisnis lele? atau ingin budidaya ikan lele namun kurang tahu cara merawat dan ternak ikan lele yang baik? Siapa sih yang tidak kenal dengan lele, salah satu jenis ikan air tawar yang bermanfaat sebagai bisnis untuk pemula hasil besar melimpah serta memiliki kandungan gizi tak terhitung.

Ikan lele merupakan jenis ikan yang dapat bertahan dengan kepadatan tebar tinggi, akan tetapi rakus terhadap pakan. Maka tak heran jika para pemancing mania berlomba-lomba membuat dan meracik resep umpan mancing ikan lele yang jitu dan mujarob. Hal ini berpengaruh kepada para petani lebih semangat membudidayakan ikan lele khususnya di kolam terpal.

Pada umumnya para petani lebih suka melakukan sistem budidaya secara intensif, hal ini akan memberi manfaat awal proses persiapan sampai akhir panen budidaya lele yang mejamin, serta modal lebih terjangkau. Berikut tips dan cara budidaya ikan lele di kolam terpal sebagai ajang peluang bisnis yang menguntungkan:   

cara budidaya ikan lele di kolam tembok
utrinsafitri1.wordpress.com


Artikel Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Baik kalangan bawah maupun kelas atas, pada umumnya telah merasakan manfaat membudidayakan ikan lele ini. Berikut beberapa alasan untuk pemula bisa memulai menambak dan miara ikan lele:
  1. Meskipun penyediaan benih tinggi dan banyak, namun ikan lele ini bisa sobat tebar pada air yang kurang normal.
  2. Jalan pemasaran lebih mudah,
  3. Sistem pengendalian yang mudah, khususnya semua kalangan masyarakat
  4. Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi
Kelebihan dan Keuntungan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal 
Dengan halaman sederhana di lingkungan rumah, sobat sudah berani membuatnya layaknya rumah minimalis. Baik lahan bekas (yang lebih produktif) maupun yang belum dipakai sama sekali. Artikel lele kali ini membudidayakan di kolam terpal karena dapat terhindar dari musuh, sperti hewan piaraan, hewan pemangsa, ular, kucing, serta keadaan ikan lele akan lebih cerah.

Jika ingin mendapatkan jenis lele berbobot dan berkualitas, maka alangkah baiknya buatlah sistem volume yang lengkap. Kelebihan lain memudahkan pemanenan, ikan tampak bersih berseragam, serta kolam bisa utuh dan tidak berubah, karena memang galian. Harus benar-benar dipikirkan, karena menjadi peluang usaha skala kecil untuk pemula yang menguntungkan.

cara budidaya ikan lele di kolam tanah
www.qolbunhadi.com


Berikut beberapa cara membudidayakan lele dan keuntungannya:
  1. Ikan besar dan ular pemangsa dapat terhindarkan
  2. Dengan adanya pelengkap pengatur volume air, sobat dapat leluasa sekaligus mempermudah dalam membersihkan kolam, serta memfasilitasi mengatur tinggi rendahnya air berdasarkan besar kecil usia lele.
  3. Merupakan usaha ikan lele untuk pemula yang baik
  4. Memberikan hasil yang berkualitas bagus, karena dapat sekali panen dan berseragam
  5. Ramah lingkungan dan modal usaha ikan lele dalam penggalian dengan kolam tembok atau semen dapat terhindarkan.
Tahap Pertama Merawat Budidaya Ikan Lele - Pengisian Air dan Bibit
1. Kontruksi atau Membangun Kolam 
Langkah awal untuk usaha bisnis budidaya ikan lele tak lain yaitu menyiapkan tempat menampung ikan, baik kolam tembok, kolam terpal, maupun kolam tanah. Untuk menghilangkan bau pada terpal berupa lem bahan kimia, sobat bisa membersihkan dengan sabun dan air dengan bersih karena nantinya dapat mengurangi pertumbuhan benih ikan, serta mengakibatkan kematian pada lele.

Lalu keringkan, kemudian kolam dapat sobat isi sekitar 20 cm air. Lalu biarkan selama 1 mingguan, hal ini supaya jenis lumut dan plankton dapat tumbuh.
 
Setelah dirasa cukup, sobat bisa mengisi air untuk lele besar hingga ketinggian 80 cm. Untuk mendapatkan warna air yang hijau, campurkan juga daun pepaya dan singkong secukupnya. Manfaatnya mencegah timbulnya bau penguapan air, dan 25% air dapat sobat ganti dengan yang bersih.

tips dan Cara ternak lele pemula
lpbpakiga.com


2. Memilih Benih Unggul
Ciri-ciri benih ikan lele yang unggul diantaranya sebagai berikut:
  1. Memiliki peran aktif berenang
  2. Cerah, Agresif, dan Desit
  3. Memiliki ukuran normal dari kepala hingga ujung ekor
  4. Memiliki warna terang
3. Proses Penebaran Benih Lele
Dengan ukuran kolam terpal 2m x 1m x 1m siapkan benih lele sangkuriang atau lele dumbo yang berukuran kira-kira 1,5 - 2 inci". Jika pembuatan kolam lebih besar, tinggal mengalikan saja dengan ukuran kolam terpal di atas

Alangkah baiknya benih diisi dengan air kolam dulu, biar memudahkan ikan mengenal air barunya dan menyesuaikan tempat budidayanya.

cara pembibitan budidaya ikan lele
tokomesin.com


Berikut langkah-langkah sebelum penebaran benih dilakukan yang baik untuk ikan lele:
  1. Siapkan wadah berupa bak dan sejenisnya untuk wadah benih
  2. Ambil air kolam secukupnya dan masukkan ke dalam bak 
  3. Lepaskan benih ke dalam bak secara pelan-pelan
  4. Biarkan selama 30 menitan agar menyesuaikan tempat budidaya yang baru
  5. serta menghindari stress pada ikan
  6. Kemudian bisa ambil dan masukkan ke dalam kolam tanah, atau kolam terpal, dan kolam tembok dengan sedikit-sedikit.
Sebelum penebaran benih, pilihlah keadaan PH air rendah yaitu pagi atau sore hari yang keadaan airnya stabil. Sobat dapat menyortir kembali setelah umur 20 hari, menggunakan wadah yang lebih besar

Ambil jenis ikan lele yang berukuran kecil, dan pisahkan lagi pada tempat yang berbeda, pada umumnya yang kecil akan kalah berebut makanan, serta untuk memudahkan proses laju pertumbuhan ikan lele yang baik. 

Harus ada 2 kolam dong? Pastinya sobat, supaya sama-sama dapat dipanen secara bersama dan berseragam. Tak haru sama kok ukuran kolam terpalnya, Anda dapat membuat lebih kecil dari kolam pertama.  

Cara ternak lele sangkuriang
portalinvestasi.com


4. Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal - Mengatur Kualitas Air

Dengan adanya proses penguapan, pastinya air kolam akan semakin berkurang. Untuk mengatasi hal ini, sobat dapat mengganti 25% air kolam setiap 2 - 3 minggu sekali. Dapat juga bulan pertama diganti 20 cm dari ketinggian, bulan ke-dua 40 cm, dan 80 cm untuk bulan ke-tiga.

Jika sobat ingin mendapatkan pemanenan dengan kualitas lele yang bagus, usahakan untuk menyediakan air yang berwarna hijau. Karena ikan lele kurang cocok dengan kejernihan air. Pada umumnya ketika siap panen, air akan ditandai dengan munculnya warna merah pada air.  

5. Kedalaman Air Kolam yang Baik
Dalam melakukan budidaya ikan lele di kolam terpal yang baik, kedalaman air dan kolam usahakan tengah-tengah. Jangan terlalu dangkal karena ikan akan kepanasan jika penguapan terjadi. Kebanyakan ini menjadi salah satu ikan menjadi lelah dan mati. 

Maka di atas sudah ditulis artikel penggantian air secara berkala, yaitu Dapat juga bulan pertama diganti 20 cm dari ketinggian, bulan ke-dua 40 cm, dan 80 cm untuk bulan ke-tiga. Kelebihan ini dapat mengurangi timbulnya racun.

6. Tingkat Kejernihan Air
cara ternak lele yang baik dan benar
tokomesin.com

Ikan lele lebih aktif pada air yang berwarna, dan kurang cocok dengan kejernihan air. Jika sobat memberikan pakan pada malam hari, jangan khawatir akan penglihatannya, dengan ke-2 sungut atau kumisnya, ternyata berfungsi untuk mencari makanan.

Kelebihan budidaya ikan lele ini tidak terlalu memikirkan masalah oksigennya. Karena mampu bertahan hidup pada jenis air berlumpur yang disebut menggunakan pernafasan labirin. 

Berhati-hatilah ketika memasukkan air ke dalam kolam, jangan sampai mengikut sertakan bakteri dan parasit yang dapat menimbulkan penyakit pada ikan lele. Campurkan juga tanaman eceng gondok maupun kangkung liar untuk menciptakan warna pada air. 

7. Makanan yang Baik untuk Budidaya Ikan Lele
Pemberian pakan budidaya ikan lele di kolam terpal yang baik dapat sobat kasih 3 kali sehari, yaitu pagi pukul 07:00, sore pukul 17:00, dan malam pukul 22:00. Biar pertumbuhan lebih cepat dan berkembang baik, tambahkan makan pada siang hari.  

Jenis pakan dalam budidaya lele biasanya menggunakan sentrat 781 - 1, hal ini karena mengandung tambahan nutrisi yang baik untuk ikan lele, yaitu berupa protein sekitar 30%, karbohidrat 20 - 25%, lemak 15 - 17%, serta vitamin dan mineral.

Berilah pakan sesuai dengan kebutuhan ikan, serta menyesuaikan padat dan jumlah ikan, karena jika berlebihan akan mengakibatkan keruhnya air, dan dapat menimbulkan bakteri dan penyakit lain. Yang lebih berbahaya akan membentuk amonia racun dalam kolam.

Pakan alternatif budidaya ikan lele bisa berupa semut rang-rang, ampas tahu, dedak, udang kecil, ikan kecil, dan kroto, selain lebih efektif dan efisien, akan menghemat pengeluaran biaya tambahan.

Makanan Terbaik dan Berkualitas Budidaya Ikan Lele
accujungbatee.wordpress.com
 

8. Cara Merawat Budidaya Ikan Lele 

Macam-Macam Penyakit Budidaya Ikan Lele dan Cara Mengatasinya
Dalam budidaya ikan lele di kolam terpal pastinya akan menemui sebuah hambatan. Pada umumnya hama budidaya berupa binatang sekitar, seperti kucing, berang-berang, burung ikan, ular dan lainnya. Pencegahannya berilah waring memutar pada kolam secara rapat.

Jika penyakitnya seperti virus dan bakteri, sobat bisa menemukannya obatnya pada toko ikan maupun toko obat khusus ikan lele, tergantung dari penyakitnya yang menjangkit ikan lele juga. 

9. Panen
Budidaya ikan lele yang dinanti-nantikan yaitu masa panen. Selama 3 bulan atau 90 hari, Anda dapat memanen lele kolam terpal ini. Terdapat 3 jenis atau macam lele yang bisa disortir:
  1. Untuk ukuran 5 - 7 per kg akan dijual
  2. Ukuran yang lebih kecil bisa dipelihara dan dirawat kembali.
  3. Ukuran pertengahan tawarkan saja pada pasar, biasanya untuk kalayak umum. 
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan lele di kolam terpal ini, semoga memberikan hasil dan kesuksesan untuk petani lele khususnya Indonesia ini pada jenjang perawatan ikan lele berikutnya. 

Baca juga:
-Umpan Mancing Ikan Lele Galatama Harian Terbaru Sekarang Ini
-Budidaya Ikan Lele Organik Hemat Pakan Hasil Melimpah
-Cara Budidaya Ikan Mas Terlengkap dan Cepat Panen
-Cara Budidaya Bandeng Organik Agar Cepat Besar