January 10, 2017

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah

Cara Budidaya Ikan Gabus Infoikan.com Ingin beternak ikan gabus namun kurang tahu caranya? atau budidaya ikan gabus sebagai ajang bisnis ikan? Siapa sih yang tidak kenal dengan gabus, salah satu jenis ikan air tawar yang bermanfaat sebagai penyenmuh luka oleh ibu hamil. 

Tak hanya itu, para penmancing mania suka memanfaat dan berlomba-lomba membuat umpan mancing untuk ikan gabus ini, disamping mudahnya didapat, ternyata memiliki harga jual yang lumayan tinggi, serta banyak yang membutuhkan lagi.

Bagi sobat pemula yang ingin mencari cara budidaya ikan gabus ini, sangat tepat, karena artikel atau makalah kali ini akan mengulas secara tuntas cara ternak ikan gabus dan makanan yang baik untuk pertumbuhannya agar cepat besar. Berikut beberapa cara budidaya ikan gabus agar cepat besar hasil melimpah:

pakan ikan gabus agar cepat besar
ahliperawatan.blogspot.com


Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Sekarang ini sistem budidaya sangat mudah, sobat tinggal pesan bibit ikan, selanjutnya tinggal melakukan pemijahan ikan gabus saja. Karena gabus merupakan asli ikan Indonesia yang banyak banyak ditemukan di sungai, sawah, waduk, dan rawa-rawa, sehingga produksi gabus sudah tersedia.

Pemijahan ikan gabus pada umumnya dilakukan pada bulan Oktober - Vovember, yaitu daerah Kalimantan dan Jawa Timur. Hal ini karena suka menggali manfaat ikan gabus yaitu berupa asam amino yang lengkap, yang terdiri dari esensial maupun non-esensial.

pakan ikan gabus yang baik untuk pertumbuhan
bibit.net


Memilih Indukan Jantan dan Betina Budidaya Ikan Gabus
Usahakan untuk memilih ikan gabus yang memiliki berat kurang lebih 1 kg untuk di budidayakan.
 

Ciri-ciri indukan jantan: Bentuk kepala oval, warna tubuh gelap, lubang genital merah, dan jika diurut perutnya akan mengeluarkan warna putih.

Ciri-ciri induk betina ikan gabus: Bentuk kepala membulat, warna tubuh terang, bentuk perut lebih besar dan lembek, jika di urut perutnya akan mengeluarkan telur. 

bibit ikan gabus yang berkualitas
leeseonyeon.blogspot.com


Cara Pemijahan Ikan Gabus
Wadah pemijahan bisa berupa kolam tembok, kolam terpal, kolam tanah, dan sejenis wadah besar lainnya. Untuk ukuran kolam tembok atau beton, pada umumnya 7 x 4 x 2 m P x L x T, lalu keringkan selama 2 - 4 hari, lebih idealnya 3 hari. 

Lalu isi kolam dengan ketinggian 50 cm dulu dan biarkan selama 3 hari agar tumbuh lumut untuk bahan makanan alternatif yang baik budidaya ikan gabus. Pada saat pemijahan, tambahkan jenis tanaman air berupa eceng gondok sebagai eksitasi pemijahan dan pakannya.

Kemudian masukkan indukan jantan sesuai jumlah yang sobat sediakan, kalau disini 30 dan indukan betina juga 30 ke dalam kolam budidaya, lalu biarkan pemijahan berlangsung. Ketika kelihatan telur muncul, segera ambil dengan alat yang lembut (sekupnet halus). Telur siap untuk menetas. jangan lupa untuk selalu mengontrol kolam budidaya setiap hari, karena induk betina dapat menghasilkan telur 10.000 - 11.000 butir.

umpan ikan gabus
satujam.com


Proses Penetasan Telur Ikan Gabus
Pada umumnya cara budidaya ikan gabus untuk penetasan telur di taruh pada akuarium, hal memudahkan dalam pengontrolan. Biarkan telur tersebut menetas sendiri, biasanya memakan waktu hanya 24 jam saja. Jangan dulu memberikan makan pada larva ini, karena masih menyimpan cadangan makanan berupa sisa kuning telurnya.

Cara Merawat Larva Budidaya Ikan Gabus
Dari usia 2 hari sampai 15 hari, Anda dapat memberikan pakan berupa artemia 1 hari 3 kali sesuai kebutuhan. Gantilah air akuarium 50% saja dari isi, agar kotoran sisa makanan dapat hilang sekaligus menjaga kualitas air agar selalu bersih dan terhindar dari penyakit. 

Ukuran air yang pas untuk merawat budidaya ikan gabus biasanya 1 liter air diisi dengan 5 larva. Jangan terlalu banyak agar ikan lele cepat besar dan sehat segara.

ternak ikan gabus dalam drum
kebunsatwapiak.blogspot.com
 
Cara Merawat Ikan Gabus Agar Cepat Besar
Persiapan Kolam dan Air 
Dalam cara budidaya ikan gabus jika sobat menggunakan wadah kolam terpal atau kolam tanah, tinggal menyesuaikan saja. Karena disini menggunakan kolam tembok atau beton dengan ukuran 2 m - 5 m. Berikut tahapan pembuatan kolam:
  1. Gali tanah kemudian biarkan selama 3 - 7 hari.
  2. Taburkan pupuk kandang berupa kotoran hewan dengan ketebalan 25 - 30 cm.
  3. Tambahkan zat kapur dolomid di atas pupuk kandang tadi.
  4. Lalu biarkan lagi selama 2 - 3 hari agar semuanya larut ke tanah.
  5. Manfaat ini untuk membuat plankton untuk pakan terbaik agar cepat besar dan sehat, biasanya berupa lumut, kutu air, plankton. 
  6. Isi air dengan ketinggian 50 - 80 cm dan biarkan selama 5 - 7 hari.
Tebar Benih Bibit Ikan Gabus
Dalam budidaya ikan gabus, sistem penebaran benih atau bibit ikan gabus bisa dilakukan setelah umur ikan mencapai 2 minggu. Masukkan bibit gabus secara pelan-pelan, saat inilah ikan akan makan plankton dan kutu air yang baik untuk pertumbuhannya. setela 2 hari baru tambahkan pakan pelet.

Makanan yang Baik untuk Budidaya Ikan Gabus
Usahakan untuk menyediakan pakan pelet yang memiliki banyak kandungan protein, lemak, dan karbohidrat. Yaitu kisaran 15% protein, 15% lemak, dan 10% karbohidrat. Pakan tambahan dapat berupa udang kecil dan ikan teri, serta anakan rayap, daging ampas dapur. 

Cara membuat pakan untuk budidaya ikan gabus agar cepat besar dan baik untuk pertumbuhannya yaitu campurkan antara ikan teri 20%, ampas tahu20%, dedak 20%, dan jagung 10%. Setelah semua bahan direbus, kemudian giling aduk menjadi satu hingga rata, lalu jemur sampai kering dan pakan siap buat ikan gabus.

Budidaya Ikan Gabus - Masa Panen

Inilah yang ditunggu-tunggu oleh semua pembudidaya semua jenis ikan. Sobat dapat memulai memanen satu kolam dulu secara bertahap sesuai kadar kebutuhan pasar. berbeda dengan ikan lele yang dapat dipanen dengan berseragam. Mengapa demikian, karena ikan gabus memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.Umur ikan gabus siap panen biasanya tidak kurang dari 2 - 3 bulan, bahkan bisa kurang tergantung pemberian makanannya.

Proses Seleksi dan Pemberian Pakan yang Baik untuk Ikan Gabus
Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang agak rakus, jadi jangan sampai telat dalam memberikan makanannya, bisa jadi jika terlalu lapar akan memangsa jenis gabus yang lain. 

Penyortiran atau seleksi ikan gabus bisa dilakukan setiap bulan sekali, hal ini untuk membuat dan mendapatkan kualitas ikan serta agar cepat besar. 

Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara budidaya ikan gabus agar cepat besar hasil melimpah ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan ikan gabus sebagai ajang bisnis ikan selanjutnya.

Baca juga: 
-Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain
-Cara Membuat Obat dari Ikan Gabus, Diabetes, Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis
-Umpan Mancing Ikan Gabus Jitu Terbaru dan Paling Ampuh
-Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain