January 11, 2017

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar Hasil Melimpah

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Infoikan.com Pengen ternak ikan gurame namun kurang tau caranya? atau sudah beternak gurame akan tetapi tidak berhasil? Siapa sih yang tidak kenal gurame, salah satu jenis ikan yang mempunyai harga bibit murah sekaligus menjadi favorit ibu-ibu untuk memasak.

Sekarang ini semakin banyaknya para petani yang mencoba mengembang biakkan gurame baik di kolam terpal, kolam tembok, maupun kolam tanah dengan lokasi sederhana, sekaligus dibuat ajang usaha dan bisnis ikan hias yang sangat menguntungkan. Dari mulai menjual bibit sampai membuka usaha warung masakan ikan gurame.

Bagi sobat pemula yang ingin mencoba membuka usaha budidaya ikan gurame di kolam tembok atau terpal, cocok sekali dengan artikel kali ini. Kita akan bahas hingga detai lengkap dengan cara mempercepat pertumbuhan ikan gurame. Berikut cara budidaya ikan gurame di kolam tembok serta cara perawatan agar cepat besar:

budidaya ikan gurame di kolam terpal
satujam.com


Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar

1. Menyediakan Lahan dan Kontruksi Kolam
Jenis tempat budidaya gerame pada umumnya berupa kolam tembok atau semen, kolam tanah, dan kolam terpal serta dapat juga menggunakan keramba jaring apung untuk alternatif sampingan.

Jika terdapat lokasi yang lebar, sobat bisa sediakan ukuran 5 m x 10 m ideal untuk budidaya. Setelah penggalian, biarkan dulu selama 3 hari, yang bertujuan mikroorganisme dapat mati dulu. Kemudian lakukan penggemburan tanah pada permukaan tanah agar amonia dapat hilang.

Sediakan juga jenis kapur dolomit yang dapat sobat tebar secara merata di atas permukaan kolam, hal ini untuk menyeimbangkan pH tanah serta menghilangkan mikroorganisme. Jika asam tanah tinggi, semakin banyak kapur yang harus disediakan.

cara budidaya ikan gurame agar cepat besar
ekspedisiilmu.web.id


Pemupukan Tanah
Pupuk yang baik dan sering digunakan para petani budidaya ikan berupa pupuk organik dan campuran urea serta TSP. Manfaat pemupukan agar membentuk makanan alami gurame terbaik seperti kutu air dan plankton.

Pengisian Air Kolam Tembok Budidaya Gurame
Pertama kali isilah air 50% dulu di atas pupuk organik tadi, kemudian biarkan lagi selama 2 - 3 hari, yang bertujuan agar plankton , lumut, kutu airnya tumbuh subur, serta air dapat berwarna hijau. Setelah kira-kira 1 minggu, benih bisa ditebar secara pelan-pelan.

Setelah dirasa sudah beres, lanjutkan dengan menambahkan air hingga ketinggian 80 cm. Hal ini karena dalam budidaya ikan gurame, alangkah baiknya selalu menjaga dan merawat keadaan air agar bersih, sekalipun itu di kolam terpal. 

Untuk penggantian air bisa sobat lakukan setiap 1 - 2 minggu sekali, tergantung keadaan air tersebut. Penggantian air yang efektif dapat diganti 30% persen saja, agar air budidaya tetap terjaga. 

Pakan gurame dan ukuran kolam gurame 1000 ekor
ilmuhewan.com


Budidaya Ikan Gurame - Penebaran Bibit
Sebelum bibit dimasukkan dalam kolam tembok, sediakan dulu wadah ember atau bak dan isi dengan air kolam, kemudian biarkan selama 30 menitan. Hal ini supaya bibit gurame dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

Cara pembenihan ikan gurame yang baik untuk ukuran yang ideal dibudidaya biasanya 5 - 7 cm, lalu dengan pelan-pelan gurame bisa di masukkan dalam kolam budidaya.

Makanan Ikan Gurame yang Baik Buat Pertumbuhannya
Jika masih kecil gurame merupakan jenis ikan herbivora (pemakan tumbuhan) seperti kutu air (dhapina) dan cacing sutera karena ini merupakan makanan yang baik ikan gerame, dan akan berubah menjadi hewan karnivora jika sudah besar. 

Untuk makanan yang baik buat pertumbuhan gurame pada umumnya jenis pelet yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Selain itu sediakan juga dedaunan sebagai makanan alternatif ikan gurame ini. Yang perlu diingat, jangan sampai memberikan pakan dalam kadar jumlah terlalu banyak, karena air akan mudah kotor dan bakteri penyakit mudah menyerang.

Berikut kumpulan beberapa makanan budidaya ikan gurame di kolam tembok berupa dedaunan:
  1. Daun pepaya
  2. Daun kangkung
  3. Daun Singkong
  4. Daun talas
  5. Daun ubi jalar
  6. Serta jenis tauge seperti: Tauge kacang tanah, tauge kacang hijau, tauge bibit padi.
  7. Pakan buatan sebagai alternatif terbaik buat pertumbuhan ikan gurame seperti: Ampas tahu, jagung, dan dedak. Cara membuat pakan alami buatan ini cukup direbus kemudian potong kecil-kecil sesuai ukuran mulut gurame, bisa juga dicincang.
Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik serta agar cepat besar, berilah makanan secara teratur. Jangan sampai berlebihan melebihi kebutuhan gurame, karena akan memicu datangnya penyakit serta jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas air.

Cara Merawat Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok

Cara merawat ikan gurame tak jauh beda dengan cara merawat semua jenis ikan dalam budidaya lainnya. Yang paling penting Anda selalu mengontrol volume air, suhu dan pH, pada malam hari jangan memberi penerang terlalu terang. Halnya senter atau yang lain yang dapat memicu ikan menjadi stress.

Masa Panen Budidaya Ikan Gurame
Sebelum panen usahakan untuk melihat dulu kebutuhan pasar. Bedakan jenis ukuran yang kecil dan besar, karena akan mempunyai harga yang berbeda. Cara memanen budidaya gurame di kolam tembok bisa dilakukan pengeringan, jaring, penyutiran, dan pemberian obat sekali mati.

Demikian sobat sedikit berbagi tentang cara budidaya ikan gurame di kolam tembok agar cepat besar ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang perawtan semua jenis ikan berikutnya.

Baca juga:
-Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang Menguntungkan
-Pemijahan Ikan Mas? Ini Dia Tahap Mengawinkan Ikan Mas Secara Lengkap Beserta Gambarnya
-Ikan Mas Koki dan Tekhnik Cara Budidayanya