January 13, 2017

Cara Merawat Bibit Lele Cepat Besar dan Cepat Panen Hasil Melimpah

Cara Merawat Bibit Lele Agar Cepat Besar Infoikan.com Pengen panen lele 29 hari? atau mencari cara supaya bibit lele cepat besar di kolam terpal? Banyak sekali yang sudah mencari jenis makanan atau obat untuk mempercepat pertumbuhan ternak dan budidaya lele ini. Akan tetapi masih salah dalam penggunaannya.

Khusus bagi pemula harus tahu cara membudidayakan jenis ikan, supaya bibit dapat tumbuh besar merata hingga sampai panen tiba. Kunci kesuksesan seorang petani maupun peternak lele harus pintar memilih bibit yang akan diternaknya. Serta mampu membuat pakan yang berkualitas untuk tambahan nutrisi yang banyak.

Berikut beberapa tips memilih bibit yang baik supaya dalam cara merawat bibit lele agar cepat besar dan berkualitas pemanena berseragam.

panen lele 29 hari
topan36.wordpress.com


Cara Merawat Bibit Lele Cepat Besar dan Cepat Panen Hasil Melimpah

Memilih Bibit Lele yang Berkualitas 
Dari jenis lele baik itu lele mutiara, pyton, lele sangkuriang, masamo, dan lainnya, usahakan mengambil yang sudah bersertifikat. Semua bibit yang sekarang ini dijual pada umumnya sudah pernah diuji kualitas hasil akhirnya. 

Dari itu, sobat bisa mencari petani atau pembibit yang bisa dipercaya, biasanya yang sudah dikenal banyak pembudidaya. Walaupun harganya berbeda dari yang lain asalkan memberi jaminan mendapatkan panen yang cepet. 

agar lele cepat besar dikolam terpal
www.bebeja.com


Ciri-ciri bibit yang berkualitas baik untuk lele, ketika menginjak ukuran 4 - 6 cm, sampai 8 cm, pertumbuhannya akan semakin cepat dan berseragam, akan tetapi tetep membutuhkan persediaan pakannya.

Sedangkan ciri-ciri bibit yang kurang baik, akan membutuhkan penyortiran yang lebih. Biasanya pertumbuhannya lambat, serta ikan lele akan menjadi 3 bagian. Usahakan untuk melihat langsung indukan dan bibit lele ini, dan dari mana indukan berasal. 

Kelebihannya akan dapat melihat secara langsung kondisi bibit ini. Baik ikan sehat, mengalami sakit, setress, atau terjangkit bakteri. Ciri-ciri bibit lele yang baik dan siap untuk dibudidayakan:
  1. Memiliki gerakan yang aktif
  2. Tidak diam saja dan menggantung
  3. Warna cerah
  4. Berenang secara normal
Hal ini supaya sobat tidak merawat lagi, karena perawatan butuh waktu antara 4 - 6 hari. Jikalo tidak segera ditangani, maka akan berakibat kematian.

suplemen dan cara mempercepat pertumbuhan lele
kunia.wordpress.com


Cara Merawat Bibit Lele dalam Pemberian Pakan

Pertumbuhan cepat maupun lambat, jenis makanan sangat berpengaruh dalam pertumbuhannya. Beri pakan pelet sesuai kebutuhan sang ikan saja, dan langsung bisa di tebar secara merata di atas kolam, jangan hanya berpusat satu tempat.

Jangan terlalu banyak menebar makanan, jika ada yang kelebihan makan, akan sulit untuk dicerna lele. Makanan lele yang baik sebaiknya menggunakan probiotik yang akan memudahkan proses pencernaan oleh tubuh lele. Keuntungan ini bisa dirasakan ikan lele cepat tumbuh besar, makanan akan terjangkau karena banyak yang diserap oleh lele, serta pemanenan akan semakin cepat.

Jenis pakan lele menggunakan probiotik akan menghemat pengeluaran serta dapat menurunkan FCR, yaitu keseimbangan antara jumlah pakan yang disediakan dengan hasil budidaya lele setelah panen. Kelebihan dari probiotik ini menghindari bau busuk oleh air kolam, menjaga kualitas air dan lainnya.

Perbandingan Prosentase menggunakan probiotik dengan yang tanpa probiotik antara lain:
  1. Lebih dari 40% nutrisi dapat diserap oleh lele, jika ditambah dengan fermentasi (pengubahan pakan) akan dapat diserap 70% selama minimal 12 jam.
  2. Sedangkan pakan antiprobiotik pada budidaya ikan lele dapat diserap hanya 40% saja minimalnya.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara merawat bibit lele agar cepat besar ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan berikutnya.

Baca juga:
-Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Sederhana Untuk Budidaya Pembesaran
-Hama dan Penyakit pada Budidaya Ikan Gurame Serta Cara Mengatasinya
-Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya