January 5, 2017

Ikan Bandeng

Ikan Bandeng InfoIkan.com Bandeng merupakan salah satu ikan konsumsi yang populasinya tersebar diseluruh perairan Indonesia. Ikan ini termasuk ke dalam kategori ikan ekonomis penting, karena permintaan untuk wilayah domestik saja cukup tinggi. Kandungan gizinya yang tinggi ikan bandeng ini digemari oleh berbagai kalangan.

Selain itu, bandeng mudah beradaptasi terhadap salinitas (euryhaline), tahan terhadap penyakit, dan tidak bersifat kanibalisme. Hal ini banyak yang ingin membudidayakannya. Walaupun demikian, perkembangan budidaya bandeng di Indonesia belum secepat budidaya udang windu, sebagaian teknologi besar budidaya bandeng masih tradisional. Oleh karena itu, perlu dilakukan banyak pengembangan agar produksi bandeng dapat ditingkatkan secara maksimal.

ciri ciri ikan bandeng dan Kandungan Gizi ikan Bandeng
pertanianku.com


Budidaya Bandeng dengan Konsep Organik

Budidaya bandeng dengan konsep organik sudah banyak dilakukan karena minat para pelaku budidaya akan pola penggunaan pupuk kimia sudah semakin berkurang. Awalnya, para pembudidaya bandeng hanya menggunakan pupuk organik, seperti pupuk hijau, kompos, pupuk kandang. 

Namun, semakin meluasnya area budidaya bandengn membuat pupuk organik tidak lagi mencukupi sehingga muncul pupuk anorganik atau pupuk kimia. Seiring berjalannya waktu, disadari bahwa penggunaan pupuk kimia secara terus menerus dapat merusak tanah. Pupuk oraganikpun kembali dilirik. Meski efek penggunaannya lebih lambat, pupuk organik lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pupuk anorganik dan hasilnya pun lebih aman untuk dikonsumsi.

Potensi Menggunakan Pupuk Organik untuk Bandeng
Potensi menggunakan pupuk organik akan memberikan gairah baru bagi pembudidaya bandeng. Hal itu karena produk yang dihasilkan terlimbah disertai biaya yang relatif rendah. selain itu, kerusakan lahan dapat dihindari sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

klasifikasi ikan bandeng
andibasotancung.blogspot.com


Bandeng Ikan Tambak Unggulan
Bandeng Merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang ekonomis penting yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Hal ini karena bandeng mempunyai rasa daging yang enak dan harga yang terjangkau. oleh karena itu, bandeng mimiliki peran yang cukup besar bagi peningkatan gizi masyarakat. 

Khusus di Jawa dan Sulawesi Selatan, bandeng menjadi komuditas yang memiliki tingkat pilihan konsumsi cukup tinggi. Di Indonesia, penyajian bandeng tidaklah sama antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Dengan demikian, bandengn menjadi produk unggulan masing-masing daerah tertentu sampai saat ini. 

Sperti halnya di serang (Banten), olahan bandeng yang terkenal adalah sate bandengnya, Jawa Timur dengan bandeng asapnya, Semarang cukup dikenal dengan bandeng prestonya, Sulawesi Selatan dengan bandeng bakarnya, pindang bandengn di Jawa Barat, dan sebagainya.

budidaya ikan bandeng


A. Mengenal Bandeng Lebih Dekat

Secara taksonomi, bandengn termasuk dalam kelas pisces, sub kelas teleostei, ordo Malacopterygii, famili Chanidae, genus Chanos, spesies Chanos chanos (Forsk). Bandeng memiliki banyak sebuatan, seperti bolu, muloh, atau ikan agam. Di dunia perikanan internasional, bandeng dikenal dengan nama milkfish. Bandeng termasuk ikan pemakan tumbuhan seperti lumut, kelakap, dan plankton (nabati maupun hewani). Wikipedia

Saat ini, budidaya bandeng juga menggunakan pakan komersial (pelet) sebagai pakannya. Bandeng sangat mudah dibudidayakan. Mngapa? Walaupun termasuk ikan laut, bandeng juga bisa hidup di air payau, bahkan air tawar. Hal ini karena bandeng memiliki kemampuan dalam menghadapi perubahan kadar garam(salinitas) yang sangat besar (euryhaline) sehingga membuatnya mudah dibudidayakan.

Daerah penyebaran bandeng adalah diperairan tropis dan sub tropis Indo-Pasifik. Bandeng tersebar dari perairan selatan Jepang sampai perairan selatan Australia. Dibagian timur, bandeng ditemukan di Kepulauan Paumotu. Selain itu, di sebelah barat, bandeng ditemukan di daerah Laut Merah, pantai timur Afrika, dan Madagaskar.

B. Ikan Bandeng Organik
Budidaya bandeng dengan konsep organik sudah banyak diterapkan dalam budidaya bandeng. Penggunaan pupuk organik dalam budidaya bandeng ini dilakukan karena penggunaan bahan kimia sudah mulai berkurang dan memang lebih menguntungkan.

Pupuk organik yang digunakan dalam budidaya bandeng biasanya berbentuk cair dan terbuat dari campuran bahan-bahan herbal dan susu sapi. Pupuk organik tersebut telah melewati beberapa kali uji coba yang telah dilakukan dan telah memberikan hasil panen yang memuaskan serta ramah lingkungan.

Bahkan, penggunaan pupuk organik dapat mengembalikan lahan tambak menjadi sehat kembali dan masa pemeliharaan bandeng dapat dipersingkat. Penerapan bandeng organik di lahan tambak seluas 1 ha memiliki target panen minimal 1 ton per periode panennya 3 kali panen dalam masa 1 tahun.

Jumlah benih yang ditebar sebanyak 1 rean benih (sekitar 5000 ekor) dengan biaya tidak lebih dari 4 jutaan. 

Baca juga:
-Cara Budidaya Ikan Mas Terlengkap dan Cepat Panen
-Budidaya Ikan Lele Organik Hemat Pakan Hasil Melimpah
-Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol, Susu, dan Tanpa Starter

Sumber: 
- Panen Bandeng 50 Hari
- http://www.pertanianku.com/budidaya-bandeng-organik/