January 20, 2017

Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)

Budidaya Ikan Hias Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) Infoikan.com Ikan etropes hijau ini mirip sekali dengan ikan nila (tilapia nilotica), ikan hias ini sama sekali tidak ditemukan oleh penghoby ikan hias khususnya Indonesia. Mungkin karena harga dan cara budidayanya yang langka dan sedikit peminatnya.

Ikan dengan nama hijau ini merupakan jenis ikan hias langka yang jarang sekali ditemukan di daerah tropis Indonesia ini. Seperti melengkapi nama-nama ikan air tawar yang sangat banyak sekali. Nah berikut beberapa ulasan tentang ikan etropes hijau yang bisa sobat ketahui: 

ikan hias cantik tapi murah
Flickr


Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) yang Langka

Klasifikasi dan Siatematika Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Ordo             : Percomorphoidei
Sub-ordo       : Percoidea
Famili            : Cichlidae
Gebus            : Etropus
Spesies          : Etropus Suratensi (Bloch) Chaetodon Suratensi (Bloch)
Asal                 : Ceeylon, India
Nama Inggris  : Banded Chromide, Green Chromide


Ciri-Ciri Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Sepintas lalu ikan ini mirip ikn nila (tilapia nilotica), hanya saja seluruh tubuh ikan tersapu dengan bintik-bintik putih. Dengan bentuk badan panjang, terkadang oval dan pipih compressed, membuat ikan ini tidak bisa mengelak dari ciri famili Cichlidae.

Warna dasar badannya biru abu kelabu hingga hijau dengan hiasan bintik-bintik biru dan hijau pelangi pada sisiknya. Sekitar 6 atau 8 garis dengan kedududkan vertikal memotong sebagian atas tubuhnya. 

Sirip dada akan berwarna kekuningan dengan dihiasi bintk-bintik gelap. Sirip lainnya berwarna hijau kelabu dan biru. Sirip punggung dan anal berbentuk panjang, bertengger pada dadanya, dengan bagian belakang meruncing. Sirip ekor seperti nila, berbentuk datar jernih bagian belakang, dan berbintik bagian dekat ekor.

ikan hias air tawar langka
www.fishonmag.com


Sifat-Sifat Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)
Kadang kala ikan ini suka mencari seteru, dengan siapa saja dan kapan saja. Untuk tidak membuat ikan lain menderita, jika toh ingin menempatkan ikan lain dengan ikan ini, sebaiknya tempatkan bersama dengan ikan sama besar.

Di alam aslinya ikan ini mampu tumbuh hingga berukuran yang lumayan besarnya, sekitar 40 cm. Namun jangan harap kita bisa mendapatkan yang sebesar itu di tempat pembudidayaan. Paling banter kita hanya dapat yang berukuran 8 cm.

Makanan yang disukai tidak ada yang khusus. Semua jenis makanan dapat dimakan dengan lahap, baik jenis pakan hidup maupun berupa pakan pelet. Sedangakn untuk makanan buatan sebaiknya dihindarkan, hal ini untuk menjaga kualitas air tetap bagus.

Ikan etropes hijau ini sulit sekali dapat dilihat alat kelaminnya, beum diketahui tanda-tanda khusus yang terlihat dari luar yang dapat dijadikan modal untuk melacak kelamin ikan cantik ini. Maka dapat disimpulkan kalau ikan ini belum pernah dapat dikawinkan baik di bak maupun di wadah akuarium. 

jenis ikan hias air tawar aquarium
Aquarist.co.ukClassified


Perawatan Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide)

Jika ikan etropes hijau yang ada masih kecil, maka perlu dicari jalan keluarnya agar ikan ini dapat selamat sampai besar. Setelah sampai besar tentunya bernilai ekonomis tinggi dibandingkan saat pertama kali datang.

Untuk wadah pembesaran dapat dipakai bak semen berukuran 2 x 1 m persegi dengan kedalaman kolam 40 cm, dan ketinggian air antara 20 x 30 cm. Air yang dipakai sama ketika merawat jenis ikan hias lainnya.

Perawatannya tidak terlalu sulit, dapat diikuti  seperti halnya seperti merawat benih etropes kuning. Demikian pula cara pemberian makan dan penggantian airnya.

Demikian sobat sedikit ulsan tentang Ikan Etropes Hijau (Banded Chromide, Green Chromide) ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kit semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Langkah-Langkah Budidaya Ikan Cupang (Talking Gourami) untuk Usaha dan Bisnis Ikan Hias
-Langkah-Langkah Budidaya Ikan Discus untuk Usaha dan Binis Ikan Hias
-Cara Merawat Bibit Lele Cepat Besar dan Cepat Panen Hasil Melimpah