February 2, 2017

Budidaya Ikan Hias Mata Buta (Blind Cave Characin)

Budidaya Ikan Hias Mata Buta (Blind Cave Characin) Infoikan.com Ikan mata buta sebenarnya salah satu jenis ikan tetra bernama Astyanax mexicanus. Karena terjebak dalam perairan bawah tanah dan lamanya hidup di tempat gelap, lambat laun matanya tidak dapat berfungsi lagi.

Gambar Ikan Hias Mata Buta (Blind Cave Characin)
zoochat.com


Budidaya Ikan Mata Buta (Blind Cave Characin)

Klasifikasi dan Sistematika Mata Buta (Blind Cave Characin)
Ordo               : Ostariophysoidei
Sub-Ordo        : Characioidea
Famili             : Characidae
Genus            : Anoptichtys
Spesies          : Anoptichtys jordani Hubbs dan Innes
Asal               : San Luis Potosi, Mexico
Nama Inggris  : Blind Cave Characin
Nama Lain      : Blin Cief


Manfaat Ikan Mata Buta
opencage.info

Gambar Ikan Mata Buta
WarrenPhotographic.co.uk


Sifat-Sifat Ikan Mata Buta (Blind Cave Characin)
Mata buta merupakan salah satu diantara sekian banyak ikan yang menarik, karena selain keindahan badannya, juga keunika indra penglihatannya. 

Pada saat masih kecil ikan ini dapat ditempatkan di sembarang aquarium, karena sifatnya yang pendamai. Namun setelah dewasa ikan ini harus sedikit diamankan karena persyaratan lingkungan yang dikehendaki agak lain.

Meskipun dapat ditempatkan bersama ikan lain, sebaiknya dihindarkan dengan ikan lain yang berukuran lebih besar. Sebab, bukan tidak mungkin ikan mata buta akan kalah bersaing menyambar makanannya.

manfaat Ikan Mata Buta
WarrenPhotographic.co.uk

Gambra Ikan Mata Buta
picssr.com


Tempat Pemijahan Ikan Mata Buta (Blind Cave Characin)
Tempat pemijahan yang biasa digunakan berupa bak semen dengan ukuran panjang 2 m, lebar 1 m, ketinggian bak 0,4 m. Bisa jugamenggunakan akuarium yang berukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm dengan ketinggian 45 cm.

Air yang digunakan untuk pemijahan sebaiknya agak basa dan segar. Suhu air yang paling disukai berkisar antara 21 - 24 derajat C. Oleh karenanya air yang digunakan boleh berasal dari sumur atau PAM. sebelum digunakan sebaiknya di simpan atau didiamkan selama sehari semalam.

Manfaat Ikan Mata Buta
opencage.info


Memilih Induk Budidaya Ikan Mata Buta (Blind Cave Characin)
Induk jantan budidaya ikan mata buta dapat dibedakan dari induk betina dengan melihat perut dan warnanya. Ikan jantan mempunyai badan yang lebih panjang dan warna badannya lebih cerah. Sedangkan induk betina mempunyai perut yang membulat disertai warna badan yang kurang menarik.

Ukuran induk pada saat memijah harus sudah mencapai panjang total 6,5 - 6,75 cm, yang biasanya telah berumur 7 bulan.

Gambar Ikan MAta Buta
sea-animalzz.blogspot.com


Pemijahan Ikan Mata Buta (Blind Cave Characin)
Ikan mata buta dapat dikawinkan sepanjang tahun, tanpa mengenal musim tertentu. Ini tentunya akan sangat membantu memacu produksi benih-benih mata buta sebanyak-banyaknya.

Pembesaran Budidaya Ikan Mata Buta (Blind Cave Characin)

Proses budidaya ikan mata buta setelah 24 - 26 jam telur akan menetas, dan sampai umur 5 hari belum perlu diberi makan. Setelah memasuki hari ke 6 benih-benih diberi makan rotifera. Setelah berjalan seminggu menu makannya harus ditambah dengan dhapina. Kemudian diikuti dengan makanan yang berukuran lebih besar, cacing sutera misalnya.

Di bak pemijahan yang berfungsi sebagai penetasan sekaligus pembesaran ini pengganti air dilkaukan setiap minggu sekali, sebanyak 2/3 bagian. Kegiatan ini sudah harus dilakukan setelah benih berumur satu minggu.

Pada saat ini harus dilakukan ekstra hati-hati, supaya benih yang lembut tidak terbawa air. Tanaman air boleh ditambah, ditempatkan pada satu bagian, dengan tidak lupa menyediakan tempat luang bagi benih-benih mata buta ini.
Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan mata buta (Blind Cave Characin) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.