January 24, 2017

Cara Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino Clarias Catfish untuk Pemula

Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Plak Du Dam/Albino Clarias/Catfish Infoikan.com Pernah ternak ikan lele albino? atau beternak ikan lele sangkuriang? Siapa sih yag tidak tahu lele ini, salah satu ikan air tawar yang mempunyai harga ekonomis.

Jenis ikan lele sendiri ada 3 diantaranya ikan lele dumbo, sangkuriang, pyton. Aslinya bukan hanya itu saja, namun yang sering dikonsumsi dan diternak olah petani pada umumnya hanya itu. Berikut cara budidaya ikan lele putih atau lele bule albino untuk sobat pemula. Ikan lele putih ini masih langka, mungkin harganya yang masih lumayan tinggi.

harga lele bule
lelealbino.blogspot.com


Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino

Klasifikasi dan Sitematika ikan Lele (Lele Bule) Albino
Ordo                : Ostariopysoidei
Sub-Ordo         : Siluroidea
Famili              : Claridae
Genus             : Clarias
Spesies           : Clarias batrachus
Asal                : India, Sri lanka, Malaysia, Filipina
Nama Inggris   : Plak Du Dam/Albino Clarias/Catfish
Nama Latin     : Lele Bule


ikan lele albino terbesar
Ceriwis.net


Ciri-Ciri Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
Ikan lele juga masuk ikan hias. Tetapi bukan lele yang berwarna hitam atau abu-abu gelap itu, tetapi dipilih lele yang berwarna putih dan belang. Sebagai ikan hias lele ini pun tak kalah indahnya. Gerakannya yang naik turun, sebentar muncul di permukaan air sebentar lagi lenyap menyelam di dasar akuarium.
Baca juga: Jenis Penyakit Budidaya Ikan Lele dan Cara Mengobatinya

Tubuh lele putih tak jauh beda dengan lele hitam yang bisa dibuat lauk itu. Memanjang mirip torpedo, kepala putih dilengkapi empat pasang kumis. Ia memiliki senjata ampuh berbisa yang lazim dijuliki patil yang terletak di sebelah depan sirip dada. 

Patil ini merupakan senjata ampuh baginya untuk membela diri serta untuk melarikan diri.

lele albino hias
UpdateNews.co.id


Sifat-Sifat Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
Dalam melakukan budidaya ikan lele putih, harus mengetahui dulu semua sifat yang ada padanya. Dalam pemeliharaan akuarium ikan lele ini sering melumpat keluar. Ini bisa terjadi lewat bantuan patilnya yang berbisa itu.Yang lebih hebat lagi lele ini mampu berjalan jauh tanpa air lewat bantuan patilnya.

ikan hias lele bule
lelealbino.blogspot.com


Kelebihan ikan lele putih ini dapat melakukan aneh-aneh, karena ia memiliki alat pernafasan tambahan berupa membran berlipat yang berisi penuh dengan kapiler-kapiler darah, dan letaknya persis di sebelah atas rongga insang yang dinamai aborecen organ

Lingkungan yang bisa membuat membuat ikan ini mati kelabakan jika tempat tinggalnya tertutup rapat oleh tanaman air. Ikan lele putih ini biasanya berkembangbiak setelah membuat sarang berupa lubang sedalam 20 cm di bawah permukaan air. Terutama di bawah rimbunan rumput-rumput yang tumbuh menjuntai menyentuh permukaan air. 

Agar ikan lele putih tidak melompat keluar, alangkah baiknya jika atas akuarium dikasih tutup. Meski terbilang buas, namun lele putih sangat rukun dan dapat hidup baik dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu akuarium.

harga ikan lele putih
aquarist-classifieds.co.uk

makanan lele albino
aquarist-classifieds.co.uk


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
Tempat pemijahan budidaya ikan lele konsumsi biasanya dilakukan di kolam berukuran luas. Letak sarang dibuat di sekitar dinding kolam beberapa buah. Di dalam sarang inilah pasangan induk lele yang matang kelamin itu bertelur dan memijah. 

Dalam jumlah banyak, lele bule albino yang dikategorikan ikan hias itu juga dapat dipijahkan secara massal seperti ikan lele konsumsi.

Akan tetapi dalam melakukan budidaya ikan lele putih albino alangkah baiknya jika dipijahkan dalam tempat kolam atau bak semen ukuran sederhana atau sempit. Alasannya, pasangan induk lele bule albino ini lebih mudah dikontrol. Dengan demikian, benih yang diperoleh pun optimal.

mitos lele putih
Gumtree.com

Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
MonsterFishKeepers.com


Tips Membuat Kolam Budidaya Ikan Lele Putih Bule Albino
  1. Bak atau kolam budidaya ikan lele putih albino dapat berukuran 2 x 1m dengan kedalaman 40 cm. 
  2. Untuk mencegah gerakannya yang suka melompat meninggalkan kolam, maka permukaan dinding kolam dibuat menjorok ke dalam kolam. 
  3. Di tengah dasar kolam dibuat cekungan supaya nantinya bila indukan ingin ditangkap jadi mudah.
  4. Setelah ini jadi, Siapkan sarangnya. Sarang ini cukup dari susunan batu bata seluas 30 x 40 cm dan tinggi 20 cm.
  5. Letak sarang di dasar kolam, ditutup dengan genteng atau batu bata.
  6. Di depan bagian sarang dibuat menyempit yang berfungsi sebagai pintu keluar masuk induk.
  7. Nah, di depan sarang ini diberi eceng gondok agar suasanany lebih tentram dan alami.
  8. Yang perlu dan sangat diperhatikan adalah di dalam sarang harus dimasukkan sedikit ijuk sebagai tempat telur menempel.
Usai ini, isilah air ke dalam kolam ini setinggi 15 - 20 cm. Agar hujan dan terik matahari tidak menembus semua permukaan kolam ada baiknya di bagian tempat sarang atau separuh dari kolam ditutup dengan seng.

Untuk memberi suasana teduh dan alami tempatkan pula enceng gondok "bermisai" rimbun pada tempat budidaya ikan lele putih bule albino ini. tempat pemijah pun siap dimasuki induk.

jual bibit lele albino
YouTube.com

Membuat Kolam Budidaya Ikan Lele Putih Bule Albino
OLX


Tips Memilih Induk Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
Pasangan induk budidaya ikan lele putih bule albino yang dipilih harus lewat seleksi ketat, karena harga ikan lele albino dan harga ikan lele putih lumayan mahal. 

Secara fisik, calon induk harus bertubuh mulus dengan bentuk tubuh normal, tidak kurus dan sehat semuanya. Usia induk budidaya ikan lele putih albino paling tidak 10 - 12 bulan dengan bobot minimal 200 gram per ekor.

Langkah berkutnya dalam budidaya ikan lele putih bule albino ini, pasangan-pasangan yang lolos seleksi ini jangan sampai jenis kelaminnya sama. 

Memilih Induk Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
www.scotcat.com

Memilih Induk Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino
www.iucngisd.org


Perbedaan Lele Albino Putih Bule Jantan dan Betina
Untuk membedakan dapat dilihat dari bentuk tubuh dan warnanya:

Perbedaan Lele Putih Jantan dan Betina
carabudidaya.blogspot.com

Ciri-ciri indukan ikan lele putih jantan yang baik
  1. Si jantan memiliki kelamin yang menonjol, 
  2. Gerakan lincah, 
  3. Dan tubuh langsing.
Idukan betina lele putih dengan ciri-ciri:
  1. Kelamin berbentuk bulat
  2. Berwarna merah dan besar
  3. Tubuh membengkak terutama perutnya 
  4. Gerakannya lamban.
Pemijahan Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) ALbino
Pasangan induk yang sudah matang kelamin ini tinggal dumasukkan ke dalam kolam pemijahan budidaya ikan lele putih yang sudah disiapkan sebelumnya. kalau perkiraan kematangan induk terlalu meleset, maka malam harinya mereka akan bertelur dan esok harinya sudah nampak telur menempel pada ijuk dan sebagian besarnya berserakan di dasar kolam.
Perbedaan Lele Putih Jantan dan Betina
PlanetCatfish.com


Pembesaran Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino

Selama pembesaran budidaya ikan lele putih bule albino berlangsung, induk itu masih boleh menghuni tempat pemijahan. Biasanya hal ini berlangsung sampai 4 minggu. Setelah empat minggu, benih sudah boleh diangkat dan ditaruh di tempat lain yang lebih luas. Sementara sang indukan sudah bisa dikawinkan lagi.

Untuk mendapat kualitas induk yang tetap prima, alangkah baiknya selama masa istirahat itu sang induk dijatah makan jentik nyamuk saja. Sebab menurut pengalaman pembudidaya ikan lele, cacing sutera terlalu banyak mengandung lemak, dan ini menyebabkan sang induk kegemukan. 

Sedangkan perawatan si anak atau burayak ikan lele tidak berunah kecuali soal makanan dapat ditingkatkan dan lebih memilih jenis makanan yang bermutu kombinasi antara cacing sutera dan jentuk nyamuk. Dengan demikian benih yang jumlahnya antara 1.000 - 5.000 ekor tumbuh besar dan siap dilego.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara budidaya ikan lele putih (lele bule) albino ini, semoga bermanfaat dan dapat memeberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang beternak dan budidaya semua jenis ikan hias lainnya.

Baca juga:
-Budidaya Ikan Lele Organik Hemat Pakan Hasil Melimpah
-Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang Menguntungkan
-Penyakit Ikan Lele ? Ini Dia Cara Mencegah dan Mengatasinya
-Budidaya Ikan Lele Sangkuriang | Cara Ternak Lele 45 Hari Panen