January 13, 2017

Budidaya Ikan Lele Sangkuriang | Cara Ternak Lele 45 Hari Panen

Budidaya Ikan Lele Sangkuriang 45 Hari Panen InfoIkan.com Apakah Anda Seorang pemula yang ingin beternak lele sangkuriang? atau ingin mencari tau jenis bibit lele sangkuriang yang baik dan cepat besar? Siapa sih yang tidak kenal dengan lele, salah satu jenis ikan yang mudah dibudidayakan, baik di kolam tembok, kolam terpal, dan kolam tanah.

Bagi sobat pemula yang ingin budidaya ikan lele sangkuriang, sangat tepat dengan artikel kali ini. Tak salah jika Anda beternak lele ini, apalagi merupakan jenis ikan yang dibutuhkan oleh masyarakat semua kalangan. Ikan ini juga sudah dijadikan sebagai ajang bisnis dan usaha sampingan dengan untuk jutaan.

Berikut beberapa panduan lengkap budidaya ikan lele sangkuriang lengkap dengan cara merawat agar bibit cepat besar 45 hari bisa dipanen. 

cara budidaya lele sangkuriang bagi pemula
nasa88.wordpress.com



Budidaya Ikan Lele Sangkuriang 45 Hari Panen

Ciri-Ciri Lele Sangkuriang:
  1. Memiliki kulit licin dan berlendir
  2. Tidak mempunyai sisik
  3. Bentuk kepala panjang dan tidak seperti lele dumbo
  4. Warna tubuh hitam keunguan 
  5. Pada bagian punggung berwarna kehijauan
  6. Berwarna putih kekuningan pada bagian perut
  7. Sedangkan bagian samping bertotol-totol 
  8. Ketika tubuh dewasa mempunyai ukuran panjang dibanding lele dumbo.
Persiapan Kolam Budidaya Lele Sangkuriang
Untuk sobat pemula bisa sediakan median atau tempat budidaya seperti ternak lele di kolam terpal, ternak lele di kolam tanah, ternak lele di kolam tembok, dan kolam bak semen. Ini merupakan salah satu cara beternak ikan yang harus disediakan.  

Salah satu keberhasilan petani budidaya lele adalah kualitas air, dan memiliki kontruksi yang tepat guna, serta memiliki waktu untuk merawat secara maksimal agar mendapatkan hasil budidaya yang memuaskan untuk usaha maupun bisnis sampingan.

Kunci cara membuat kolam ikan harus menjaga agar dinding yang dibangun tidak bocor sekaligus lingkungan aman terhadap hama dan penyakit yang dapat menyerang. 

ternak lele sangkuriang kolam tanah
saunglelecibinong.blogspot.com


Cara Membuat Kolam Budidaya Ikan
Jika sobat menginginkan lele cepat panen, lakukan hal-hal berikut ini:
  1. Pemupukan dasar kolam dengan jenis pupuk oraganik.
  2. Taburkan lagi dengan pupuk kompos di atasnya.
  3. Tambahkan dengan pupuk makro NPK secukupnya
  4. Lalu lakukan pengapuran maksimal 200 g/m
Hal ini untuk menumbuhkan jenis makanan alami yang bisa mempercepat pertumbuhan lele.  

cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok
leleberkualitas.blogspot.com


Persiapan Bibit dan Jenis Lele
Jenis bibit yang baik akan sangat dapat mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan lele. Maka harus mencari bibit yang unggul dan sehat dengan ciri-ciri bibit yang baik dan bagus seperti tidak cacat, memiliki warna cerah, lincah bergerak dan nafsu makan tinggi.

Sobat dapat memilih bibit dari indukan yang bagus dan berkualitas, serta sudah teruji disemua kalangan. Pilihlah benih lele sangkuriang dari orang yang dapat dipercaya. Sebelum ditebar dalam kolam budidaya, sterilisasi dulu bibit dengan larutan KM5NO4. Lakukan perendaman selama 10 menit agar terhindar dari hama dan penyakit.

 ciri ciri lele sangkuriang
suplemenorganikcair.wordpress.com


Cara Melakukan Penebaran Benih Lele Sangkuriang
Idealnya untuk menebar benih lele sangkuriang dapat dilakukan ketika suhu rendah yaitu pagi hari atau sore. Masukkan dalam bak atau ember, kemudian isi dengan air kolam biarkan selama 30 menit, lalu baru kemudian penebaran benih lakukan secara perlahan-lahan.  


Cara Merawat Pemberian Pakan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Dalam melakukan budidaya ikan lele sangkuriang, selain pakan alami dari kolam, sediakan juga jenis pakan pelet untuk menunjang pertumbuhan selanjutnya. Yang mana alternatif memberikan tambahan nutrisi supaya lele cepat besar. 

perbedaan lele sangkuriang dan lele dumbo
bebeja.com


Apakah Anda benar-benar pemula? Rahasia para petani bisa sukses ternak lele 45 hari panen yaitu pada makanan pelet ternyata dicampur lagi dengan gizi dan nutrisi seperti Viterna plus, Hormonic, dan POC Nasa. Yang terbuat dari beberapa bahan alami, yang mempunyai kandungan gizinya tinggi sehingga mampu mempercepat pertumbuhan budidaya ikan lele sangkuriang sobat.

Jangan lupa memberikan tambahan pupuk organik  untuk menjaga ekosistem tetap stabil, pemberian bisa secara rutin dengan jenis organik padat. Hal ini membantu menetralkan pH air, kualitas kolam kembali normal, jenis makanan alami seperti plankton dapat tumbuh subur. Jenis pakan inilah yang dapat mempercepat menunjang lele sangkuriang cepat tumbuh.

Biasanya para petani dan peternak menaburkan pupuk organik ini setiap seminggu sekali, dan tergantung kondisi air kolam juga. Yang terutama ketika air kolam sudah menimbulkan bau menyengat, harus cepat-cepat diatasi agar terhindar dari jenis penyakit lele yang membahayakan.

Cara Panen Ikan Lele
Untuk membentuk cara pemanenan budidaya ikan lele sangkuriang yang baik, cara panen lele bisa dilakukan dengan menyurutkan air kolam hingga tersisa sedikit. Bisa juga dengan jaring agak besar yang biasa dilakukan dengan beberapa orang. Bisa juga cara panen ikan lele dengan obat angsung sekali membius lele sangkuriang.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan lele sangkuriang cara ternak 45 hari panen ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua budidaya jenis ikan lele lainnya berikutnya.

Baca juga:
-Cara Merawat Bibit Lele Cepat Besar dan Cepat Panen Hasil Melimpah
-Jenis Penyakit Budidaya Ikan Lele dan Cara Mengobatinya
-Umpan Mancing Ikan Lele Galatama Harian Terbaru Sekarang Ini
-Penyakit Ikan Lele ? Ini Dia Cara Mencegah dan Mengatasinya