January 9, 2017

Jenis Penyakit Budidaya Ikan Lele dan Cara Mengobatinya

Jenis Penyakit Ikan Lele dan Cara Mengatasinya InfoIkan.com Pernah menemukan hama dan penyakit pada tubuh ikan lele? atau sudah pernah mengobati namun belum sembuh juga? Siapa sih para petani yang belum pernah menemukan ikan lelenya mati, terutama akibat berebut makanan di kolam wadah.

Salah satu mengendalikan serta mengobati jenis penyakit ikan lele ini dengan menyortir kembali air kolam, baik kolam terpal, maupun kolam tembok, dan kolam tanah semuanya hampir sama. 

Berikut beberapa cara menanggulangi macam-macam penyakit budidaya ikan lele dengan baik dan benar supaya mendapatkan hasil yang sudah direncanakan, serta memberikan kualitas dan kuantitas pada lele. Dbawah ini terdapat berbagai macam hama dan jenis penyakit ikan lele dan cara mengobatinya:

cara mengobati ikan lele yang menggantung
saifkpi.blogspot.com


Jenis Penyakit Ikan Lele dan Cara Mengatasinya 

1. Penyakit Ikan Lele Perut Kembung (Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas hydrophyla)
Penyebab penyakit ini dikarenakan adanya serangan bakteri. Tanda dan ciri-cirinya perut ikan lele menggembung atau kembung yang berisi cairan getah kuning serta keadaan membengkak, fisik sirip luka. Penyebab perut kembung pada lele pada umumnya akibat pakan yang menumpuk di dasar kolam.

Cara Mengendalikan dan Mengatasi Penyakit Kembung Perut

penyakit ikan lele perut kembung
infoakuakultur.com

Jika sobat melengkapi dengan alat ukur, usahakan untuk memberikan suhu 28 derajat selsius. Untuk pengobatannya kasih aja oxytetracycline antibiotik dengan mencampur OTC pada makanannya dengan dosis 50 mg per pakan. Jika dirasa jumlahnya banyak, ulangi selama satu minggu. 

Untuk cara mengobati penyakit yang menyerang kolam pemeliharaan lele, gantilah air kolam dengan cara campuri garam dengan dosis 100-200 gram /M3.

Gejala yang Penyakit Terhadap Ikan Lele
  1. Berubahnya warna tubuh
  2. Terjadi pendarahan pada seluruh tubuh ikan
  3. Tubuh menjadi lemas dan sulitnya mengatur pernafasan
Cara Merawat Ikan Lele terhadap Penyakit
Cara pengobatinya cukup mudah, kelurkan tenaga dan modal buat meracik pakan campur larutan Terramycine dengan dosis 50 mg/kg perhari terhadap ikan. Lakukan secara teratur hingga seminggu. Obat lainnya seperti Sulphonamid yang dapat dicampurkan kedalam pakan sebanyak 100mg/kg perhari secara teratur selama 3 hari.

2. Penyakit Gatal (Trichodiniasis)
Salah satu penyebab jenis penyakit ikan lele gatal ini adalah jenis protozoa Tricodina. Gejala dan ciri-ciri umum lele akan lemas, kusam pada warna, serta muter-muter pada dinding dengan menggosok-gosokkan tubuhnya. Jika berenang berdempetan dengan lele yang lain, kemungkinan besar akan menular juga. 

Penyebab lain dari timbulnya penyakit ini salah satunya disebabkan oleh parasit yang berbentuk bulat, bisa juga amuboid, serta parasit yang intinya berbentuk layaknya tapal kuda (Ichthyophthirius multifilis). Kurangi kepadatan ikan lele, karena penyakit ini akan cepat menular dan berkembang.

penyakit lele kulit mengelupas
budidayaperawatan.blogspot.com


Gejala yang Timbul Oleh Penyakit Gatal
  1. Akan lebih suka berada di permukaan air dan terlihat lemas
  2. Pada bagian kulit, sirip, dan insang akan timbul bintik-bintik putih  
  3. Pada umumnya akan lebih suka menggosokkan tubuhnya pada dinding kolam.
Cara Pengendalian Penyakit Gatal pada Lele
Salah satu yang paling ampuh cara mengatasi penyakit gatal ini adalah dengan cara mengganti kualitas air, dan mengatur kembali kepadatan jumlah lele. 

Pengobatan 
Seperti pada umumnya, cara yang paling ampuh dan mudah menangani penyakit gatal pada kulit dengan cara mencampurkan larutan formalin 25 cc/m³, dan Malachyte Green Oxalate 0,1 g/m³, lalau biarkan selama satu hari sampai 24 jam. Lakukan secara teratur selama 2 - 3 hari hingga terlihat perubahan. 

3. Jenis Penyakit Ikan Lele - Parasit atau Jamur Saprolegnia

Pada umumnya jenis penyakit ikan lele ini dapat timbul oleh jenis ikan lele yang sudah lemas atau sudah mati dalam kolam, kemudian menjadi parasit dan menjadi jamur saprolegnia, lalu tumbuh sebagai saprofit.

Gejala pada Ikan Lele
  1. Kulit ikan lele dalam budidaya akan ditumbuhi benang halus seperti kapas yang menempel pada kulit yang terluka.  
  2. Ikan keadaan lemas
  3. Berdampak pada telur ikan, yaitu akan menyerang dengan cara menyelimuti telur dengan banang putih tadi.
Cara Mengobati Penyakit Jamur dan Parasit pada Budidaya Ikan Lele
Seperti biasanya yaitu dengan cara merendam telur memakai larutan Malachyte Green oxalate denagn dosis 0,1-0,2 ppm dan biarkan selama 45 - 1 jam. 

Sedangkan untuk lele dewasa bisa direndam dengan larutan Malachyte Green oxalate denagn dosis 2,5-3 ppm selam 25 - 30 menit.

penyakit lele moncong putih
sangfajarmerah.blogspot.com1600 × 1200


4. Penyakit Lele Sirip Merah (Virus Channel catfish)
Pada umumnya ikan lele akan terinfeksi pada bagian tubuhnya, jenis lele yang terserang penyakit ini akan sering muncul di permukaan air, keadaan lemah, berenang berputar-putar, serta pada bagian perut dan sirip mengalami pendarahan.

Salah satu penyebab penyakit lele sirip merah ini salah satunya yaitu fluktuasi keadaan suhu air, padatnya penebaran dan kualitas air yang kurang dijaga.

Cara mengendalikan dan mengobati penyakit sirip merah antara lain dengan selalu menjaga kebersihan kolam, memberi jenis pakan lele yang baik dan berkualitas, serta mendaur ulang sitem budidaya ikan lele lagi.  

obat penyakit lele sirip merah
www.suryamina.com

  
Obat Penyakit Lele Sirip Merah
  1. Sebisa mungkin selama satu minggu sekali air dapat diganti
  2. Yaitu sekita 50% saja
  3. Tambahkan jenis tanaman seperti daun pepaya dan mengkudu
  4. Daun pepaya dan mengkudu bisa diganti setiap 3 hari sekali, dan tergantung keadaan daun.
Demikian sedikit ulasan tentang jenis penyakit ikan lele dan cara mengobatinya ini, semoga bermanfaat dan dapat meberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan mengobati penyakit ikan lele lainnya.

Baca juga:
-Penyakit Ikan Lele ? Ini Dia Cara Mencegah dan Mengatasinya
-Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya
-Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp