--> Skip to main content

Budidaya Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)

Budidaya Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish) Infoikan.com Salah satu jenis ikan rainbowfish dalah rainbow sulawesi ini. Dengan adanya harga ikan hias rainbow yang sangat ekonomis, banyak sekali petani pecinta ikan hias melakukan ternak dan budidaya ikan rainbow khususnya sulawesi ini. Ternyata semudan budidaya ikan rainbow boesemani yang juga masih jenis ikan rainbow.

Berikut langkah lengkap budidaya rainbow sulawesi yang dapat sobat coba untuk usaha dan bisnis ikan hias.

ikan rainbow pikok
petsolution.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish) 

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Rainbow Sulawesi Budidaya Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)
Ordo              : Percomorphoidei
Sub-Ordo        : Percesoces
Famili             : Antherinidae
Sub-Famili      : Melanotaenniinae
Genus            : Telmatherina
Spesies          : Telmatherina ladigesi ahl
Asal               : Sulawesi
Nama Inggris  : Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish
Nama Lokal    : Raibow Sulawesi


harga ikan hias rainbow
animal-world.com

harga ikan rainbow irian
WorldWideFishandPets.com


Ciri-Ciri Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)
Bentuk badan memanjang dan pipih compressed, dengan sirip punggung ganda, dua buah (depan dan belakang). Sirip punggung yang ke-2 dan sirip anal mempunyai bentuk yang besar denagn jari-jari sirip yang terlihat relatif panjang.

jual ikan rainbow balon
Add caption

Gambar Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)


Sifat-Sifat Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)
Budidaya ikan rainbow sulawesi sangatlah mudah seperti budidaya ikan mulut api, hanya saja syaratnya harus mengetahui dulu semua sifat ikan hias ini.

Rainbow sulawesi merupakan satu diantara sekian banyak jenis ikan hias yang banyak diminati orang. Selain indah untuk dipandang, ikan hias rainbow sulawesi dapat memberikan penghasilan yang lumayan.

Termasuk jenis ikan hias rainbow yang bertelur dengan menempelkan telurnya pada tanaman air akuarium. Lingkungan asli ikan hias ini danau air tawar di daerah sulawesi. Oleh karena itu jika ingin menempatkan di akuarium, sebaiknya dibuatkan panorama danau yang menawan.

Rainbow sulawesi dapat tumbuh dari 7 hingga 8 cm. Dapat hidup dan berkembangbiak pada lingkungan yang tidak terlalu sulit, suhu sekitar antara 24 - 27 derajat C. Tergolong jenis rainbow yang tahan terhadap garam.

jenis ikan rainbow fish
RiverReefAquatics.com

 ikan rainbow trout
wetwebmedia.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)
Seperti jenis rainbow irian, untuk budidaya ikan rainbow sulawesi dapat dikawinkan diakuarium maupun bak semen. Yaitu dengan ukuran akuarium 100 x 50 x 45 cm atau 80 x 45 x 40 cm, juga dapat dapat dipakai bak semen 2 x 2 m2 kedalaman 40 cm.

Menggunakan tanaman menempel telur enceng gondok atau hydrilla, dengan persyaratan air yang tidak jauh berbeda, suhu 24 - 25 derajat C, pH 7 - 8, kesadahan normal. Air dapat dari sumur atau ledeng, dan harus diendapkan selama 24 jam dulu.

ikan rainbow papua
ruinemans.com

ikan rainbow kurumoi
indotropicalfish.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)
Sebelum melakukan budidaya ikan rainbow sulawesi, membedakan kelamin ikan rainbow sulawesi termasuk pekrjaan mudah, karena cukup melihat perbedaan yang menyolok dari sirip-siripnya.

Ikan rainbow jantan mempunyai ciri-ciri sirip anal dan sirip punggung yang berjari-jari panjang, nongol keluar dari selaput selaput siripnya, lebih panjang dari jari-jari lainnya. Sirip punggung yang berjari-jari panjang ini merupakan sirip ke-2 atau belakangannya. 

Sedangkan ikan betina rainbow tidak mempunyai jari-jari sirip ke-2 dan anal yang panjang, cukup puas dengan yang wajar. Namun betina biasanya lebih unggul dengan kemontokan tubuhnya yang rata-rata melebihi si induk jantan. Hanya saja sirip-siripnya hampir tidak berwarna, malahan sirip ekor tidak terlalu rapi.

Induk yang dipilih sebaiknya telah berumur 7 bulan dengan panjang total badannya telah mencapai panjang total 6 - 7,5 cm. Induk yang telah diseleksi ditempatkan dalam akuarium tersendiri dan diberi makan yang bergizi misalnya jentik nyamuk.

ikan rainbow pikok
aquariumlife.com.au

harga ikan hias rainbow
tom8pie.wordpress.com



Pemijahan Budidaya Ikan Rainbow Sulawesi (Celebes Rainbowfish, Celebes Sailfish)

Pelaksanaan pemijahan budidaya ikan rainbow sulawesi tidak jauh beda dengan pemijahan rainbow irian, demikian pula dengan jumlah pasangan yang ditempatkan. Hanya saja dalam akuarium yang kecil 60 x 30 x 30 cm3 hanya ditempatkan tidak lebih dari 3 pasang.

Setelah terlihat induk tidak aktif berkejaran, dan di akar enceng gondok atau daun hydrilla terlihat telur, maka induk segera diamankan ke tempat lain agar tidak mengganggu keselamatan keturunannya.

Perawatn selanjutnya dapat meniru perlakukan terhadap rainbow irian misalnya kapan dan berapa lama diberikan makan infusoria, dan makanan tambahan lainnya.

harga ikan rainbow irian
WorldWideFishandPets.com

jual ikan rainbow balon
rainbowfsh.info

Baca juga:
Demikian sobat sedikit berbagi tentang budiday ikan rainbow sulawesi celebes rainbofish ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar