February 2, 2017

Budidaya Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)

Budidaya Ikan Hias Mulut Api (Firemouth Cichlid) Infoikan.com Ikan mulut api masih termasuk ikan hias air tawar dalam famili cichlidae yang cukup banyak peminatanya. Maklum, selain warnanya memikat, ia juga memiliki daya tarik tersendiri. Ikan hias air tawar ini bisa juga dipelihara di akuarium, dan akan semakin lebih cantik dan indah.

Nama latin ikan hias mulut api ini adalah meeki genusnya tak lain untuk mengenang Seth Eugene Meek, yang memperkenalkan budidaya ikan hias akuarium pada toko ikan hias. Berikut cara budidaya ikan hias mulut api (firemouth Cichild)

Gambar Ikan mulut Api
aquariumtidings.com


Panduan Lengkap Budidaya Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Hias Mata Api (Firemouth Cichlild)
Ordo               : Percomorphoidei
Sub-Ordo       : Percoides
Famili              : Cichlidae
Genus            : Cichlasoma
Spesies          : Cichlasoma meeki (Erind)
Asal                 : Guatemala, Amerika Tengah
Nama Inggris  : Firemouth Cichlild
Nama Lain      : Meeki


Klasifikasi sistematika ikan mulut api
aquaticmag.com

Klasifikasi sitematika ikan mulut api
cichlid.com


Sifat-Sifat Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)   
di alam aslinya, ikan mulut api ini ditemukan pada perairan yang tergenang. Maka dari itu ia tidak kesulitan jika dikawinkan di tempat sempit, meski tanpa aliran sama sekali. Ini berarti pula meeki terbuka kesempatan dikembangkan di lokasi sempit.

Hanya saja ikan mulut api ini mempunyai sifat agak berangsangan. Dengan mengetahui sifat ini ada baiknya jika ia tidak dipelihara dengan ikan hias lain dalam satu akuarium yag ukurannya lebih kecil dari ikan ini. 

Sifat Ikan Mulut Api
youtbe.com

Sifat Ikan Mulut Api


Tempat Pemijahan Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)   
Tempat pemijahan budidaya ikan mulut api (Firemouth Cichlid) cukup akuarium berukuran 20 x 20 x 40 cm atau 30 x 30 x 60 cm. Sama dengan kerabatnya krisbensis, biasa kawin pada pot bunga. Untuk ini ada baiknya akuarium pemijahan dilengkapi dengan pot bunga yang ukurannya disesuaikan dengan akuarium.

Selain pot tadi, dasar akuarium juga harus dilengkapi dengan batu bata atau koraltek yang disusun secara rata. Terakhir, sisipkan air jernih, suhu 23 - 26,6 derajat C dengan pH 7 - 7,2. Khusus air ini diendapkan dulu selama minimal 24 jam sebelum digunakan.

Tempat Pemijahan Ikan Mulut Api
fishlore.com

Tempat pemijahan Ikan Mulut APi
Waterworld Aquatics Glasgow


Memilih Induk Budidaya Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)
Ikan mulut api memiliki ukuran maksimal 12,5 cm. Tetapi jangan kaget kalau ukuran 10 cm ia sudah dapat dikawinkan. maah bila dirawat sejak dengan makanan yang bergizi, pada ukuran 5 cm pun ia sudah bisa dijadikan induk dan siap dipijahkan.

Dalam memilih pasangan induk, carilah yang panjang tubuhnya maksimal, sehat dan gerakan gesit. Selain itu jangan membeli calon induk berkelamin sama. Artinya jangan sampai salah paham memilih pasangan induk. Jika sudah diseksi masih salah, bisa membedakan dengan besar-kecilnya ukuran tubuh.

Ikan Cichild
petsop-zoomania.com

Ikan Mulut Api
youtube.com


Pemijahan Budidaya Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)
Untuk melakukan budidaya ikan mulut api persiapan pemijahan sama dengan perawatan ikan badis-badis. Telur betina yang telah dibuahi akan ditempatkan induk pada tempat yang aman dan mereka jaga sampai menetas pada hari ke 3 atau 4.

Setelah menetas, 3 - 4 hari kemudian mereka sudah dapat berenang. Untuk perawatan benih-benih ini cukup diperlakukan seperti ikan hias badis-badis.

Gambar Budidaya Ikan Hias Mata Api (Firemouth Cichlild)
ikan hias mulut api

Gambar Ikan Hias Mata Api (Firemouth Cichlild)
v-fr.blogspot.com


Pembesaran Budidaya Ikan Mulut Api (Firemouth Cichlid)

tempat pembesaran benih budidaya ikan mulut api terutama benih, perlakukan juga sama dengan pembesaran ikan hias badis-badis yang telah dijelaskan dulu.    
Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan mulut api (firemouth cichlid) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita untuk perawatan jenis ikan hias berikutnya.