October 27, 2016

Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula

Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula infoikan.com Sebenarnya cara membuat kolam ikan koi ini semuanya sudah pada tau, dari desain kolam ikan minimalis yang ada. Akan tetapi yang menjadi kendalanya biasanya pada desain, sekaligus material atau bahan-bahannya apa yang harus di sediain semua. Untuk itu mari sama-sama kita bisa membahas lebih detail lagi cara mendesain kolam dan membuat kolam ikan. 

Cara Membuat Kolam Ikan
Ikan koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang keindahannya dapat sobat lihat dari atas. Yang tak lain karena warnanya terletak pada bagian punggungnya. Jadi sangat cocok dan baik jika sobat taruh pada wadah jenis kolam saja. Mengapa demikian? bukannya malah bagus jika dapat menghiasi aquarium.!! Jika pada aquarium, yang terlihat hanya dari sisi sampingnya saja.

Dari sini lah banyak sekali para penggemar Koi yang baru nyadar betapa pentingnya merawat Koi di Kolam hias, baik itu jenis kolam minimalis maupun jenis Kolam koi kecil sederhana. Cara membuat kolam Koi pun sangat cukup sederhana saja. Malah desain kolam ikan Koi juga bisa sobat rintis walaupun pada lahan yang sempit dan terbatas. Mau tau caranya Cara Membuat kolam Ikan Koi ? Yuk lanjut baca berikutnya. 
Baca juga: Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan

Desain Kolam Ikan Minimalis

Kedalaman Kolam Ikan, Cara Membuat kolam Ikan Koi Sederhana Untuk Pemula

Untuk pemula cara membuat kolam ikan koi yang ideal bisa menggali kedalamannya sekitar 50 cm atau setengah meter saja. baik Koi kecil maupun besar tetep akan masih bisa dilihat dari atas. Asalkan Keadaan airnya memang sangat jernih dan bening.
 
Untuk kedalaman kolam pada umunya harus menyesuaikan besar kecilnya Koi, jika dirasa dapat tumbuh besar, maka usahakan untuk membuat kolam yang agak dalam. Akan tetapi jika berukuran Koi kecil, kolam dangkal sudah bisa dipakai. 

Hal ini banyak sekali yang membuat kolam sangat dangkal, yaitu sekitar antara 30 - 50 cm saja. Padahal keadaan Koi tersebut masih bisa tumbuh besar, jadi jika kolam keadaan dangkal bisa dipastikan bisa juga akan menghambat pertumbuhannya. Memang kelebuhan kolam dangkal membuat sobat bisa melihat keindahan pada tubuhnya, akan tetapi harus bisa memikirkan akan kesehatannya juga.

Mau kolam dangkal ataupun dalam itu semua terserah sobat. Akan tetapi jangan pernah hiraukan yang satu ini yaitu pokok dasar kesehatan Koi dapat tumbuh besar serta sehat. Yang tak lain adalah masalah kejernihan dan kebersihan air. 
Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya
Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula

Kolam Ikan Koi Sederhana Minimalis Untuk Pemula
Diperuntukkan sobat pemula yang masih minim akan biaya dalam pembuatan kolam Ikan Koi, bisa membuatnya dengan cara sederhana. Baik cara membuat kolam di halaman sempit maupun lebar tetaplah sama. 


Kolam Ikan Koi

Jenis material yang paling banyak dipakai biasanya berupa batu bata, apalagi jika di sekeliling sobat masih terdapat batu yag nggak dipakai, dan seberkas plastik putih, merupakan kesempatan terbaik untuk bisa memulai membuat kolam Ikan Koi sederhana, dan sekaligus mengurangi biaya yang mahal.

Kelebihan lain membuat kolam Koi minimalis sederhana untuk pemula ini yaitu bisa buat nongkrong sambil menikmati secangkir kopi. Kan bisa lebih asyik dan bermesraan dengan udara segar. Dulunya cuma pengen ada kolam ikan di rumah biar pandangan pas lagi ngopi tidak monoton tanaman aja, apalagi kalau tidak ada angin, daunpun tidak bergerak.

Seperti gambar dibawah, dari dulu space kosong itu cuma seukuran pot beton kotak dengan ukuran yang disebutkan sebelumnya. Jenis jenis ikan yang ditampung cuma yangg berukuran kecil-kecil saja.
baca juga: Fakta Informasi Seputar Ikan Koi

Kolam Ikan Koi Sederhana Minimalis Untuk Pemula

Cara Membuat Kolam Ikan Koi
Agar Tidak Bocor Untuk Pemula
Setelah dirasa semuanya selesai, dari tumpukan batu bata tadi bisa sobat poles dengan adukan semen dan pasir secukupnya saja, yang terpenting jangan sampai meninggalkan sekecil apapun lubang bata tersebut seperti pada gambar kolam persegi diatas.


Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi Minimalis Untuk Pemula
Untuk mengurangi biaya pembuatan kolam ikan Koi, sobat bisa memanfaatkan barang bekas di rumah yang berbentuk bulat, persegi, ataupun yang lainnya pokoknya bisa menampung air. Untuk jenis filter kolam ikan Koi yang baik dan caranya, sobat bisa langsung saja lihat pada gambar dibawah saja ya..
BAca juga: Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal


Cara Membuat Kolam Ikan Koi
 
Pengen lihat jenis Filter yang unik lagi, jenis filter kolam ikan Koi buatan sendiri yang merupakan memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan mengeluarkan biaya mahal untuk membelinya. Cara membuat filter kolam ikan minimalis juga sangat-sangat mudah, semuanya bisa sobat miliki hanya dengan barang bekas secara gratis, kan punya sendiri..!!

Skema Filter Kolam Ikan Koi Untuk Pemula
Skema filter kolam ikan koi yang baik biasanya terdapat di sisi kolam dengan aliran air yang sedang-sedang saja, yang terpenting bisa aliran air tadi bisa kedengeran. Jangan lupa untuk mengatur juga masalah susunan filter kolam ikan yang bisa manambah keindahan tersendiri. Untuk lebih jelasnya bisa lihat langsung pada gambar di atas maupun dibawah ini.
Baca juga: Cara Termudah Memelihara dan Budidaya Ikan Koi Terlengkap

Kolam Ikan Koi
 

Desain Kolam Ikan Koi, Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula

Untuk bisa mendesain kolam ikan koi minimalis, sobat hanya perlu melihat pada sekitar rumah saja. Apakh terdapat jenis tanaman hias yang bisa menambah daya tarik untuk kesempurnaan Kolam Koi, jika ada pastikan untuk mendaur ulang dengan menaruhnya pada wadah jenis pot maupun langsung ditanam disamping kolam. Seperti yang tertera pada gambar dibawah 
 
cara Membuat Kolam Ikan Koi

Desain kolam Koi yang baik dan cantik akan membuat sobat makin betah dirumah saja. Itu merupakan tips cara membuat kolam ikan Kecil yang ada di lahan sempit. 

Desain Kolam Ikan Dihalaman Rumah
Masalah biaya itu sangat relatif, berapun habisnya biaya pembuatan kolam pastinya bisa di akali, yang terpenting sobat bisa menerapkan konsep inti yang sama, asalkan sobat bisa lebih kreatif, pasti perbandingan biaya bisa dibuat sangat murah dan hemat. 

Ilmu dasar dalam pembuatan kolam dihalaman rumah maupun pada tempat yang sempit, tak lain adalah gimana caranya membuat syistem aliran air yang berjalan seimbang serta sirkulasi keadaan airnya selalu bersih dan jernih.

Cara Membuat Kolam Ikan Dihalaman Rumah

Kolam Ikan Minimalis Batu Alam, Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula
Konsep pembuatan kolam yang terpenting adalah ikan dapat hidup dengan happy sehat. Baik itu hasil merakit membuat sendiri maupun hasil buatan orang lain. 


Cara membuat kolam ikan dari batu alam ini, sobat hanya perlu menyediakan semua bahan-bahannya saja. Selanjutnya suruh pekerja untuk mengerjakannya sesuai dengan desain yang telah di sediakan sebelumnya. Tentunya kalau dari batu alam, pasti akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Akan tetapi bisa membuat lingkungan sobat tambah asri dan nyaman.

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Rahasia Membuat Kolam Ikan Hias ini bisa sobat rasakan setelah semuanya selesai. Diantaranya Yaitu membuat ikan koi ini dapat tahan lama dalam hidup, lingkungan dalam keadaan terlihat indah, cantik, dan damai. 
Baca juga:Contoh 49 Gambar Kolam Ikan Hias Minimalis Terbaik

cara Membuat kolam ikan minimalis

desain kolam ikan minimalis

desain kolam ikan minimalis depan rumah

Cara Membuat Kolam Ikan Kecil

Jadi ketika bangun pagi-pagi dapat sobat nikmati ikan-ikan koi ini berenang kesana kemari. Untuk pemula biasanya akan merasa sedikit bingung dengan menyiapkan perlengkapan yang ada seperti, aksesoris, memilih ikan, cari-cari info, menjaga ikan agar tidak sakit, menyelamatkan ikan sakit agar tidak mati, jenis tanamannya dan lainnya. Memang semua hal itu lebih nikmat pada prosesnya daripada pada hasil akhir.


selamat mendesain kolam yang cantik dan menjaga koi agar tetap hidup dan happy :)


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita untuk jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.

Baca juga: 
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara 
-Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan