--> Skip to main content

Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh

Jenis Tanaman Aquascape, infoikan.com | jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh merupakan pelengkap yang sangat indah dan cantik, keberadaannya selalu menjadi sorotan untuk mempercantik jenis ikan hias air tawar yang kita rawat.  

Dalam hal ini sobat harus bisa memilih antara sekian banyaknya macam-macam tanaman hias yaitu pilih yang mudah tumbuh.

Macam jenis tanaman aquascape sebenarnya banyak di sekitar kita, akan tetapi kitanya sendiri yang kurang mengetahui nama-nama dari tanaman itu semua. 


Khususnya tanaman aquascape untuk pemula yang baru menyediakan peralatan aquarium. 

Jenis tanaman karpet aquascape juga sering kita jumpai saat tidak menyengaja bermain di halaman yang kita sendiri malah acuh tak acuh dan tidak fokus memperhatikannya. 


Mungkin karena banyak faktor serta ketidak pedulian terhadap tanaman-tanaman tadi. Sehingga ketika jauh hari sudah terlewatkan, timbul ingatan untuk mengambilnya.

Jenis Tanaman Aquascape


Jenis tanaman pohon untuk aquascape sendiri, jika sobat tidak ingin pengen repot-repot mencari tanaman ini di sungai atau sekitar lingkungan sobat, bisa langsung datang pada toko penjual jenis ikan hias di sekitar kota

Pasti banya yang menyediakan yang cantik-cantik serta indah.
 
Selain ikan hias, aquascape juga sangat cocok untuk berbagai jenis udang hias. 


Nah jika sahabat sudah menentukan ingin memelihara ikan hias atau udang hias untuk menghuni aquascape sahabat, sekarang saatnya sahabat memilih tanaman aquascape untuk pemula.

baca juga: Jenis dan Harga Ikan Guppy dari Tahun Ketahun

 
Tanaman - Tanaman Aquascape Tanpa Co2 Dan Bagus Untuk Pemula

Harga tanaman aquascape pada toko penjual tidaklah seberapa, akan tetapi manfaat yang di dapatkan dari memasang melengkapi aquarium mapun aquascape kita itu akan menambah kecantikan ikan hias kita serta tempat kita sendiri.  

Akan tetapi bukan hanya itu fungsi atau manfaat tanaman aquascape.

Penyeimbang lingkungan di sekitar wadah aquarium juga merupakan manfaat dan fungsi dari tanaman aquascape ini, yang mana agar jenis ikan hias ini dapat nyaman
baik untuk main petak umpet maupun tempat berlindung sang burayak ikan hias.

Layaknya tumbuhan yang tumbuh di darat yang mana membutuhkan Co2 untuk proses fotosintesis, tanaman aquascape juga demikian. 


Untuk itu diperlukan tabung co2 yang diletakan di dekat akuarium untuk menyuplai gas co2 pada tanaman aquascape tersebut.

Akan tetapi ada banyak dari jenis tanaman aquascape ini yang bisa hidup tanpa co2, dan inilah yang akan info ikan bagi informasinya pada sahabat semua.

Hanya saja tanaman aquascape untuk pemula yang hidup tanpa co2 ini tetap saja membutuhkan perawatan agar tetap hidup, seperti misalnya mengganti 30 % air setiap satu minggu sekali, bukan hanya itu sahabat juga harus menjaga suhu air tetap di bawah 30 derajat celcius.

Meletakan atau menentukan posisi setiap jenis tanaman aquascapae juga perlu diketahui bagi pemula, itu karena agar tanaman tumbuh dengan baik dan nilai estetikanya terlihat.

Sedangkan jenis tanaman aquascape ini pada dasarnya dibagi menjadi tiga bagian.
 

1. Foreground - Tanaman foreground merupakan tanaman depan atau tanaman yang ditanam dibagian depan dalam akuarium atau aquascape dan untuk tipe ini bagusnya adalah tanaman karpet.

2. Midground - Tanaman midground atau mididdle ground dalam dunia aquascapae berarti tanaman tengah ( tanaman yang ditanam dibagian tengah aquarium )


3. Background - Tanaman background merupakan tanaman belakang atau tanaman yang ditanam dibagian belakang dalam akuarium atau aquascape.

 
Inilah Jenis - Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Jenis Jenis Tanaman Aquascape  Foreground
Tanaman aquascape jenis ini biasanya berukuran kecil untuk daunnya, pertumbuhanya juga tidak dapat tumbuh besar akan tetapi berbentuk horisontal serta menyebar luas hingga memenuhi dasar akuarium. Contoh dari tanaman ini sebagai berikut:

1. Jenis Tanaman Hias Java Moss
 

Tanaman aquascape ini biasanya di tempatkan pada dasaran aquarium maupun aquascape. 

yang mana tidak membutuhkan keahlihan yang khusus untuk pemasangannya, serta sangat mudah dalam perawatannya baik itu tambahan pencahayaan maupun suhu pada air.

jenis Tanaman Aquascape mudah tumbuh
petanidota.blogspot.com


Umumnya jenis tanaman hias java moss ini sangat cocok dengan jenis pencahayaan apapun karena hidupnya sangat toleran dengan keadaan


Kelebihan dari jenis tanaman ini yaitu dapat bertahan dengan suhu dari 21 derajat selsius hingga mencapai 32 derajat selsius. Akan tetapi yang paling ideal dalam merawat tanaman aquascape java moss ini suhunya berkisar pada 21 hingga 24 derajat celcius.

Warnanya yang hijau terang yang menghampar di dasar akuarium akan semakin indah dengan adanya burayak - burayak ikan hias yang bersembunyi untuk berlindung dan mencari makan. 


Juga java moss ini sangat cocok jika dipasangkan pada kayu apung maupun batu.

2. Jenis Tanaman Aquascape Hemianthus Callitrichoides



Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh


Jenis Tanaman Aquascape ini populer dengan sebutan Dwarf Baby Tears serta sangat cocok untuk dijadikan jenis tanaman karpet aquascape


Selain perawatanya yang mudah, tanaman ini cepat tumbuh dengan lebat memenuhi dasar akuarium. 
Karena sifat dari tanaman ini tumbuh dengan mengikuti arah cahaya, Sobat harus tetap memberi cahaya pada tanaman ini, jika tidak
Dwarf Baby Tears akan tumbuh berantakan ( ke atas dan tidak lagi mengahampar di dasar akuarium ).

Sedangkan untuk suhu dalam merawat tanaman aquascape dwarf baby tears ini idealnya yaitu isaran antara 22 sampai 23 derajat cecius.

3. Jenis Tanaman Aquascape Hygrophila Difformis ( Water Wisteria )


baca juga: Jenis Ikan hias Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium

Jenis Tanaman Karpet aquascape dasar selanjutnya adalah water wisteria. 


Untuk merawatan water wisteria ini cahaya yang diperlukan adalah pencahayaan sedang, sedangkan suhunya kisaran antara 23 hingga 28 derajat celcius. 

Water Wisteria adalah tanaman aquascape yang mampu tumbuh dengan cepat.

4. Jenis Tanaman Aquascape Lilaeopsis




Jenis Tanaman Aquascape Lilaeopsis ini sangat cocok jika diperuntukkan untuk dasaran aquarium sobat

Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh, hanya saja sahabat perlu meluangkan waktu sejenak untuk memangkas Lilaeopsis ini bilamana sudah terlihat meyerang tanaman aquascape lainya. Jangan sampai mencampurkan jenis tanaman hias lain dalam satu aquascape.

Selain itu usahakan sahabat atur suhu air di titik 23 hingga 29 derajat celcius. Pencahayaan sedang juga dianjurkan dalam merawat tanman Lilaeopsis ini.

Tanman ini tumbuh hingga 5 cm, dan hampir serupa dengan gulma atau rumput liar yang sering kita lihat disekitar kita.

5. Jenis Tanaman Aquascape Echinodorus Tenellus


baca juga : Cara Praktis Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan

Tanaman aquascape karpet ( Foreground ) yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh selanjutnya adalah Echinodorus Tenellus. 

Tanaman ini juga tumbuh dengan cepat, tentunya dengan pencahayaan yang baik dan usahakan untuk ideal dalam penerangan ini.

Echinodorus Tenellus mirip dengan Eleocharis parvula (atau dikenal sebagai 'hairgrass'), jika sobat mau menelaah lebih tanaman air ini pasti akan sedikit terbilang sangat elegal, yang artinya terlihat lebih kasar serta liar adanya apalagi dalam aquarium. Akan tetapi kelebihan dari tanaman ini terlihat menarik dan berbeda dari jenis tanaman hias lainnya.

Kecepatan tumbuh Echinodorus Tenellus akan menjadikan tanaman karpet yang tebal dan padat dan cepat menyebar di dasar akuarium. 


Tumbuh kembangnya akan lebih optimal jika CO2 digunakan dalam akuarium.

6. Jenis Tanaman Aquascape Marsilea Minuta




Jenis Tanaman Aquascape Marsilea minuta merupakan jenis tanaman hias yang banyak sekali kita temukan pada lingkungan sekitar kita.
 

Marsilea minuta adalah masih anggota dari keluarga pakis dan sering disebut semanggi air sebagai kurcaci, Marsilea minuta menyebar dan Cepat Tumbuh.

Marsilea minuta mudah untuk ditanam, dipelihara dan dirawat, dan cocok banget untuk pemula aquascaper. Marsilea minuta tumbuh dengan baik di kerikil atau pasir-jenis tanah yang kaya nutrisi.

Untuk sobat yang pengen menanamnya usahakan untuk kedalaman substrat minimal 1 sampai 2 inci yang bermanfaat akan memberikan dasar yang baik bagi akar tanaman ini.

Meskipun marsilea minuta mudah tumbuh, Mudah Perawatannya, akan tetapi pemberian pupuk substrat yang berkualitas tinggi dianjurkan untuk memberikan gizi yang diperlukan. 


Walaupun demikian tanpa pupuk juga dapat cepat tumbuh.

7. Jenis Tanaman Aquascape Hairgrass


Harga tanaman aquascape


Bisa dibilang hampir semua aquascapers mengenal dan menanam Hairgrass pada aquascapenya. 


Itu karena tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat, lebat dan menjadikan akuarium tampil dengna bersih.

Menanam Hairgrass, walaupun sahabat masih pemula dengan perawatan yang optimal akan terlihat seperti aquascaper yang profesional atau berpengalaman.

8. Jenis Tanaman Aquascape Dwarf Sagittaria




Dwarf Sagittaria juga sangat pas buat aquascaper pemula, perawatanya yang mudah baik dari kualitas air maupun lampu. 


Biarpun begitu kondisi air yang ideal untuk merawat Dawarf Sagittaria ini adalah suhu 22-28 ºC dan ph 6,5-7,5.

Penambahan CO2 sebenarnya dianjurkan, walaupun tanpan CO2 juga tumbuh dengan baik, hanya saja jika akuarium sahabat tidak dilengkapi dengan suplai CO2, pencahayaannya harus ditambah agar tanaman ini tumbuh dengan baik.

Ukuran tinggi maksimum Dwarf Sagittaria 12 Inci (30,5 cm), yang perlu sahabat perhatikan dalam merawat tanaman ini adalah kadar zat besi. 


Karena Dwarf Sagittaria sangat sensitif dengan rendahnya zat besi. 

Dan setiap menguningnya daun tanaman ini berarti kekurangan zat besi. Yang artinya sahabat musti memberi pupuk.

Jenis Tanaman Aquascapae Untuk Middle ground Dan Background

 
1. Jenis Tanaman Aquascape Amazon Sword




Amazon Sword merupakan tanaman aquascape yang populer, dan banyak tersedia di toko - toko ikan hias atau hewan peliharaan. 


Jadi sahabat tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkanya.

Yang perlu sahabat ketahui, tanaman Amazon Sword ini banyak jenisnya dan biasanya para penjual akan menyebutnya dengan nama yang sama. Seperti misalnya Echinodorus bleheri yang memiliki daun lebar, Echinodorus amazonicus memiliki daun sempit.

Selain itu sahabat juga harus memilih tanaman Amazon Sword yang daunya hijau panjang dan sehat, pastikan juga daun tidak berlubang, retak maupun bintik - bintik coklat. Periksa juga akarnya dan pastikan memiliki struktur yang kuat dan sehat.

Cara merawat Amazon Sword juga cukup mudah. Amazon Sword akan membuat akuarium sahabat tampak seperti hutan karena daun dari tanaman ini. Hutan akuarium akan semakin menarik dengan latar belakang warna hitam.

Lebatnya tanaman Amazon ini juga sangat sesuai untuk menyembunyikan tabung filter, daya atau pemanas akuarium.

Untuk jenis ikan yang harus di hidari ketika akuarium sahabat ada tanaman amazon ini antara lain, ikan oscar, ikan sapu sapu, ikan dari jenis cichlid seperti Jack Dempsey, Texas Cichlids atau roughens.

Merawat ikan koki di aquascape atau akuarium yang ada tanaman amazon ini juga tidak dianjurkan, karena ikan koki juga cenderung memakan tanaman ini.

2. Jenis Tanaman Aquascape African Water Fern ( Bolbitis )



African Water Fern juga sangat cocok untuk aquascaper pemula, karena perawatanya yang mudah dan mudah tumbuh dengan sendirinya secara alami yang akhirnya akan menghiasi aquascape hingga bertahun - tahun.

Untuk mulai menamam dan merawat tanman African Water Fern ini mula mula sahabat lepaskan tanaman dari pot pembibitan lalu bersihkan rimpangnya. 


Ikatkan (bungkus) rimpang African Water Fern pada media batu atau sepotong kayu. Dan seiring waktu tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya.

Tanaman African Water Fern sebenarnya tanpa dipupuk sekalipun bisa tumbuh subur, akan tetapi untuk memaksimalkan laju pertumbuhan pada awal awal sobat menanamnya usahakan untuk dipupuk dengan pupuk cair yang seimbang sekali per minggu dan infus air dengan CO2.

Untuk suhu Tanaman African Water Fern idealnya antara 68 dan 80 derajat Fahrenheit / 20 hingga 26 derajat Celcius. 


Sedangkan untuk cahaya sebaiknya yang tidak begitu terang.

3. Jenis Tanaman Aquascape Java Fern (Microsorum pteropus)



Java Fern salah satu tanaman untuk aquascape yang mudah untuk dirawat. 


Ada banyak pilihan jenis dari tanaman ini yang bisa sahabat pilih sedangkan yang paling umum tersedia di toko toko ikan hias adalah daun sempit, daun jarum, yang windelov dan daun tombak.

Yang membuat Java Fern ini begitu menarik bagi aquascaper adalah sifatnya yang Cepat Tumbuh, biasanya akan tumbuh seperti rumput liar dan tersebar di akuarium.

Java fern bisa ditanam hampir di mana saja di akuarium dan dapat ditempatkan pada kayu apung, batu atau langsung ke gravel (tapi pastikan untuk tidak mengubur dalam substrat). Ketika menempatkannya di kayu apung atau batu, akar harus terpasang dan diikat dengan benar.

Sedangkan untuk pencahayaan, tanaman java fern ini membutuhkan cahaya yang lembut atau tidak terang. 


Ketika tanaman ini diberi cahaya yang terlalu terang daun akan berubah menjadi coklat dan transparan. 

Ketika itu terjadi segera kurangi terangnya cahaya hingga benar benar pulih.

Untuk suhu air, tanaman java fern ini membutukan sekitar 22 - 27 derajat celcius. Dan ph 6 - 8.

4. Jenis Tanaman Aquascape Green Tiger Lotus






Green Tiger Lotus adalah tanaman aquascape asli dari afrika, sahabat akan terkesan dengan kecantikan tanaman ini. 


Daunya yang hijau brilian dengan corak bintik bintik akan membuat akuarium sahabat menjadi hutan Green Tiger Lotus yang indah.

Untuk cahaya Green Tiger Lotus membutuhkan cahaya menengah dengan ph 5 - 8. Dan tanaman ini termasuk untuk aquascape latar belakang.

5. Jenis Tanaman Aquascape Anubias Nana



Tanaman yang satu ini juga cocok banget buat pemula aquascape. Anubias Nana merupakan salah satu dari jenis tanaman aquascape yang paling populer. 


Anubias Nana bisa tumbuh hingga 8 inci, warna daunya hijau gelap yang indah.

Dan biasanya memiliki garis diagonal berjalan dari pusat vena ke perimeter daun. Selain itu bentuk daun dari Anubias Nana biasanya menunjuk bulat telur.

Anubias Nana bisa bertahan hidup pada air yang bersuhu antara 22 hingga 28 derajat celcius. Dan dengan ph 6,0-7,5.

Jika sahabat ingin menanam Anubias Nana ini, bisa dilakukan dari rimpang dan akar yang diikat pada bebatuan ataupun kayu apung tentunya dengan hati hati. Anubias Nana juga tumbuh dengan baik bila ditanam di kerikil.

Anubias Nana tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik walau tanpa suplai CO2 maupun dengan CO2. 


Hanya saja Anubias Nana ini pertumbuhanya tidak secepat tanaman aquascape yang lainya.

6. Jenis Tanaman Aquascape Cryptocoryne Beckettii 





Cryptocoryne Becketti adalah tanaman yang indah dan terkesan padat untuk setiap tipe aquarium atau aquascape. 


Keindahanya terlihat dari daunya yang berwarna hijau dan agak coklat, dengan bentuk daun panjang, mengurucut pada ujungnya dan tidak begitu bergelombang.

Demikianlah informasi mengenai jenis tanaman aquascape ini, semoga bermanfaat untuk wawasan serta pengetahuan sobat dalam memilih jenis tanaman air ini untuk aquarium sobat semua.


baca juga:
-Ikan Hias Terbesar dan Terpopuler
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar