--> Skip to main content

Ikan Toman dan Umpan Memancingnya

Ikan Toman (Channa micropeltes), infoikan.com - Ikan toman merupakan jenis ikan predator air tawar yang sangat cocok untuk aquarium juga. 

Ikan ini terkenal dengan benruk tubuhnya yang seperti terpedo. 

Disamping itu dengan adanya warnanya yang sangat cantik membuat ikan toman ini banyak dicari orang untuk dipelihara maupun di jual belikan dengan harga ikan toman yang sangat spesial sekali.

Ikan toman ini masih termasuk juga jenis ikan karnivora atau predator yang mana Ikan toman merupakan ikan air tawar tebesar dalam sukunya (gabus ~> channidae). 


Ikan Toman
www.talkaboutfish.com

Ikan Toman

Berikut adalah klasifikasinya:

Kerajaan   : Animalia
Filum        : Chordata
Kelas        : Actinopterygii
Ordo         : Perciformes
Famili        : Channidae
Genus       : Channa
Spesies     : C. micropeltes



Ikan Toman - Makanan


Makanan ikan toman sangatlah mudah untuk di dapatkan yang mana seperti layaknya ikan gabus yang juga mempunyai sifat agresif. 


Untuk makanan ikan toman sendiri bisa sobat sediakan seperti, serangga, kodok kecil, dan jenis ikan kecil-kecil serta serangga

Ikan Toman - Umpan Ikan Toman


Umpan mancing ikan toman sendiri biasanya dan pada umumnya banyak menggunakan kodok kecil serta itu merupakan umpan paling jitu ikan toman ini. 

Jika sobat ingin memancing ikan toman ini, tips jitunya adalah saat ikan toman ini sedang mengasuh atau memelihara anaknya karena hewan apapun jika ada anaknya di ganggu, maka akan timbul sifat ke agresifan tadi.

teampacat.blogspot. com
Ikan toman makan orang ? inilah yang sering dibicarakan banyak orang, karena tadi, jika ikan toman bersama anaknya maka sifat agresif tadi akan muncul serta melindungi ankanya yang kecil tadi. 

Akan tetapi untuk orang banjar melihat peluang yang sangat baik sekali ketika melihat perilaku ikan toman yang sangat agresif ketika menjaga anak - anaknya ini.

Pasalanya mereka memancing ikan toman dan ikan gabus dengan cara menggunakan belibis yang diikat sebagai pengganggu agar induk mendekat, lalu diumpan dengan daging kodok.

Ikan toman juga termasuk ikan predator air tawar yang unik, seperti juga ikan cupang yaitu karena selain insang toman juga punya paru-paru primitif yang menjadikanya mampu bertahan pada kondisai air yang minim kadar oksigenya, bahkan mereka bisa melakukan perjalanan pendek di lumpur.

Banyak yang menyebutkan kalau ikan toman ini isebut dengan snakehead, yang mana karena kepala ikan toman mirip dengan ular sanca. 


Rahangnya yang kuat serta gigi-gigi ikan toman yang tajam merupakan senjata yang sangat ampuh sebagai ikan predator.

Ikan Toman - Harga Ikan Toman Di Pasaran Ikan Hias Maupun Ikan Konsumsi


Budidaya Ikan toman sendiri sangatlah mudah, ikan toman hias berbeda dengan ikan toman konsumsi soal harganya. 


Sebagai ikan hias, toman biasanya dijual pada saat masih kecil. 

Karena pada usia kecil toman warnanya sangat cantik, yakni tubuhnya berwarna kekuningan dan memiliki garis berwarna merah dibagian tengahnya.

Admin juga pernah melihat ada yang jual ikan toman di fb untuk ukuran 30 cm aja 100 rb.

Sedangkan ikan toman yang yang dikonsumsi harganya cukup mahal, utuk 1 kg nya saja bisa mencapai 60 rb. 


Mahalnya ikan toman ini disebabkan kerena ikan toman memiliki manfaat yang luar biasa, ya'ni membantu proses penyembuhan penyakit.

Manfaat ikan gabus toman ini dikarenakan adanya kandungan albumin yang ada didalamnya, bahkan admin pernah menengok iklan di olx, harga ikan gabus toman yang masih hidup per kg bisa mencapai 80 rb.

Mahalnya harga jual ikan toman menjadikan banyak juga dari para breder ikan untuk mencoba meraup keuntungan dengan budidaya ikan toman.

Ikan Toman - Manfaat Ikan Gabus Toman Dan Kerugianya


Selain mempunyai kandungan albumin yang sangat bermanfaat untuk menyebuhkan penyakit, ikan toman juga sangat bermanfaat bagi para petani yang padinya di makan keong emas.

Hama keong emas biasanya menyebabkan para petani gagal panen, akan tetapi jika para petani mau mengembangbiakan ikan toman di sawahnya sebenarnya akan sangat membantu mengurangi populasi keong emas tersebut.

Ikan toman juga menjadi mata pencaharian bagi warga Sumatra dan Kalimantan. 


Pasalnya ikan toman yang ditangkap oleh mereka baik dari rawa-rawa, sungai, ataupun danau dijadikan ikan asin yang di jual ke pulau lain, seperti jawa dan yang lainya.

id.wikipedia.org

Baca juga:
Ini Dia Tips Cara Budidaya Ikan Toman Serta Umpan Yang Sangat Disukainya

Akan tetapi jika ikan toman ini masuk di kolam para petani ikan malah berbahaya dan merugikan, karena sebagai ikan predator yang memangsa ikan kecil, ikan toman bisa saja memangsa semua ikan yang ada di kolam.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Toman dan Umpan Memancingnya ini. semoga bermanfaat untuk sobat semua terutama saat memancing di kolam besar maupun di sungai-sungai terdekat.


referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Toman
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar