October 25, 2016

Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan

Cara membuat kolam ikan infoikan.com Cara membuat kolam ikan yang benar dan bagus seharusnya bisa di contohkan oleh semua para petani. Akan tetapi dari beberapa fakta yang ada justru malah sebaliknya. Malah banyak para petani tersebut membuat kolam ikan secara asal asalan.
Kolam Ikan Hias
nuno bloger
Boleh saja seseorang berkreatifitas sesuai dengan kemampuannya, disamping itu produktifitas budidaya ikan juga akan berkurang. Dan dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya serta kualitas ikan tidak maksimal.

Mereka berpendapat kalau sebenarnya faktor pembuatan kolam tersebut tidaklah sepenting benih, air dan pakan ikan. Ini salah satu pemikiran yang kurang maksimal untuk keberhasilan budidaya ikan. Seharusnya Kolam yang kita buat harus benar benar di desain dengan baik, karena Kolam tersebut merupakan tempat ikan ikan, dan salah satu yang menentukan baik buruknya kondisi ikan selama pemeliharaan.

Dalam pembuatan kolam ikan , hal dasar yang harus sobat perhatikan yaitu masalah dengan Tata Letak Kolam, Jenis Tanah, Kontur Lahan, Irigasi, Penggalian, Pembuatan Tanggul serta sampai Sirkulasi Air. Tidak memandang lebar kecil ukuran lahan, baik depan rumah, belakang rumah, maupun dalam rumah, yang mana sekarang ini zamannya Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis yang lebih unik dan sederhana. 


Berikut merupakan hal yang haru sobat perhatikan sebelum pembuatan kolam ikan berjalan, dan sesudah mendesain kolam ikan dengan baik. 


Baca juga: Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Cara Membuat Kolam Ikan
www.desainic.com

Meminimalisir Langkah-Langkah Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan

Menganalisis Jenis Tanah Membuat Kolam Ikan
Jika pada daerah sobat terdapat jenis tanah yang liat dan berpasir, itu sangat baik dan bagus, karena memudahkan sobat dalam pembuatan tanggul, serta kedap terhadap air dengan teksturnya yang solid. 


Cara Membuat Kolam Ikan

Dengan cara mengambil segenggam tanah kasih sedikit air, kemudian dikepalkan, ketika dibuka terdapat sedikit pasir, maka bisa dipastikan hal tersebut berupa tanah liat berpasir. Sebaliknya, jika terdapat banyak pasir, berarti jenis tanah gembur. Bila tanah yang tersedia terlalu gembur, perlu usaha ekstra agar berfungsi dengan baik. Misalnya dinding kolam diberi lapisan semen atau batu bata. Cara ini efektif mencegah kebocoran, namun biaya kontruksinya jauh lebih mahal.

Kontur Lahan dalam Membuat Kolam Ikan
Ini menyangkut keadaan lahan yang ada di daerah sobat. Kontur lahan ini yang menentukan mudahnya pengaturan pola aliran air lebih mudah. Apakah berjenis lahan mering ataukah datar, yang penting memudahkan dalam pembuatan tanggul serta aliran air yang lancar.

Baca juga: 40 Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya

Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan

Tata Letak Membuat Kolam Ikan
Untuk Bagi pemula, dalam pembuatan kolam lebih baik berjumlah satu kolam saja, karena untuk mempermudah mengalirkan airnya. Serta masalah biaya kontruksi akan lebih hemat. Berbeda jika dalam pembuatan kolam terdiri dari beberapa kotak, maka bisa dipastikan akan menambah biaya kontruksi serta membuat lika liku jalannya air ke kolam tersebut.

Jika hanya terdiri satu kolam, sobat bisa menggunakan Syistem pengairan seri yang mana dalam saluran irigasinya tidaka membututhkan banyak area, serta simpel dalam membuatnya. Yang lebih unik lagi biaya untuk mengurus itu semua pun lebih murah, serta biaya kontruksi pemeliharaannya juga dapat di hemat. 


Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan

Membuat Tanggul Kolam Ikan
Yang namanya tanggul dimanapun berada berfungsi untuk menahan air supaya tidak keluar area, serta sebagai pembatas kolam ikan. 


Kriteria Tanggul Kolam Ikan yang Baik Antara Lain:
  • Kedap terhadap air (tidak rembes)
  • Kuat dalam menahan beban air dari dalam kolam
  • Tidak mudah erosi
  • Serta tidak mudah bocor

Maka untuk hal ini sobat haru bisa memilih jenis tanah yang akan dibuat tanggul tersebut, beberapa jenis tanah yang bisa sobat pakai antara lain: Tanah liat berpasir, dan tanah liat yang gembur.

Untuk jenis tanah liat berpasir, tanggul bisa dibuat hanya dengan tanah. Tetapi untuk jenis tanah yang gembur dan mudah erosi diperlukan tanggul dari batu atau tembok.

Cara Membuat Kolam Ikan Hias Minimalis 

Untuk jenis kolam minimais biasanya harus mencari desain yang bagus, mulai dari penyiapan material, pelengkap kolam, dan tentunya harus berani mengeluarkan biaya yang cukup besar. 

Caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas, tinggal sobat menentuka lahan yang pas saja, baik itu membuat kolam di depan rumah, membuat kolam di dalam rumah, ataupun di belakang rumah. 
Baca juga: Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh

Cara Membuat Kolam Ikan Hias Minimalis

Cara Membuat Kolam Ikan dari Beton
Biaya pembuatan kolam dari beton tidaklah sedikit, kecuali sobat bisa lebih berkreatif, yaitu dengan menggali sedikit dalam kemudian di plester dengan semen, baik dalamnya, maupun samping buat temboknya. Kalau yang atasnya sobat cukup kasih tumpukan bebatuan aja biar kelihatan alami. Baik itu kolam untuk gurame, Ikan Lele, Maupun Ikan Nila.
Cara Lengkap Membuat Kolam Hias
Kolam Ikan Minimalis
Cara Membuat Kolam Ikan Kecil
Dalam pembuatan kolam kecil yang paling penting yaitu meliputi pemilihan lokasi, bentuk kolam, ukuran proporsional, batu alam dan tanaman hias, saluran air. Cara membuat kolam agar tidak bocor, harus membuat adukan semen yang lebih banyak dari membuat kolam minimalis sederhana.
Baca juga: Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah untuk Pemula

Cara membuat kolam ikan
Bagaimana Cara Membuat Kolam Ikan
Cara Membuat Kolam Ikan Koi yang Benar
Dalam pembuatan kolam ikan koi yang benar, tahap awal sobat bisa baca langkah dasar di atas, kemudian hanya perlu menambahkan dan mengatur saluran air yang lebih unik, serta jangan lupa untuk menambahkan jenis tanaman hias aquascape atau yang lebih besar.

Cara membuat filter kolam koi diantaranya harus agak dalam yaitu sekitar 30 - 50 cm, yang tergantung dengan jumlah ikan koi yang akan dipelihara. semakin banyak maka kolam ikan harus agak lebih besar dan lebar.
Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan
Majalah Griya Asri kolam koi
Oksigen yang cukup membuat ikan koi menjadi sehat. Dalam pembuatan tak luput dari Lokasi Kolam Koi, Membuat Kolam Koi lebih baik di Bawah tanah, dengan cara menggali tanah, Sistem Filter Kolam Koi Yang baik , Harga Filter Ikan Koi sperti Nexus Easy Pod, Filter Untuk Kolam Mini lumayan murah untuk dijangkau.

Untuk susunan filter kolam koi sendiri tergantung jenis filter yang digunakan, untuk membuat filter koi juga menyesuaikan dengan besar kecilnya kolam yang sobat buat juga. Semua tergantung ukuran desain yang sudah terjadi. Tinggal sobat menerapkan sesuai dengan kondisi lahan tanah yang ada.

Cara Membuat Kolam Ikan Nila
Semua dasar pembuatan kolam ikan sobat bisa melanjutkan ulasan di atas, untuk caranya hampir sama. Sobat tingga mengembangkan sendiri menurut desain yang sobat sediakan. Dimana ada biaya pasti mudah dalam pengurusan serta pembuatannya.
Baca juga: Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquascape 29 yang Populer dan Terlengkap

Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan

Biasanya dalam pembuatan kolam ikan nila meliputi jumlah ikan yang akan dipelihara maupun budidaya ikan nila. Cuma mungkin cara dari orang berbeda. Ada yang ingin membuat kolam ikan nila di rumah, kolam ikan nila di rumah, cara memelihara ikan nila di kolam beton, ukuran kolam ikan nila 1000 ekor, cara memelihara ikan nila supaya cepat besar, contoh kolam ikan nila, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan nila di kolam air tenang, cara ternak ikan nila di kolam tanah.

Mungkin lain kali akan dibahas secara detai untuk bisa membuat tutorial langkah langkah membuat kolam ikan ini. 

Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan Koi, Kolam Sederhana, Kolam Nila, Kolam Gurame, dan Kolam Lele

Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana
Untuk cara membuat kolam ikan sederhana, sobat bisa melihat ukuran lahan yang ada disebelah rumh, depan rumah, maupun belakang rumah, serta ada juga yang berada di dalam rumah. Semua tergantung selara menghiasi rumah jadi indah dan cantik.

Cara Membuat Kolam Ikan
Desain Fotografi Inspirasi membuat kolam ikan
Dalam membuat kolam ikan sederhana yang murah akan biaya biasanya untuk bahannya menggunakan bata, kemudian plastik, semen dan pasir untuk memperkokoh agar kolam tidak bocor. Untuk ukuran terserah sobat, yang tentunya menyesuaiakn dengan jumlah ikan yang akan dipelihara.

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis
Untuk membuat jenis kolam ikan minimalis biasanya hanya memerlukan lahan yang sempit serta biayanya juga tidak terlalu banyak. Untuk bahan pembuatan kolam minimalis bisa pakai material yang sederhana, akan tetapi di desain seindah dan secantik mungkin. Yang paling banyak biasanya juga buat kolam ikan sederhana di depan rumah.
Baca juga: Ikan Purba, Belut Dinasaurus dan Juga Jenis Ikan Hias Predator

Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan
novawonder.blogspot.com
Berbeda lagi jika sobat ingin mencari cara membuat kolam ikan hias minimalis, yang memang harus menyediakan batu alam, cara membuatnya juga dari beton, serta polesan semen yang lumayan halus. Serta hiasan air mancur dan jenis tanaman aquascape lainnya. Racikan penyediaan semen tersebut memungkinkan agar dalam membuat kolam hias tidak bocor.

Rahasia Membuat Kolam Ikan Hias
Rahasia sederhana cara membuat kolam ikan hias, biasanya jika sobat banyak uang pasti tinggal pesen desain kolam depan rumah yang mungil kecil cantik, Akan tetapi bagi sobat yang pengen berkreatif, tentunya harus bisa mencari referensi kemudian menyediakan bahan ala kadarnya. Serta dapat membuatnya sendiri.
Baca juga: Rainbow Fish Aquarium
Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan Hias
Desain Rumah Sederhana, interior minimalis, rumah minimalis
Tahap awal untuk membuat kolam ikan hias adalah menyediakan lahan yang baik. Sobat bisa menunjuk lokasi yang paling ideal dengan interior hunian, yaitu yang bisa terlihat serta gemericik airnya
 terdengar dari dalam rumah.

Langkah keduanya sobat bisa memilih metode penyedia materialnya. Jika dasaran kolam dibuat dari bahan beton, itu sangat bagus, akan tetapi harus mengetahui dulu cara mencampurkan adonan yang tepat dan benar, karena jika salah dalam ha ini, maka bisa dipastikan akan mudah retak sampai terjagi pecah-pecah.

Jangan sampai terlalu dalam, hal ini untuk mengantisipasi saat hujan, yang mana ikan hias sobat dapat keuar. Jangan lupa untuk memikirkan
jenis predator lainnya, seperti kucing yang suka akan ikan.

Jika lokasi lahan sobat tersedia kira kira 2x3 meter, dirasa cukup untuk membuat kolam ikan. Aspek yang dasar sobat harus menempatkan yang dekat dengan air. Usahakan untuk membuat pembuangan air yang berada pada dasar kolam. Ini cara yang ideal untuk membersihkan kolam sobat daro kotoran.

Bahan pembuat kolam sebaiknya semen atau batu yang padat sehingga mudah dibersihkan dan terkena sinar matahari secara langsung. Aspek-aspek tersebut sangat diperlukan agar kebersihan kolam ikan tetap terjaga dan tidak menciptakan kelembaban yang berlebihan di sekitar kolam.

Untuk bisa membuat kolam ikan hias minimalis maupun membuat kolam yang sederhana, tak selalu membutuhkan dana yang besar dan mahal. Jika sobat punya uang lebih, dengan dana 1 juta saja sudah mencukupi untuk membuat kolam yang sederhana, serta sudah bisa memiliki kolam dengan konsep standar.

Demikian sobat sedikit ulasan Cara Lengkap Membuat Kolam Ikan ini, somega bermanfaat dan dapat menambahkan kita wawasan serta pengetahuan akan pemeliharaan dan pembuatan kolam pada masa yang akan datang.

Baca juga:
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
-Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya