October 14, 2016

Rainbow Fish Aquarium

Rainbow Fish Aquarium, infoikan.com | Rainbow Fish Aquarium merupakan jenis ikan hias air tawar yang sekarang banyak sekali dicari dan diburu oleh pecinta ikan hias seluruh dunia. Pasalnya sangat menguntungkan untuk dijadikan bisnis ikan hias, dari mulai budidaya sampai memelihara yang terlebih mudahnya dalam perawatannya.

Jenis ikan rainbow fish, rainbow fish aquascape sendiri banyak sekali yang bisa sobat ketahui dan jadikan koleksi buat hiasan aquarium serta mempercantik ruangan tamu sobat. Berikut merupakan daftar semua jenis ikan hias air tawar Rainbow Fish Aquarium yang bisa sobat intip:

Jenis dan Harga Ikan Rainbow Fish Aquarium

Klasifikasi ikan rainbow fih ini sudah banyak sekali yang memberikan ulasan pada artikel yang sudah lewat. Kali ini kita akan fokus pada semua jenisnya saja. Agar mudah untuk diketahui dan menjadikan kita semakin kaya akan pengetahuan khususnya semua jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara ini. 
 
1. Rainbow Merah (Glossolepis incisus weber)

Rainbow Fish Aquarium

Rainbow merah ini merupakan jenis ikan yang sangat langka dan unik, karena memiliki sebutan Kaskado yang artinya penyakit jamur yang berwarna keputihan. Daerah asalnya banyak ditemukan di Papua yaitu tepatnya di danau Sentani.
 

Red Rainbow fish adalah nama ikan ini, yang dapat ditandai dengan memiliki tanda pada bagian tubuhnya yang berbentuk pipih, mempunyai sirip pada bagian punggung yang ganda, untuk ikan jantan panjang tubuhnya bisa mencapai hingga 12 cm. sedangkan ikan betina dewasa sekitar 10 cm (diukur dari ujung mulut hingga ujung ekor). 

Perbedaan indukan jantan dan betina ikan rainbow ini terletak pada warnanya, ikan jantan berwarna terang (merah bata) sedangkan ikan betin berwarna lebih pucat. Terdapat warna keperakkan di kedua sisi bagian tengah tubuhnya. Penampilan ikan rainbow merah akan tampak lebih indah saat menjelang masa pemijahan. Baca juga..Jenis-Jenis Ikan Rainbow Tebaik dan harga Rainbow Fish Termahal

Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfisn Terlucu 
2. Ikan Rainbow Balon

Rainbow fish aquarium

Ikan Rainbow balloon adalah jenis ikan rainbow yang dapat ditandai dengan memiliki ciri-ciri pada bagian tubuhnya yang berbentuk pendek dan terlihat membulat. bentuk badan lebih pendek dan terkesan membulat. Yang membuat unik ikan rainbow balloo yaitu ketika sedang berenang yang terlihat seperti kesusahan membawa tubuhnya yang pendek besar seperti ikan mas koki. 


Beberapa jenis ikan rainbow sendiri jika dikelompokkan berdasarkan warnanya bisa seperti Misalnya Red rainbow ballon, Rainbow Lacustris ballon dan Rainbow Bosmani ballon.

Ikan Hias Air Tawar Jenis Rainbow fish Terlaris


3. Rainbow bosmani (Boesemans rainbow fish)

Jenis iakn Rainbow aquarium

Nama latin ika Rainbow Boesemani adalah Melanotaenia. Yang mana dapat sobat ketahui dengan memiliki beberapa tanda pada bagian tubuhnya yang mempunyai sirip ganda atau dus, dengan ukuran depan kecil serta besar pada bagian belakang. Mempunyai bentuk tubuh yang pipih (compressed), sedangkan untuk warna untuk seluruh tubuhnya yaitu biru agak sedikit gelap. Sedangkan untuk pada bagian tengah sampai belakang terdapat warna kuning. baca juga:
Ini Dia Cara Praktis Budidaya Ikan Rainbow Boesemani Serta Jenisnya

Perbedaan antara indukan jantan dan betina ikan rainbow fish ini terletak pada tutup insang, yaitu pada si jantan ikan rainbow ini untuk sisi tutup insang (operkulum) terdapat sebuah pita horizontal yang berwarna gelap dan semakin memudar jika ke arah belakang. Sedangkan untuk indukan betina, maka sebaliknya. Ketika diukur dari ujung mulut sampai sirip ekor untuk rainbow bosmani jantan panjang maksimalnya sekitar 9 cm, sedangkan untuk ikan rainbow bosmani betina panjangnya sekitar 7 cm. Rainbow bosmani adalah yang terlaris di pasaran dari rainbow Jenis Ikan Hias Air Tawar.

Freshwater rainbow fish ? Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbow fiss Terlucu 

4. Rainbow praecox (Melanotaenia praecox weber & de Beaufort)

Ikan Rainbow Praecox adalah Dwarf neon Rainbow fish. Yang dapat sobat ketahui dengan mempunyai ciri-ciri pada bagian tubuhnya yang berbentuk pipih serta mempunyai sirip ganda pada bagian punggungnya, sedangkan untuk seluruh tubuhnya terdapat warna Tubuhnya pipih dan sirip punggung ganda. Seluruh tubuhnya Ikan Rainbow Biru metalik itulah warnany, sedangkan untuk siripnya berwarna merah baik jantan maupun betina.

Warna-warna tersebut akan terlihat lebih indah dan cantik ketika ikan rainbow ini melakukan pemijahan. Yaitu tubuh ikan jantan tampak lebih tinggi daripada ikan betina, sehingga ikan betina tampak lebih ramping dan langsing. Kekurangan dari ikan rainbow fih ini terletak pada ukuran tubuhnya yang hanya memiliki panjang 4 - 5 cm saja yang diukur dari mulut hingga ujung ekornya. Menurut perawat dan pemelihara, jenis ikan rainbow inilah yang paling cantik dari sekian banyak Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish. Sehingga budidaya ikan rainbow peacock juga jual ikan rainbow fish peacock dan balon sangat banyak.
 

5. Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro)

Ikan Rainbow Fish Aquarium
Rainbow Lacustris
Ikan Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro) terkenal denga sebutan nama Lake Kutubu Rainbow fish. Yang dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian tubuhnya yang berbentuk pipih sedangkan untuk jumlah sirip punggung ternyata sama juga dengan Jenis ikan Rainbow bosmani ya'ni ganda. Sirip pertama pendek sedangkan sirip kedua lebih panjang.

Sedangkan untuk warna tubuhnya Rainbow Lacustris pada bagian atas berwarna kehijauan atau biru, sedangkan untuk warna pada bagian bawah badannya terdapat keputihan. Ikan ini berbeda sendiri dari yang lain, yaitu untuk ukuran dewasa tubuhnya bisa mencapai 10 cm, yang diukur dari ujung sampai ujung baik jantan maupun betina. Para hobiis ikan hias sering menyebut ikan ini dengan sebutan “Rainbow Biru” rainbow fish papua. 

6. Rainbow Lacustris (Melanotaenia Macculochi Ogilby)

jenis ikan rainbow Aquarium

Jenis Ikan Rainbow Lacustris ini umumnya pada pasar internasional lebih dikenal dengan sebuatn Maccolloch’s rainbow fish.
 
Ikan ini dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian bentuk tubuhnya yang pipih sedikit panjang, mempunyai sirip ganda pada bagian punggungnya dengan ukuran sirip keduan lebih besar, warna dasar sirip tersebut yaitu kehijauan serta merah kecoklatan, sedangkan untuk sirip analnya terdapat batasan warna kekuningan di tepinya. Sedangkan pada tubuhnya terdapat berupa garis-garis memanjang horizontal yang berwarna hitam.


Warna dasar pada bagian seluruh tubuh ikan Rainbow Lacustris ini yaitu silver dan warna metalik gelap, sedangkan bagian punggungnya berwarna coklat, untuk perut sendiri memiliki warna agak keputihan. Berwarna merah cerah untuk siripnya, sedangkan untuk panjangnya Rainbow  Macculochi jika di ukur dari kepala sampai ujung ekor mempunyai maksimal cuma 6 cm saja.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Rainbow Fish Aquarium, Harga Ikan Rainbow serta jenis ikan rainbow yang ada dipasaran khususnya di Indonesia. Semoga bermanfaat dan sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk jenjang pemeliharaan pada berikutnya. Yang tentunya dari semua jenis tadi, ada yang lebih vantik dan indah untuk dapat kita ketahui. 


Baca jug:  
-Mengenal Ikan Rainbow Boesemani yang Menggemparkan Dunia Ikan Hias

-Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya