January 18, 2017

Budidaya Ikan Hias Badis-Badis (Burmase Badis atau Red Badis)

Budidaya Ikan Hias Badis-Badis Infoikan.com Ikan hias badis-badis merupakan ikan terindah yang berasal dari Negara Birma India, untuk daerah Indonesia sendiri masih jarang ditemukan jenis ikan ini. Badis-badis sendiri merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Untuk sobat pemula mungkin kedengaran agak asing, namun bagi para penggemar serta penjual ikan hias sudah tak asing lagi dengan semua jenis ikan yang harganya sangat ekonomis dan mudah dijankau oleh semua kalangan. Cara membuat aquarium ikan hias air tawar sendiri sangat mudah dan Berikut cara budidaya ikan hias badis-badis yang mudah dilakukan:

Gambar Budidaya Ikan Hias Badis-Badis (Burmase Badis atau Red Badis)
AcquariofiliaConsapevole.it
 

Budidaya Ikan Hias Badis-Badis

Klasifikasi Ikan Hias Badis-Badis
Ordo            : Percomorphoidei
Sub-ordo      : Percoidea
Famili           : Nandidae
Gebus          : Badis
Spesies        : Badis badis burmanicus Hamilton bucha-nan; Labrus badis
Asal             : Birma dan India
Nama Asing  : Burmese Badis atau Red Badis

Ikan Badis-Badis
YouTube.com


Ciri-ciri Ikan Badis-Badis
Ikan hias badis-badis cukup populer dikalangan penggemar ikan hias. Maklum, ia memiliki warna tubuh yang menawan menonjol diantara kumpulan ikan hias yang suka dipajang di akuarium. 

Cirinya yang menonjol terlihat dari warna dasar tubuhnya yang beraneka ragam. Punggung berwarna gelap dengan perut coklat kekuningan. Di sekujur tubuhnya itu dipenuhi bintik-bintik yang memanjang dari tutup insang hingga pangkal ekor. di pangkal ekor, terdapat pula garis hijau yang memotong pangkal ekor sampai sirip ekor.

Lalu pada sirip punggungnya terdapat garis samar warna hijau delapan buah. Sirip-sirip ini berwarna kehitaman bercorak cokelat. Kecuali sirip dada agak cerah. Warna lain terlihat ditepi sirip punggung berwarna krem, dan tepi sirip anus berwarna biru.

jenis ikan hias dan harganya
YouTube.com


Sifat-Sifat Ikan Hias Badis-Badis

ikan hias air tawar terindah
YouTube.com

Sebelum melakukan budidaya ikan badis-badis, alangkah baiknya jika sobat melihat dulu sifat-sifatnya agar tidak heran dikemudian hari. 

Habitat ikan ini ialah di perairan umum, khususnya di dekat aliran air yang banyak ditumbuhi alga dan berbagai jenis tanaman air. Badis-badis ini juga dijuluki ikan galak. Jenis ikan kecil yang berkeliaran di dekatnya akan diusir oleh ikan hias ini. Dari itu jika ingin merawat ikan badis-badis dalam akuarium, carilah pasangan yang sesuai dengan sifatnya.

ikan hias spesies perwakilan
AquaVita


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Badis-Badis
Tempat yang ideal untuk melakukan budidaya ikan hias badis-badis ini cukup dengan akuarium ukuran 20 x 20 x 40 cm atau 30 x 30 x 60 cm. Menurut pengalaman, badis-badis ini meski dibutuhkan dalam jumlah banyak, ia tetap akan dikawinkan secara berpasangan. 

Badis-badis punya kebiasaan bertelur di dasar akuarium dengan suasana teduh. Untuk menciptakan kondisi serupa itu, dipermukaan tempat pemijahan dikasih tanaman eceng gondok dan hydrilla yang lumayan banyak. Agar telur aman setelah betinanya dilepas, dasar akuarium harus dibersihkan dengan sebersih mungkin.

Kadar pH air yang ideal untuk pemijahan yaitu suhu hangat (25 - 28 dC), pH 7 (netral). Lakukan cara ini untuk budidaya jenis ikan hias lainnya agar berhasil. Paling tidak airnya diendapkan dulu selama 24 jam. setelah itu isi akuarium dengan air setinggi 15 cm untuk ukuran 20 x 20 x 40 cm, dan 18 cm air untuk ukuran akuarium 30 x 30 x 60 cm. 

Sediakan juga di dalam akuarium jenis tanaman atau pot bunga, karena ikan hias hias badis-badis ini lebih suka rongga untuk bersembunyi dan berlindung.

ikan hias termahal
My Aquarium Club


Memilih Indukan Budidaya Ikan Hias Badis-badis
Dalam budidaya ikan hias badis-badis keberhasilan memijah ditentukan oleh kemampuan memilih pasangan induk. Selain bertubuh mulus dan sehat, juga harus cukup umur dan matang kelamin. 

Badis-badis sudah dapat dijadikan induk pada usia 6 bulan dengan panjang 5 cm. Sudah merupakan kebiasaan dari ikan badis ini si jantan memiliki tubuh lebih panjang yaitu 8,75 cm dari pada betina hanya 5 cm saja.

Si jantan biasanya mempunyai tubuh lebih besar dan panjang dengan warna tubuh lebih cerah, sedangakn si betina bentuk tubuh lebih pendek, warnanya lebih suram dan bentuk perut membualat.

Pasangan induk seleksi dipisahkan ditempatkan khusus dan dirawat sebaik mungkin dengan jalan memberi makanan yang kandungan proteinnya tinggi. Makanan yang yang paling bagus adalah jentik nyamuk dan kutu air. 

Jangan dulu memberi cacing sutera, sebab dikhawatirkan akan menghambat keluarnya telur, karena mengandung lemak yang tinggi. Perawatan istimewa ini untuk membantu kelancaran induk memproduksi keturunannya.

ikan mas hias
AcquariofiliaConsapevole.it


Pemijahan Budidaya Ikan Hias Badis-Badis

Ikan Badis-Badis
AcquariofiliaConsapevole.it

Setelah tempat pemijahan disiapkan, induk hasil seleksi dimasukkan secara hati-hati. Lakukan pemasukan induk ini pada pagi hari. Kasih jenis makanan yang bergizi seperti disebutkan di atas. Pemijahan berlangsung sangat sederhana. Yaitu sijantan akan mengejar indukan betina sampai berkenan mengikuti kehendaknya.

Begitu rayuan itu membangkitkan birahi meraka, tanpa tedeng aling-aling mereka memasuki rongga di dasar akuarium dan disinilah meraka memijah. Kemudian akan tampak telur berserakan, anehnya si jantan akan mengusir indukan betina badis-badis dari tempat pemijahan serta dilarang mendekat.

Jika kita khawatir akan keselamatan telur, sebaiknya betina segera dipindah pada tempat perawatan induk, baik bentuk kolam maupun akuarium. Sedangkansi jantan dibiarkan untuk menjaga telur-telur agar selamat sampai menetas.

Berselang 2 -3 hari, telur akan menetas menjadi burayak, sedangkan telur yang lolos dari pembuahan akan mati dan membusuk. Selama benih ini belum berenang biasanya mereka lebih aman bersama indukan jantan atau bapaknya. 

Ikan Hias Badis-Badis
beke.co.nz


Cara Merawat Burayak Agar tidak Dimangsa Indukan Jantan
Musibah budidaya ikan hias badis-badis pada umumnya ketika burayak sudah berenang. Burayak-burayak itu keluar dari sarang pemijahan dan ini membuat si jantan gugup. Saking gugupnya, indukan jantan akan berbalik memakan burayak yang dilindungi itu. 

Supaya aman, setelah benih berumur 3 hari, ada baiknya indukan jantan juga di ambil kembali pada kelompoknya. Dan pada umur ini pula si burayak sudah bisa sobat beri makan berupa air hijau atau infusoria. Jenis makanan ini mudah diperoleh dengan pemupukan atau empang-empang yang subur.

Gambar Ikan Hias Badis-Badis
AcquariofiliaConsapevole.it

Pembesaran Budidaya Ikan Hias Badis-Badis

Sampai umur 2 minggu, biasanya benih masih bisa dibiarkan ditempat pemijahan. Tetapi setalh itu, mereka harus disediakan tempat baru yang lebih luas, agar tumbuh lebih pesat. Tempat baru bisa berupa bak ukuran 2 x 1 m atau 2 x 3 m dengan kedalaman 40 cm. 

Ketinggian air dalam bak sekitar 25 - 30 cm. Karena sepasang indukan hanya memerlukan kurang lebih 600 ekor, sedangkan kapasitas bak yang dianjurkan di atas 1500 ekor, maka benih dari pasangan induk yang lain pun bisa dibesarkan di kolam itu.

Ikan Hias Badis-Badis
beke.co.nz


Makanan yang Baik untuk Pembesaran Budidaya Ian Hias Badis-Badis
Makanan yang diberikan ialah berupa pakan hidup seperti kutu air, cacing sutera, dan jentik nyamuk yang diberikan sehari 1 kali. Untuk pergantian air, ganti setiap seminggu sekali dengan cara menyedot sebagian saja, dan mengganti dengan yang baru bersih dan segar. 

Jangan memberikan air sekaligus, sebab dapat membuat ikan-ikan ini kaget, sakit lalu mati. 

Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan hias badis-badis ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan ikan hias berikutnya. 

Baca juga:
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
-Ikan Betta (Fighting Fish) dan Cara Budidayanya
-Budidaya Ikan Hias Black Tetra untuk Usaha Bisnis
-Cara Beternak dan Budidaya Ikan Nila Merah yang Menguntungkan untuk Usaha