October 14, 2016

Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbow serta Harganya pada Pasaran

Jenis dan Harga Ikan Rainbow, infoikan.com | Jenis ikan hias air tawar Rainbow serta harganya pada pasaran yang sekarang ini semakin populer saja serta banyak penggemarnya. Melengkapi artikel kemaren yang berjudul harga ikan rainbow, ikan rainbow boesemani, ikan rainbow balon, ikan rainbow peacock, jenis ikan rainbow fish, ikan rainbow irian, harga ikan rainbow irian.

Ikan rainbow merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara sekalipun itu untuk pemula. Serta klasifikasi ikan rainbow sendiri sangat mudah untuk dihafalkan. Tak heran jika banyak sekali yang memanfaatkan kesempatan seperti ini buat bisnis ikan hias seperti yang sobat ketahui di kota terdekat sobat tinggal.


Banyak sekali macam jenis ikan rainbow ini diseluruh penjuru dunia, fakta melaporkan telah lalu lalangnya meneliti spesies ikan ini, Karena, menurut Allen (1991) melaporkan sedikitnya terdapat 53 spesies ikan rainbow yang tersebar di kawasan Papua, Australia, Irian, serta seluruh kawasan Asia ini.

Berikut beberapa ulasan dan penjelasan yang bisa sobat baca sebelum membeli memelihara semua jenis ikan hias air tawar Rainbow boesemani, praecox, ballon, irian, serta harganya sekarang ini.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbow serta Harganya pada Pasaran  

1. Rainbow praecox (Melanotaenia praecox weber & de Beaufort)

Rainbow praecox adalah Dwarf neon Rainbow fish. Untuk bisa mengetahui sebelum membeli atau pun menemukan ikan ini, sobat membaca dulu tanda dan ciri-ciri yang melekat pada seluruh tubuh. Yaitu bentuk tubuh pipih, pada punggungnya terdapat 2 sirip, warna biru metalik pada seleuruh tubuhnya, berwarna merah untuk sirip tadi, baik pada jantan maupun betina.



Ikan Rainbow praecox ukuran panjangnya maksimal hanya sampai 5 cm saja yang di ukur dari mulut hingga ujung ekornya. Perbedaan jantan dan betina ikan rainbow Praecox ini terletak pada bagian tububuh, yaitu ikan jantan terlihat lebih panjang dan tinggi, sedangkan ikan betina akan lebih seksi atau ramping. Kenyataan yang ada bahwa dari sekian banyaknya
Jenis Ikan Hias Air Tawar rainbow, jenis praecox inilah yang paling cantik warnanya.  ikan ini yang paling cantik dari sekian banyak

2. Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro)
Ikan Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro) dikenal dengan nama Lake Kutubu Rainbow fish. Tanda dan ciri-ciri ikan ini hampir sama seperti precox, akan tetapi bentuk sirip yang kedua lebih panjang daripada sirip pertama. 



Ikan Rainbow Lacustris ini dapat tumbuh besar sampai 10 cm ukuran dewasa, baik itu jantan maupun betina. Dengan mempunyai warna yang cantik dan indah pada seluruh tubuhnya, ikan ini dikenal dengan sebutan nama "Rainbow Biru". Yang mana mengacu pada seluruh tubuhnya yang terdapat warna kehijauan dan kebiruan serta dihiasi dengan warna putih pada bagian bawah perut.

3. Rainbow Lacustris (Melanotaenia Macculochi Ogilby)


Maccolloch’s rainbow fish merupakan nama terkenalnya ikan ini pada pasar internasional. 
 
Ciri-ciri ikan rainbow pada umumnya pada bagian tubuhnya berbentuk pipih yang agak panjang. Terdapat 2 sirip pada bagian atas punggungnya, yang mana sirip ke dua lebih panjang. Mempunyai warna dasar kehijauan serta kecoklatan pada seluruh tubuhnya, akan tetapi pada sirip analnya ada batasan warna kekuningan pada tepinya saja. Serta jika ditarik ukuran ikan, panjang maksimal untuk ikan rainbow ini dapat tumbuh sampai 6 cm saja.

Ikan Rainbow? Ini Dia harga ikan rainbow boesemani, Harga ikan rainbow irian, Harga ikan rainbow fish

Beberapa daftar harga beberapa jenis ikan hias yang sedang populer dipelihara antara lain: 

  • Harga ikan louhan rainbow king    Rp 50.000
  • Harga Ikan hias Cupang Rainbow  Rp 5.000
  • Harga Ikan Cupang Hias Halfmoon Rainbow 01    Rp 70.000
  • Harga Ikan Cupang Hias Halfmoon Rainbow 02    Rp 70.000    
  • Harga louhan rainbow king   Rp 50.000
  • Harga ikan rainbow bogor     Rp 5.000

4. Rainbow Merah (Red Rainbow fish, Glossolepis incisus weber)


Yang membedakan antara jenis ikan rainbow ini dengan yang lain yaitu pda ukuran tubuhnya bisa mencapai 12 cm untuk yang jantan, sedangkan hanya 10 cm untuk sang betina. Ikan ini banyak ditemukan pada danau sentani, papua, yang mana pada bagian seluruh tubuhnya terdapat warna merah bata untuk jantan, sedangkan untuk betina berwarna merah pucat. Untuk sisi tengah tubuhnya terdiri dari warna keperakan yang akan terlihat indah saat masa pemijahan tiba.


Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfisn Terlucu
5. Rainbow Balon

Ikan Rainbow balon merupakan jenis ikan rainbow yang memiliki bentuk tubuh terunik sendiri, dan memang berbeda dari jenis ikan hias air tawar rainbow lainnya. Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa macam tergantung warnanya. Misalnya Red rainbow ballon, Rainbow Lacustris ballon dan Rainbow Bosmani ballon.

Ikan Hias Air Tawar Jenis RainbowfisnTerlaris
6. Rainbow boesemani (Boesemans rainbow fish)



Nama latin ikan rainbow ini Melanotaenia boesemani. Ciri-cirinya ikan raibow sendiri tak jauh beda dari jenis ikan rainbow yang lain, yaitu terdapat 2 sirip pada punggungnya. Bentuk tubuhnya pipih, warna dasar seluruh tubuhnya biru dan agak gelap untuk bagian depan, sedangkan berwarna kekuningan untuk bagian belakang.

Ikan ini dapat tumbuh besar hingga 9 cm untuk yang jantan, sedangkan 7 cm untuk betina. Juga terdapat 2 sirip, hanya saja sirip punggungnya dan sirip anal terdapat warna jingga yang menawan serta dibatasi warna gelap untuk tepinya, sedangkan sirip ekor ada warna kuning. Rainbow boesemani ini merupakan jenis yang terlaris di pasaran dari rainbow Jenis Ikan Hias Air Tawar.

Sekian sobat sedikit berbagi dan melanjutkan beberapa Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbow serta Harganya pada Pasaran ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan sobat semua, tentunya jika ingin membeli harus lihat dulu daftar harga ikan rainbow ini, jika ingin memelihara bisa pilih dari semua jenis ikan rainbow yang paling cantik serta mudah untuk dipelihara. 


baca juga:  
Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya