March 10, 2017

Resep Patin Panggang Saus Jamur

Resep Patin Panggang Saus Jamur Infoikan.com Pernah membuat resep ikan patin bakar madu? atau membuat olahan sambal ikan bakar dengan lauk patin panggang dan dibakar? Siapa sih yang tidak kenal dengan olahan ikan patin ini, salah satu jenis masakan yang populer serta mengandung gizi yang tinggi untuk kesehatan.

Biasanya saus jamur dengan ikan patin ini dimanfaatkan oleh para pengusaha warungan. Mereka sudah sangat apal dengan membuat resep patin panggang saus jamur ini. Bagi sobat pemula yang ingin tau cara membuat olahan sendiri berbagai resep dengan ikan patin, berikut beberapa cara mudah membuat aneka olahan resep patin panggang dengan sambal oles.

resep ikan bakar kecap


Resep Patin Panggang Saus Jamur

Bahan membuat olahan patin panggang:
Ikan patin 750 gram.
Rendam ikan patin dengan air secukupnya.
Air jeruk nipis 1 sdm.
Garam 1/2 sdt.
Merica bubuk 1 sdt.
Minyak untuk olesan 3 sdm.

resep ikan bakar pedas

 resep nila bakar


Bahan untuk membuat olahan saus jamur antara lain:
  • Jamur merang 100 gram yang sudah dibersihkan.
  • Cincangan halus bawang merah 2 sdm.
  • Cincangan bawng putih 1 sdm.
  • Merica bubuk 1 sdt.
  • Kecap asin 2 sdm
  • Kecap manis 2 sdm.
  • Air 250 ml.
  • Tepung terigu 30 gram.
  • Margarin 2 sdm untuk menumis bahan-bahan.

Cara Membuat Resep Patin Panggang Saus Jamur Antara Lain:

  1. Ikan patin dicucui bersih, campurkan air jeruk dengan air untuk merendam patin selama 1 jam. Kemudian dinginkan, potong menjadi lima bagian dan kepala patin dibuang. Pengirisan daging setebal 2 cm.
  2. Dengan garam dan merica bubuk ikan patin dapat sobat lumuri hingga merata. Lalu diamkan secukupnya dan olesi sampai merata.

Cara Membuat Saus Jamur untuk Patin Panggang
  1. Dengan wajan ati lengket panaskan margarin tadi. Bawang putih dan bawang merah ditumis hingga menimbulkan bau harum dan terlihat layu.
  2. Tepung terigu bisa dimasukkan, aduk sampai tepung terigu menyatu dengan minyak mentega. Tambahkan air dengan pelan-pelan untuk menghindari butiran kecil-kecil dan dapat menjadi cairan kental.
  3. Kemudian jamur dimasukkan, campurkan lagi merica bubuk, kecap manis, dan kecap asin, aduk lagi hingga rata. Dengan api sedang bisa dimasak sampai matang dan terlihat megental. Lalu angkat.
  4. Wajan anti lengket tadi dipanaskan dengan arang (tergantung sobat menggunakan api apa). Ikan yang sudah berbumbu dapat dipanggang dan jangan lupa tetap diolesi minyak sampai terlihat warna coklat pada kedua sisi ikan patin. dan Angkat.
  5. Sediakan piring saji untuk meletakkan patin panggang, dengan saus Anda dapat minyaramkan di atasnya. Nikmati selagi dalam keadaan masih hangat.
Kandungan Gizi Resep Patin Panggang Saus Jamur
Energi        : 271 Kal
Protein       : 27,8 gram
Lemak        : 15,3 gram
Karbohidrat : 6.4 gram
Kolestrol    : 85.7 gram.

Demikian sobat sedikit berbagi tentang resep patin panggang saus jamur ini, semoga bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba olahan pating panggang terbaru ini.
Berbagai sumber..
Baca juga: