April 20, 2017

Ikan Mas Koki Lionhead Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Ikan Mas Koki Lionhead Infoikan.com Ikan mas koki lionhead merupakan jenis ikan mas yang banyak dipelihara dan populer diperjual belikan untuk usaha dan bisnis ikan hias oleh semua kalangan. Dari bentuknya bulat lucu dan unik tak heran jika lionhed dijadikan sebagai jenis ikan mas favorit pecinta aquarist.

Ciri-ciri mas koki lionhead yang mudah untuk kita ingat adalah mempunyai jambul yang terdapat di bagian kepelanya dan terletak agak maju menghadap ke depan, oleh itu ikan mas koki ini dapat dikenal dengan kata LIONHEAD yang artinta kepala singa hingga terkenal di pasaran maupun kalangan tertentu. Beikut ini kita akan sedikit mengenal ikan mas koki lionhead secara detai.

Ikan Mas Koki Lionhead


Mengenal Ikan Mas Koki Lionhead Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Klasifikasi Ikan Mas Koki Lionhead
  1. Asal dari negara China
  2. Nama Ilmiah Ikan Mas Koki Lionhead Carassius auratus
  3. Cocok dengan Air Tawar
  4. Suhu yang pas untuk hidup antara 60-70 derajat Fahrenhed
  5. Dari jenis mas koki Twin Tail
  6. Dari kategori Heawan yang bersifat Omnivora
  7. Jenis makanan yang cocok seperti sayuran, makanan hidup, dan buah-buahan
  8. ukuran dewasa mencapai kisaran antara 5-6 inci
  9. Kisaran umur dapat mencapai 10-15 tahun bahkan lebih
  10. Temperamen ramah dan sosial.
Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Lionhead
Ciri-ciri utama mas koki lionhead ini tidak lain adalah terdapatnya jambul pada bagian kepala dan layaknya seperti kepala singa. Mengapa demikian, karena tidak akan terdapat pada jenis mas koki lain. Tak hanya itu, lionhead ini merupakan jenis mas koki yang terlucu cantik, dan indah, yaitu gendutnya fitur tubuhnya serta berbentuk melengkung dan memiliki sirip kembar.

Jika jambul yang ada di baian kepalanya ini tumbuh terus hingga membesar, maka dapat menyebabkan penglihatan mas koki lionhead akan terganggu. Yaitu tertutupi oleh jambul kepala singa tadi. Tak hanya itu, juga akan menyebar pada pernafasannya.

Ikan Mas Koki Lionhead
ikanhiasmaskoki.blogspot.com


Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Lionhead dilihat dari Warnanya
Tak dapat dipungkiri untuk mengenal ikan mas koki lionhead kita dapat melihat semua warna yang ada dalam tubuhnya. 

Jenis ikan terindah dan cantik ini memiliki beraneka warna mulai dari merah, oranye, biru, hitam, kuning, serta warna putih yang sangat langka kita dapatkan. Mas koki lionhead Nacreous yang mempunyai kombinasi warna tersebut yaitu putih dan merah, oranye merah, serta gabungan variasi antara merah hitam dan putih.

Yang tidak dapat kita bayangkan, jika sobat memlihara mas koki lionhead dalam akuarium serta lengkap dengan segala pelengkap layaknya di alam bebas, maka dapat tumbuh kisaran 5-6 inci serta mampu hidup mencapai 10-15 tahun lamanya berdasarkan standar perawatan mas koki.

Jika memelihara Ikan mas koki lionhead bersama ikan lain, usahakan untuk menyediakan jenis ikan yang juga memiliki sifat sama. Yaitu Jenis ikan hias yang berenang halus atau pelan-pelan dan bukan hewan agresif atau keras kalau tidak ingin kebagian makanan.

Kelebihan mas koki lionhead ini ternyata mempunyai pelengkap yaitu terdapat sirip punggung yang berfungsi menstabilkan ketika berenang dan bergerak.

Ikan Mas koki Lionhead dengan Jenis Ikan Hias Lainnya

Jika Anda dapat memperhatikan mas koki ini, dimana saja pasti lebih banyak yang dipelihara bersama satu spesiesnya dan jarang di campur dengan ikan hias lain yang bukan seukuran. Hal ini untuk menghindari dari kekurangan makanan saat berebut.

Jika Anda ingin mencampur ikan mas koki lionhead dengan ikan lain, erikut beberapa daftar ikan hias yang cocok untuk kita koleksi dalam satu akuarium. Seperti, Koki Oranda, Pearlscale, Fantail, Black Moor, Bubble Eye, Teleskop Eye, dan Ryukin.

Ikan Mas Koki Lionhead
kuliah-ikan.blogspot.com

Demikian sobat sedikit ulasan tentang mengenal ikan mas koki lionhead yang unik dan cantik untuk kita pelihara ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba menikmati keindahannya.