--> Skip to main content

Teknik Budidaya Gurame Kolam Terpal yang Menguntungkan

Budidaya Gurame Kolam Terpal Infoikan.com Sudah tahu penyakit pembesaran gurami di kolam terpal? atau ingin tahu ukuran kolam gurame 1000 ekor? Siapa sih yang tak kenal gurame, salah satu jenis ikan konsumsi yang bernilai ekonomis terutama untuk usaha dan bisnis. Untuk mengenal gurame sangat mudah diketahui.

Salah satu bagi sobat yang harus lebih diketahui adalah pembesaran gurami di kolam terpal kesehatan. Hal ini akan menjadikan tolok ukur seberapa keberhasilan dan keuntungan membuka usaha ternak ikan konsumsi di pekarangan ini. Baik dalam kolam beton maupun kolam ikan gurame depan rumah sempit dan sederhana. Berikut ini kita akan berbagi teknik budidaya gurame kolam terpal yang menguntungkan di lahan sempit dan besar.

Budidaya Gurame Kolam Terpal


Teknik Budidaya Gurame Kolam Terpal yang Menguntungkan

Cara membuat kolam ikan gurame dengan terpal ini dapat dibuat fleksibel sesuai dengan lahan yang dimiliki dan bisa ditempatkan dimana saja. Bisa ternak ikan di pekarangan rumah, lahan sempit, sawah atau tempat lain yang sekira mencukupi tersedianya untuk dipelihara. Tentu saja kolam dengan ukuran kecil hanya mampu menampung ikan gurame dalam jumlah yang tidak banyak.

Jika terlalu banyak ikan dalam kolam maka pertumbuhan gurame tidak bisa optimal bahkan mengalami kematian. Selain itu ukuran kolam ikan gurame juga menjadi pertimbangan berapa jumlah ikan yang akan dipelihara dalam kolam tersebut.

Budidaya Gurame Kolam Terpal
e-wak.com


Ukuran Kolam Sederhana Budidaya Gurame Untuk ukuran kolam 1 m2 dengan kedalaman 90 cm kira-kira bisa diisi dengan 10 ekor gurame dengan berat 2.5 ons. Seiring dengan pertumbuhan ikan gurame tentu jumlahnya harus dikurangi. jika tidak maka perlu menambah filter air yang memadai, caranya adalah dengan mengalirkan air kolam terpal dengan pompa ke suatu sistem ilter, setelah melalui ilter air masuk kembali ke kolam.

Budidaya Gurame - Pembuatan Kolam Terpal
Model pembuatan kolam terpal sebagai tempat melakukan budidaya ikan gurame bisa dibuat dua jenis. 

Yang pertama adalah dengan menggali tanah dengan kedalaman tertentu biasanya sekitar 90 cm, kemudian terpal dipasang pada tanah galian tersebut.

Cara yang kedua adalah dengan memasang terpal pada permukaan tanah (tidak menggali tanah), dengan bantuan rangka dari besi atau kayu, terpal dirangkai menyeruapai bak.

Cara pertama beban terpal tidak terlalu berat sewaktu diberi air, cara kedua memudahkan kita melakukan penggantian dan pembersihan kolam. 

Dengan selang kita bisa menyedot kotoran-kotoran kolam terpal dengan mudah. Pada budidaya ikan gurame kolam terpal ini kotoran ikan gurame perlu dikeluarkan (shipon), agar kesehatan dan kebersihan air tetap terjaga.

Budidaya Gurame Kolam Terpal
spyrena.blogspot.com


Proses Budidaya Gurame Kolam Terpal
Setelah kolam terpal selesai dibuat langkah selanjutnya budidaya gurame kolam terpal adalah mengisi kolam dengan ikan gurame, akan tetapi sebelum ikan gurame dimasukkan perlu dipastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan zat-zat berbahaya.

Terpal mengandung unsur kimia untuk pewarnaannya, maka sebelum dipasang perlu dicucui dan dibersihkan. Untuk membunuh patogen kolam yang telah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3.

Patikan juga ikan gurame yang akan dibudidayakan tidak mengandung bibit penyakit. Jika ada gurame yang terkena penyakit perlu dikarantina terlebih dahulu sebelum terlambat dimasukkan ke dalam kolam terpal yang sudah siap.

Budidaya Gurame Kolam Terpal - Memberi Makan
Proses budidaya gurame kolam terpal selanjutnya adalah memberi makan. Ikan gurame diberi pakan dua kali dalam sehari dengan pellet dan kandungan pakan tersebut 25 - 30%. 

Frekuensi pemberian pakan lebih baik dalam frekuensi yang banyak tetapi dalam jumlah sedikit-sedikit daripada dalam frekuensi sedikit tetapi jumlahnya banyak.

Makanan Alami Budidaya Gurame Kolam Terpal
Selain pelet makanan ikan gurame alami dapat Anda sediakan pakan tambahan berupa daun-daunan dan sayur-sayuran. daun-daunan dan sayur-sayuran bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan ikan gurame.

Pada budidaya ikan gurame dengan terpal ini perlu dihindari pemberian makanan yang berlebihan, jika ada makanan yang tersisa harus segera dibuang. 

Makanan ikan dan kotoran ikan yang ada di kolam mengandung zat amoniak yang dalam jumlah tertentu bersifat racun bagi gurame. Selain memberi makan dengan jumlah dan frekuensi teratur hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas air.

Meski gurame cukup tahan dengan air yang tidak baik tetapi air perlu dibersihkan dan diganti sebagian (30%) secara periodik. Biasanya penggantian dilakukan satu minggu sekali dengan melakukan shift pond/shipon.

Dengan cara air disedot keluar dengan selang atau pompa, kotoran keluar melalui selang tersebut, kemudian diisi kembali dengan air baru. Lebih bagus lagi jika kolam diberi aerator atau filter untuk menambah kadar oksigen dan membersihkan kotoran secara otomatis.

Budidaya Gurame Kolam Terpal
youtube.com


Budidaya Gurame Kolam Terpal - Masa Panen

Budidaya gurame di kolam terpal pada masa panen adalah masa yang ditunggu. Gurame bisa dipanen sesuai dengan kebutuhan. Untuk tujuan pembenihan, gurame dapat dijual dengan ukuran berapapun. Untuk ukuran tabur 2.5 ons dalam waktu sekitar 5 bulan bisa dipanen sebagai gurame konsumsi dengan berat 6-7 ons.

Masa panen ini bisa dipesingkat lagi karena permintaan pasar cenderung menyukai gurame dengan ukuran 5 ons. Berat pada masa panen ini juga bisa meningkat dengan pemberian pakan yang baik dan frekuensi yang lebih sering serta kondisi air yang baik.

melihat proses yang sederhana dan permintaan yang terus meningkat, menjadikan budidaya gurame pada kolam terpal menjadi peluang bisnis bagi siapa saja yang berminat.

Budidaya Gurame Kolam Terpal
infoagribisnis.com


Demikianlah beberapa penjelasan singkat tentang budidaya gurame kolam terpal cepat besar hasil melimpah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuka usaha dan bisnis ikan konsumsi.

Sumber: Budidaya Gurame dan Nila
Budidaya pembesaran gurame & Nila untuk besar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar