February 1, 2017

Budidaya Ikan Di Pekarangan Rumah Tambah Penghasilan

Budidaya Ikan Di Pekarangan Infoikan.com Punya pekarangan sempit tak terpakai? atau pengen budidaya ikan air tawar meraih keuntungan? Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan, salah satu hewan yang bisa sobat manfaatkan menghiasi pekarangan dengan cara menternaknya.

Untuk kamu yang kurang mengetahui cara budidaya ikan di pekarangan sekaligus memanfaatkan lahan terutama yang sempit untuk budidaya semua jenis ikan, berikut info ikan mencoba memberi gambaran macam-macam ikan air tawar yang dapat sobat budidayakan.

budidaya ikan di pekarangan sempit
budidaya ikan di pekarangan


Budidaya Ikan di Pekarangan untuk Menambah Penghasilan 

1. Budidaya Ikan Patin 
Budidaya Ikan Patin
budidaya ikan patin di pekarngan

Budidaya Ikan Patin di Pekarangan
budidaya ikan patin di pekarngan

Pernah ternak ikan patin untuk usaha dan bisnis? atau membuat olahan ikan patin untuk masakan warungan? Siapa sih yang tidak kenal patin, salah satu ikan air tawar yang mempunyai harga ekonomis. Ikan ini oleh ibu-ibu sering dimanfaatkan membuat sub ikan patin dengan olahan ikan patin yang lezat dan gurih.

Belakangan ini malah banyak yang mencari cara membuat umpan ikan patin untuk melepaskan dan mengisi hari liburan dengan aktifitas memancing. Bagi sobat pemula yang ingin budidaya ikan patin agar cepat besar, berikut langkah-langkah mudah proses ternak ikan patin. Baca selengkapnya: Budidaya Ikan Patin Agar Cepat Panen untuk Pemula di Pekarangan


2. Budidaya Ikan di Pekarangan - Ikan Gurame
Budidaya Ikan Gurame
budidaya ikan gurame di pekarngan

Budidaya Ikan Gurame di Pekarangan

Cara ternak ikan gurame agar cepat besar menjadi keinginan semua petani pemula. Baik di kolam tembok, kolam terpal, maupun kolam tanah semua merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk bisnis sekalipun untuk pemula.

Berikut beberapa langkah dalam melakukan usaha atau bisnis dengan membudidayakan ikan hias maupun ikan konsumsi untuk ladang tambahan penghasilan, serta bagaimana menghasilkan benih ikan yang berkualitas.

Baca ini : Budidaya Ikan Gurame untuk Pemula yang Menghasilkan di Pekarangan

Penyiapan Kolam Budidaya
1. Macam-macam kolam yang harus dipersiapkan
budidaya ikan gurame memerlukan kolam pemyimpan induk, kolam pemijahan, kolam atau bak penetasan dan pemeliharaan benih, kolam pendederan, kolam pembesaran dan kolam pemberokan (penyimpanan sebelum di pasarkan).

2. Pembuatan Kolam Ikan Gurame
Tahap persiapan kolam untuk pembenihan, pendederan maupun pembesaran prinsipnya hampir sama, hanya dibedakan pada padat tebar dan jenis pakan yang diberikan serta ketinggian air yang dibutuhkan. Kontruksi kolam dan pengolahan lahan pada setiap tahap sama.


3. Budidaya Ikan Nila untuk Usaha dan Bisnis di Pekarngan 
Budidaya Ikan Nila di Pekarangan
budidaya ikan nila di pekarangan

Gambar Budidaya Ikan Nila
 
Budidaya ikan di pekarangan nila ini sangat mudah. Pernah melakukan usaha budidaya ikan nila di kolam terpal? atau budidaya ikan nila di kolam beton namun kurang memuaskan? Siapa sih yang tidak kenal dengan nila, salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai harga ekonomis. Ikan ini dijadikan olahan memasak untuk usaha warungan.
Baca selanjutnya:

4. Budidaya Ikan Mas 
Budidaya Ikan Mas di Pekarangan
budidaya ikan mas di pekarangan

Budidaya Ikan Mas

Salah satu ikan yang mudah di budidayakan di pekarangan adalah ikan mas baik di kolam beton, kolam terpal maupun kolam tanah. Malah sekarang ini banyak sekali petani yang sudah memelihara ikan mas di rumah.

Gimana pengen tau lebih detail mengenai cara budidaya ikan mas untuk usaha dan bisnis? atau mencari cara mendapatkan ikan mas di sungai dengan umpan yang mudah? Berikut info ikan akan memberikan beberapa resep lengkap cara budidaya sekaligus membuat umpan ikan mas yang super ampuh: Baca juga ini selengkapnya: Cara Lengkap dan Mudah Budidaya Ikan Mas Di Pekarangan


5. Budidaya Ikan Tambakan di Pekarangan 

Budidaya Ikan Tambakan
budidaya ikan tambakan di pekarangan

Budidaya Ikan Tambakan di Pekarangan
 
Budidaya ikan di pekarangan yang selanjutnya yaitu ikan tambakan. Ikan tambakan merupakan jenis ikan air tawar yang masih langka ditemukan. Cara budidaya sudah diketahui, akan tetapi ikan tambakan ini kurang begitu diminati oleh masyarakat.

Di beberapa daerah disebut ikan terbakan (Jawa Barat), tambakan (Jawa Tengah), ikan sapil (Sumatera Selatan), biawan (Kalimantan). Ikan poni sering kali disebut juga dipakai orang untuk menyebut ikan tambakan ini. Ikan ini termasuk jenis genus Helostoma dari famili Anabantidae. Berikut cara budidaya ikan tambakan.

Baca ini: 
Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki) di Pekarngan

6. Panduan Lengkap Budidaya Ikan Lele di Pekarangan 
Budidaya Ikan Lele
budidaya ikan lele di pekarangan

Bdidaya Ikan Lele di Pekarngan

Beternak dan budidaya lele di kolam tembok atau beton di pekarangan merupakan usaha yang menguntungkan. Walaupun pada awalnya akan menghabiskan banyak biaya pembuatan kolam beton terutama saat mendesain, akan tetapi jika sudah berjalan budidaya ikan lele pasti banyak keuntungannya.

Cara beternak ikan lele ini sudah dipraktekan dan menyebar luas. Bagi kamu sobat seorang pemula yang ingin tahu lebih banyak cara budidaya ikan lele di kolam tembok agar cepat besar dan panen cepat, info ikan akan memberikan beberapa tips sukses ternak lele lengkap sekaligus mudah dikerjakan. Berikut beberapa cara budidaya ikan lele di kolam tembok atau beton.

Baca selanjutnya:
Demikian sobat sedikit berbagi tentang budidaya ikan di pekarangan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua pada jenjang budidaya semua jenis ikan di pekarangan berikutnya.