January 31, 2017

Cara Terlengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok Infoikan.com Beternak dan budidaya lele di kolam tembok atau beton merupakan usaha yang menguntungkan. Walaupun pada awalnya akan menghabiskan banyak biaya pembuatan kolam beton terutama saat mendesain, akan tetapi jika sudah berjalan budidaya ikan lele pasti banyak keuntungannya.

Cara beternak ikan lele ini sudah dipraktekan dan menyebar luas. Bagi kamu sobat seorang pemula yang ingin tahu lebih banyak cara budidaya ikan lele di kolam tembok agar cepat besar dan panen cepat, info ikan akan memberikan beberapa tips sukses ternak lele lengkap sekaligus mudah dikerjakan. Berikut beberapa cara budidaya ikan lele di kolam tembok atau beton.

kolam ikan lele modern
pertanian.net


Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok atau Beton

Pertama kali sebelum memulai khususnya untuk pemula harus bisa mengkalkulasi dulu seberapa besar modal untuk membuat kolam temboknya. Tak hanya itu untuk memantapkan keuntungan dan kerugian seyogyanya bisa menganalisis usaha budidaya ikan lele agar menguntungkan.

Menyiapkan Kolam Budidaya Ikan Lele
Faktor utama adalah lokasi pembuatan kolam yang minimalis jika dihalaman rumah. Akan tetapi lebih bagusnya jika mempunyai lahan yang luas dengan modal yang memadahi untuk membuat kolam ikan lele. Baca selengkapnya:
Pembenihan Ikan Lele
Lele bisa hidup pada kolam yang memiliki kepadatan cukup tinggi sehingga dapat dibudidayakan dalam pekarangan yang terbatas. Budidaya lele dalam lahan terbatas biasanya dilakukan dalam skala rumah tangga atau skala kecil. Baca ini: Cara Pembenihan Ikan Lele Lengkap dan Mudah

Memilih Induk Budidaya Ikan Lele yang Berkualitas Bagus
Pengen tahu cara merawat induk lele supaya cepat bertelur? atau mau tahu membuat induk lele unggul? Siapa yang tidak ingin ngerti cara merawat induk lele yang baik dan berkualitas. Hanya dengan indukan yang matang gonad, petani siap melakukan pemijahan budidaya ikan lele. 
Baca selengkapnya: Tips Memilih Induk Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas Bagus

Tips Agar Indukan Lele Cepat Matang Gonad 
Dalam proses pembenihan, sebaiknya mengetahui bagaimana indukan yang siap untuk pemijahan. Struktur dan bentuk matang gonad biasanya tidak terkonsep pada awal produksi sel, tetapi dengan fasilitas fertilasi gamet jantan dan betina. Berikut beberapa Tips Agar Indukan Lele Cepat Matang Gonad. 

Cara Ternak Bibit Lele yang Baik dan Cepat Panen
Jika dari bibit lele saja sudah berhasil, maka hasil akhirnya cara budidaya ikan lele di kolam tembok pasti berjalan dengan lancar cepat panen dan meraih keuntungan yang besar. Bagi sobat pemula pasti agak bingung cara ternak bibit lele ini. Karena akan mempunyai kesamaan dengan anakan lele. Sedangkan bibit lele hanya nama pantasnya saja bagi hewan. Berikut ulasan lengkap Cara Ternak Bibit Lele untuk Budidaya Pembesaran.

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Lele di Kolam Tembok
Cara pembesaran budidaya ikan lele di kolam tembok atau beton sebagai berikut: 
  1. Siapkan kolam tembok atau beton dengan ukuran 50 m2, semampunya 
  2. Sebelum dipakai bisa dikeringkan dulu selama 3 - 5 hari, agar bau semen hilang. 
  3. Isi air setinggi antara 50 - 70 cm dengan aliran air secara terus menerus 
  4. Masukkan induk ukuran kecil yaitu 0,7 - 1,0 kg per ekor. 
  5. Sediakan makanan tambahan berupa pellet yang khusus buat lele dengan kadar 3% per hari dari pakan alami.
Pembesaran Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok dan Terpal
Kolam terpal adalah kolam yang dasarnya maupun sisi-sisi dindingnya dibuat dari terpal. Terpal yang dibutuhkan untuk membuat kolam ini adalah jenis terpal karet dengan ukuran 5 mm.

desain kolam lele
dedipriyadisleman.blogspot.com


Terpal umumnya berwarna hitam, putih, oranye atau biru. Disarankan untuk menggunakan terpal berwarna hitam, karena tidak mudah terlihat kotor. Selain itu, ikan lele akan merasa nyaman tidur di tempat gelap.

Kolam terpal dapat digunakan untuk budidaya pembesaran semua jenis ikan air tawar seperti mujair, nila, mas, dan lele lokal. Namun demikian, pemanfaatannya untuk pemeliharaan ikan lele mempunyai nilai lebih dan prospek pasar yang cukup baik. Berikut keunggulan kolam terpal:
  1. Kolam terpal idak butuh lahan luas.
  2. Kolam terpal menghindarkan lele dari predator.
  3. Kolam terpal meminimalisir kematian ikan dibanding kolam beton.
  4. Dapat dilengkap pengaturan volume air, begitu juga kolam beton.
  5. Mudah dipindahkan disesuaikan tata ruang.
  6. Dijadikan peluang usaha mikro dan makro.
  7. Kualitas ikan lele lebih tinggi. 
Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele
Berikut ini adalah hal-hal yang harus sobat lakukan untuk membuat kolam terpal guna budidaya ikan lele.
cara ternak ikan lele supaya cepat besar
rajamudalele.blogspot.com

membuat kolam beton
dedipriyadisleman.blogspot.com

  1. Lahan, usahakan lahan yang sedikit rindang, tapi jangan langsung dibawah pohon.
  2. Terpal, berukuran 4 x 5 atau terpal jenis A3, lebih tebal. Tapi ada beberapa kolam sejenis dengan terpal yang lebih tipis. Itu pun bisa dipakai untuk menghemat biaya.
  3. Bambu, diperlukan bambu yang dibelah besar, dengan ukuran 2,2 m sebanyak kurang lebih 10 belahan, dan ukuran 3,2 m sebanyak kurang lebih 10 belahan.
  4. Tiang patok, diperlukan kayu yang nantinya bakal tumbuh agar bisa bertahan lama, seprti tanaman hanjuang atau apa saja yang kuat. Jangan menggunakan bambu karena pakainya terbatas.
  5. Paku, digunakan untuk memaku belahan bambu ke patoknya.
  6. Kawat, digunakan untuk mengikat terpal ke patok/bambu.
Setelah semua bahan tersedia, maka kita dapat segera melaksakan pembuatan kolam terpal ini, berikut tahapan membuat kolam:

biaya pembuatan kolam beton lele
rajamudalele.blogspot.com

konstruksi kolam lele tembok
duniapengetahuan.com

  1. Terlebih dahulu ratakan tanah yang akan dipakai untk mendirikan kolam terpal, jangan sampai ada benda tajam di atasnya.
  2. Lalu dirikan patok di empat sudut berbeda dengan ukuran panjang 3 m dan lebar 2 m.
  3. Kemudian pasang belahan bambu 2,2 m untuk lebarnya dengan menggunakan paku, dan belahan bambu 3,2 untuk panjangnya, pasang agak rapat agar rangka kuat.
  4. Setelah semuanya terpasang, maka terpal dapat dipasang membentuk segi empat di dalam rangka tersebut. 
  5. Ujung terpal di ikan kuat-kuat dengan kawat ke patok.
  6. Karena nantinya terpal akan diisi air, maka pastikan jangan sampai bocor dan rangak kolam terpasang dengan kuat.
Pemupukan Kolam Tembok dan Terpal Budidaya Pembesaran Ikan Lele
Kolam terpal yang akan digunakan harus dipupuk. Pemupukan dimaksud untuk meumbuhkan plankton hewani dan nabati yang menjadi makanan alami bagi benih lele. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang (kotoran ayam) dengan dosis 500 - 700 gram/m2.

Dapat pula ditambahkan urea 25 gram/m2, TSP 20 gram/m2, dan amonium nitrat 15 gram/m2. Selanjutnya dibiarkan selama 3 hari. Kolam diisi kembali dengan air segar. 

Mula-mula 30 - 50 cm dan biarkan selama seminggu sampai warna air kolam berubah menjadi cokelat atau kehijauan yang menunjukkan mulai banyak jasad-jasad renik yang tumbuh sebagai makanan alami ikan lele. Secara bertahap ketinggian air ditambah, sebelum benih lele ditambah.

Membersihkan Kolam Budidaya Ikan Lele di Kolam tembok dan Terpal
Cara budidaya ikan lele di kolam tembok dan kolam terpal tak jauh beda. Pembersihan kolam dari lumpur di dasar kolam secara teratur harus dilakukan agar air kolam sehat. 

Proses ini dikenal dengan pensiponan. Jika kotoran berbentuk lumpur pekat ini tidak segera dibersihkan maka kadar amonia dalam air kolam akan meningkat dan mengancam kelangsungan hidup ikan yang dipelihara.

cara beternak ikan lele untuk pemula
pamujirahmat.blogspot.com

cara membuat kolam beton ikan nila
carakawula.wordpress.com


Perawatan Kolam Pasca Panen Budidaya Ikan Lele

setelah cara budidaya ikan lele selesai sampai masa penen, kolam beton maupun kolam terpal harus dibersihkan dengan cara:
  1. Menyiramkan larutan kapur sebanyak 20 - 200 gram/m2.
  2. Penyiraman dilanjutkan dengan larutan formalin 40% atau larutan permanganat kalikus (PK) dengan cara yang sama.
  3. Kolam dibilas dengan air bersih dan dipanaskan dengan sinar matahari langsung. Hal ini untuk membunuh lansung penyakit yang ada di kolam tembok dan terpal.
Perawatan kolam budidaya yang maksimal akan menghasilkan ikan-ikan lele yang berkualitas. Oleh sebab itu, sobat harus memperhatikan setiap detai perbuatan kolam tembok dan terpal, terutama pengaturan airnya agar mendapatkan air yang berkualitas.

kolam ikan lele modern
mcdayfish.blogspot.com

desain kolam lele
pertanian.net


Perawatan Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok
Perawatan ikan lele di kolam tembok dan terpal umumnya tidak berbeda dengan perawatan di kolam lainnya. Beberapa perawatan lele yang perlu diperhatikan dalam kolam tembok dan kolam terpal sebagai berikut.

cara ternak ikan lele supaya cepat besar
youtube.com


Menambah Air kolam Tembok dan Kolam Terpal
Bila air dalam kolam tembok berkurang keran proses penguapan maka tambahkan air hingga tinggi air kolam menjadi normal kembali. Penambahan air dilakukan dari tinggi awal 30 cm hingga menjadi 60 cm secara bertahap setiap bulan.
 

Penggantian Air Budidaya Perawatan Ikan Lele
Penggantian air dilakukan saat kondisi air tampak kotor. Saat membersihkan kotoran, peralon B digunakan untuk mengurangi air, tetapi jangan sampai habis. 

Tanaman Pelindung dalam Kolam Tembok
Cara budidaya ikan lele di kolam tembok memberikan hasil sendiri, salah satu keberhasilan di dorong adanya faktor tanaman pelindung dari sinar matahari dan juga sebagai makanan tambahan bagi lele. Selain itu, tanaman juga dapat mengisap kotoran di dalam air.

Pemberian Vaksinasi Budidaya Ikan Lele 
Cara-cara sebelum benih ditebarkan adalah untuk mencegah penyakit karena bakteri. Sebelum ditebarkan, lele yang berumur 2 minggu dimasukkan dulu dalam larutan formalin dengan dosis 200 ppm selama 10 - 15 menit. Setelah divaksinasi lele tersebut akan kebal selama 6 bulan.

Tekhnik Tebar Lele dengan Kepadatan Tinggi
Penguasaan teknik-teknik cara budidaya ikan lele di kolam tembok menentukan jumlah kepadatan tebar dan tingkat keberhasilan masa panen yang dihasilkan. Kendala yang dialami oleh petani pemula, kebiasaan tebar yang rendah, yaitu di bawah 200 ekor/m3 air.

membuat kolam beton
benihgurame.com

biaya pembuatan kolam beton lele
youtube.com


Pemberian Pakan Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok
Pada dasarnya lele merupakan ikan yang bersifat omnivora. Berikut langkah-langkah pemberian pakan.
  1. Makanan alami ikan lele dapat diberikan dari lingkungan sekitar.
  2. Pemberian makanan berupa pelet bisa diberikan jika tidak mau repot mencari makanan alami.
  3. Jumlah makanan yang diberikan sebanyak 2 - 5% per hari dari berat total ikan yang ditebar di kolam tembok.
  4. Cara menghitungkan dengan mengambil sampel beberapa lele kemudian ditimbang.
  5. Untuk mempercepat pertumbuhan pemberian pakan, bisa dicampur dengan probiotik. Sehingga ikan lele menjadi cepat besar dan bobotnya bertambah.
  6. Pemberian pakan frekuensinya 3 - 4 kali setiap hari.
  7. Untuk kompisis pakan buatan dapat dibuat dari campuran dedak halus dengan ikan rucah dengan perbandingan 1:9 atau campuran dedak halus, bekatul, cincangan bekicot dengan perbandingan 2:1:1:1. 
Makanan Alami Ikan Lele
Lele adalah jenis binatang omnivora yang memiliki pola makan alamiah. Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan makanan dengan cara berikut:
  1. Makanan alami berupa zooplankton, larva, cacing-cacing, dan serangga.
  2. Makanan berupa fitoplankton adalah Gomphonema spp (gol.Diatome), Anabaena spp (Gol.Cynopyta) dan lainnya.
  3. Ikan lele juga menyukai makanan busuk yang berprotein.
  4. Ikan lele juga menyukai kotoran yang berasal dari kakus.
Makanan Tambahan untuk Perawatan Ikan Lele di Kolam Tembok
Pemeliharaan di kolam tembok dan kolam terpal dapat diberi makanan tambahan berupa sisa-sisa makanan keluarga, daun kubis, tulang ikan, tulang ayam yang dihancurkan, usus ayam, dan bangkai. Campurka dedak dan ikan recah atau campuran bekatul, jagung, dan bekicot (2:1:1).

konstruksi kolam lele tembok
komunitas-lelesangkuriang.blogspot.com

cara beternak ikan lele untuk pemula
jagonyabibitikan.com


Cara Pemberian Pakan Budidaya Perawatan Ikan Lele 
Pemberian pekan cara budidaya ikan lele di kolam tembok dan kolam terpal perlu kita ketahui bersama agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini cara pemberian pakan budidaya ikan lele.
  1. Pelet mulai dikenalkan pada ikan lele saat umur 6 minggu dan diberikan pada ikan lele 10 - 15 menit sebelum pemberian makanan yang berbentuk tepung.
  2. Pada minggu 7 dan seterusnya sudah dapat langsung diberi makanan yang berbentuk pelet.
  3. Hindarkan pemberian pakan pada saat terik matahari, karena kalau suhu tinggi dapat mengurangi nafsu makan lele.
Baca juga: 
Pemberian pakan yang sempurna, baik dari bahan makanan maupun cara pemberiannya akan memaksimalkan pertumbuhan ikan lele. Selain itu, kualitas dan gizi lele pun menjadi optimal. Demikian cara budidaya ikan lele di kolam tembok dan kolam terpal ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan air tawar lainnya.