January 31, 2017

Cara Ternak Bibit Lele yang Baik dan Cepat Panen

Cara Ternak Bibit Lele Agar Cepat Panen Infoikan.com Bibit lele merupakan anakan ikan lele yang masih kecil yang harus melewati lagi masa pembenihan serta pembesaran ikan lele. Keberhasilan seorang petani ditentukan baik dan buruknya pemeliharaan ternak bibit lele ini.

Jika dari bibit lele saja sudah berhasil, maka hasil akhirnya cara budidaya ikan lele pasti berjalan dengan lancar cepat panen dan meraih keuntungan yang besar. Bagi sobat pemula pasti agak bingung cara ternak bibit lele ini. Karena akan mempunyai kesamaan dengan anakan lele. Sedangkan bibit lele hanya nama pantasnya saja bagi hewan. Berikut ulasan lengkap cara ternak bibit lele.

cara pembenihan ikan lele
bloginformasi.com


Cara Terbaik Ternak Bibit Lele Cepat Besar

Persiapan yang dilakukan untuk pembibitan lele harus berani membuat kolam yang beragam walaupun di lokasi sempit. Mengapa harus membuat kolam yang banyak untuk bibit lele? Tak lain persiapan sebelum indukan memijah dan mengeluarkan bibit.

Indukan yang siap untuk dikawinkan minimal sudah berumur 6 bulan dengan berat 1 kg per ekor indukan lele. Dengan beralaskan dari ijuk dalam kolam pemijah maka indukan akan kawin dan membuahkan banyak telur berwarna kuning.

Idealnya petani menaruh perbandingan induk jantan 1 dan 2 induk betina dalam semalam, setelah dibuahi, dikala petang mendatang yaitu subuh pagi hari biasanya sudah kelihatan telur-telur lele ini. Minimal akan ada hasil sekitar 50 ekor bibit dalam setiap induk lele yang baik dan bekualitas baik lele dumbo jenis pyton maupun yang lain.
Baca juga: 

cara pemijahan ikan lele di kolam terpal
jualbibitlele.wordpress.com

cara menetaskan telur lele
jualbelileledilampung.blogspot.com


Cara Penetasan Telur Ternak Ikan Lele
Besama berjalannya waktu, Pembibitan akan berlangsung selama 2 - 3 mingguan lalu sudah bisa dipanen. Jika sobat ternak lele yang sudah tumbuh besar lele dewasa akan berbeda lagi, yaitu sekitar 2 bulanan untuk siap panen. 

Kelebihan ternak lele dumbo jenis pyton ini jika indukan yang dipilih tepat dan bagus, dalam satu bulan dapat dipanen 2 - 3 kali. Dengan provit keuntungan sekali panen sekitar 1 jutaan sampai 2 juta dari 1 ekor induk yang berhasil baik. Tak heran jika sekarang ini ternak pembibitan lele semakin menyebar luas.

cara pemijahan ikan lele sangkuriang
satujam.com

video pemijahan ikan lele
udwahyujati.blogspot.com


Keuntungan Ternak Bibit Lele
Hal ini berdasarkan petani asal jawa yang berhasil melakukan pembibitan jenis lele pyton. Yang mana para tengkulak akan mengambil sendiri bibit lele pyton ini langsung pada kolam peternak. Uraian di atas sudah jelas, 1 - 2 juta hanya berasal dari satu induk dalam dua minggu saja. Jika induk persediaannya lebih dari 100, tinggal mengalikan sendiri. 

Keunikan lainya jika peternak satu tidak mendapatkan stok indukan berdasarkan permintaan, maka ada rental penyewaan induk lele ini. Biasanya dengan harga 10 ribu untuk 1 ekor induk yang lagi hamil. Menjanjikan bukan!!

cara pembesaran ikan lele
inilahblitar.blogspot.com

 pembenihan ikan lele di kolam terpal
lelemurahbanget.blogspot.com


Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Bibit Lele
Untuk jenis makanan sobat dapat menyesuaikan berdasarkan umurnya. Ketika masih berumur baru lahir - 10 hari biasanya bibit lele diberi cacing sutera, jentik nyamuk. Sedangkan yang sudah menginjak umur 10 hari hingga 20 pakan pelet akan mempercepat pertumbuhannya yaitu pelet bubuk, dengan syarat semua bibit masih kecil atau kecebong.

Makanan yang Baik untuk Bibit lele
bibitlelepalembang.blogspot.com

Pakank alami bibit Lele agar
topan36.wordpress.com


Cara Memilih Bibit Lele yang Baik dan Bagus

Pada umumnya tips dan cara ternak bibit lele para petani peternak lele menggunakan ayakan untuk memilih jenis bibit berukuran kecil dan besar serta harus memisahkan antara keduanya. Jika dibiarkan bercampur antara bibit besar-kecil ditakutkan akan terjadi kematian pada bibit lele yang kecil. Umumnya umur kurang 10 hari pemilihan ini berlangsung.

Kebanyakan kendala saat masa pembibitan ini terletak pada airnya, karena bibit lele butuh air yang bersih dan segar serta terhindar dari bakteri yang mengancam. Maka tak heran jika pemerintah mengadakan air PAM atau sumur bur untuk ternak bibit lele ini dan budidaya ikan lainnya.

Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara ternak bibit lele ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan lele.