January 29, 2017

Cara Pembenihan Ikan Lele Lengkap dan Mudah

Pembenihan Ikan Lele Infoikan.com Budidaya lele hampir sama seperti halnya budidaya ikan air tawar lainnya. Budidaya bisa dilakukan di kolam semen, kolam lumpur, kolam terpal, maupun kolam media lainnya.

Syarat ketinggian untuk pembenihan ikan lele adalah berada pada areal dengan ketinggian 1m-800 dpi. Sumber air untuk budidaya lele dapat menggunakan aliran irigasi, air sumur, ataupun air hujan yang sudah di kondisikan terlebih dahulu.

cara menetaskan telur lele
teknologibiologi.WordPress.com

Tempat Budidaya Pembenihan Ikan Lele

Lele bisa hidup pada kolam yang memiliki kepdatan cukup tinggi sehingga dapat dibudidayakan dalam pekarangan yang terbatas. Budidaya lele dalam lahan terbatas biasanya dilakukan dalam skala rumah tangga atau skala kecil.

Dengan modal yang kecil, budidaya lele bisa dilakukan dengan cara seminimal mungkin, misalnya kolam dibuat dengan terpal, makana dicarikan dari sumber makanan alami dan upaya lainnya. 

Dalam budidaya ternak lele, dibutuhkan media sebagai habitat hidupnya. Banyak media jenid kolam untuk ternak lele yang bisa dipilih, seperti ternak lele kolam terpal, ternak lele kolam bak semen atau permanen, ternak lele kolam tanah, dan masih banyak jenis media kolam untuk ternak lele yang bisa Anda praktekan.

Media kolam untuk ternak lele idealnya harus mempunyai kontruksi yang tepat, mempunyai kualitas air yang baik, dan mempunyai perawatan yang bgus. Bila sobat menggunakan kolam tanah untuk budidaya lele, perhatikan bagian dinding kolam, pastikan dalam kondisi padat dan tidak bocor. Mengeraskan kolam untuk ternak lele bisa dengan cara memukul-mukul dinding kolam untuk memadatkan.

cara pemijahan ikan lele yang baik dan benar
jualbenihikan.com

cara pemijahan ikan lele sangkuriang
BudidayaPerawatan.blogspot.com


Cara Membuat Kolam untuk Pembenihan Ikan Lele
Langkah berikutnya pembenihan ikan lele dalam pembuatan kolam ternak lele memberikan kapur ke dalam kolam untuk mengantisi pasi hama dan penyakit yang bersarang dalam kolam. Dosis pemberian kapur yang dianjurkan adalah 20 - 200 gram per meter persegi, tergantung tingkat keasamannya. 

Selanjutnya pemasangan pintu penyaringan dan pemupukan dasar menggunakan pupuk makro NPK dan tambahan dengan pupuk organikpadat khusus perikanan.

Pupuk organik ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, serta menjaga memperbaiki kelestarian lingkungan tambak dengan memberikan mineral-mineral yang dibutuhkan ikan, mempercepat pertumbuhan plankton sebagai pakan alami ikan lele, serta mengikat logam-logam berat sekaligus membantu mengurai senyawa komplek berbahaya.
Baca selengkapnya:

pemijahan ikan lele secara buatan
berbagi1001.blogspot.com

cara pembesaran ikan lele
bibitikan.net
 

Pengaturan Kualitas Air Pembenihan Ikan Lele

Melakukan pembenihan ikan lele harus diperhatikan secara betul, karena air kolam akan berkurang dengan adanya proses penguapan, maka perlu tambahan air setinggi air semula ke posisi noemal. Pada tingkat air 20 cm (bulan pertama), 40 cm (bulan kedua), dan 80 cm (bulan ketiga).

Warna air yang terbaik bagi ikan lele berwarna hijau menunjukkan bahwa kualitas air yang baik untuk ikan lele. Lele tidak suka air jernih dan air akan berubah merah ketika ikan sudah dewasa untuk siap panen.

Kolam jangan terlalu dangkal karena penguapan akan membuat ikan menjadi terlalu panas. Tentunya ini menjadikan ikan akan kelelahan dan mati. Solusinya adalah dengan menambah air telah surut kembali ke posisi yang telah ditentukan.

Selain itu perlu untuk menambah tanaman air seperti kangkung, daun talas/talas, dan enceng gondok . Fungsi sebagai tanaman peneduh, selain itu juga dapat menyarap racun yang terkandung dalam air kolam. 

Pada dasarnya dalam melakukan pembenihan ikan lele jangan sampai airnya jernih. Hal ini dapat dilihat dari sifat dan bentuk tubuhnya. Pakan alami ikan lele di malam hari menyebabkan lele tidak perlu penglihatan baik. Hal ini karena ikan lele memiliki kumis sekitar mulut.

Selain itu, sistem pernafasan ikan lele menggunakan labirin, yang berrarti bernafas lele tidak tergantung pada oksigen yang terlarut dalam air. Dengan demikian, kondisi oksigen minimal lele dapat hidup air berlumpur tersebut.
Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang pembenihan ikan lele ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan berikutnya.