January 30, 2017

Tips Memilih Induk Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas Bagus

Cara Memilih Induk Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas Bagus Infoikan.com Pengen tahu cara merawat induk lele supaya cepat bertelur? atau mau tahu membuat induk lele unggul? Siapa yang tidak ingin ngerti cara merawat induk lele yang baik dan berkualitas. Hanya dengan indukan yang matang gonad, petani siap melakukan pemijahan budidaya ikan lele.

Sebelum memilih induk lele yang baik, maka persiapan pertama adalah persiapan kolam pemeliharaan. untuk ukuran pemeliharaan jangan terlalu halus. Hal ini untuk memudahkan pengontrolan dan pemeliharaan.

merawat induk lele agar cepat bertelur
solofarm.WordPress.com


Tips Cara Memilih Induk Ikan Lele Berkualitas Baik

Pemeliharaan induk lele dilakukan secara terpisah antara induk jantan dan betina berdasarkan kelompok generasi, karena untuk memudahkan dalam seleksi induk sekaligus menghindari terjadinya kawin liar atau yang biasa disebut mijah maling.   

urutan pemijahan lele secara alami
hewanternak.com

induk lele matang gonad
budidayaperawatan.blogspot.com


Ciri-ciri Induk Lele Jantan
  1. Kepalanya lebih kecil dari induk ikan lele betina
  2. Warna kulit dada agak tua bila dibanding induk ikan lele betina
  3. Urogenital papilla (kelamin) agak menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warna kemerahan.
  4. Gerakannya lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng.
  5. Perutnya lebih langsing dan kenyal bila dibanding induk ikan lele betina.
  6. Biola bagian perut di stripping secara manual dari perut ke arah ekor, akan mengeluarkan cairan putih kental (spermatozoa-mani).
  7. Kulit lebih halus dibandingkan induk ikan lele betina.
Ciri-ciri Induk Ikan Lele Betina
  1. Bentuk kepalanya lebih besar dibanding induk lele jantan.
  2. Warna kulit dada agak terang.
  3. Urogenital papilla (kelamin) berbentuk oval (bulat daun), berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar dan terletak di belakang anus.
  4. Gerakannya lambat, tulang kepala pendek dan agan cembung.
  5. perutnya lebih gembung dan lunak.
  6. Bila bagian perut di stripping secara manual dari bagian perut ke arah ekor akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan (ovum/telur).
Setelah mengetahui ciri-ciri induk lele jantan dan betina, maka kita harus tahu syarat memilih induk lele yang baik. Berikut beberapa tanda induk lele yang baik buat pemijahan. Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
  1. Kulitnya lebih kasar dibanding induk lele jantan.
  2. Induk lele diambil dari lele yang dipelihara dalam kolam sejak kecil supaya terbiasa hidup di kolam.
  3. Berat badannya berkisar antara 100 - 200 gram, tergantung kesuburan badan dengan ukuran panjang 20 - 25 cm.
  4. Bentuk badan simetris, tidak bengkok, tidak cacat, tidak luka, dan lincah.
  5. Umur induk jantan di atas 7 bulan, sedangkan induk betina berumur satu tahun.
  6. Frekuensi pemijahan bisa satu bulan sekali, dan sepanjang hidupnya bisa memijah lebih dari 15 kali dengan syarat apabila makanannya mengandung protein.
Cara Memilih Induk Ikan Lele yang Siap Memijah
Mengetahui indukan yang baik saja belum cukup, kita hrus tahu ciri-ciri indukan lele yang sudah siap untuk dipijah. Berikut ini beberapa ciri yang menandakan bahwa indukan lele siap memijah.
  1. Calon induk terlihat mulai berpasang-pasangan, kejar-kejaran antara yang jantan dan betina.
  2. Jika demikian, induk tersebut segera ditangkap dan tempatkan dalam kolam tersendiri untuk dipijahkan.
Nah, dengan mengetahui semua ciri-ciri dari jenis kelamin, memilih induk ikan lele yang baik, serta indukan yang sudah siap dipijah, maka kita bisa melakukan penyeleksian, Pada bagian berikutnya kita akan tahu bagaimana cara menyeleksi induan. 


ciri induk lele yang siap memijah
bpp-tegal.com

perawatan induk lele yang baik
budidayaleleku.com

 merawat induk lele agar cepat bertelur
budidayaperawatan.blogspot.com



Tips Menyeleksi Induk Ikan Lele untuk Budidaya Pemijahan

Untuk memperoleh calon induk lele yang baik, dan memilih induk ikan lele yang baik juga, maka perlu dilakukan seleksi. Tahap ini dilakukan mulai sejak fase telur. Benih-Benih yang berasal dari telur berukuran besar mempunyai kecepatan tumbuh lebih tinggi dibanding dengan benih-benih berasal dari telur berukuran kecil.

Selain itu, cadangan makanan larva yang berasal dari telur ukuran besar lebih banyak daripada telur ukuran kecil. Seleksi dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Memilih benih-benih calon induk yang mempunyai bentuk luar baik.
  2. Mempunyai keunggulan fisik baik, seperti pertumbuhannya lebih cepat dibanding dengan benih lainnya.
  3. Tubuh tidak cacat dan mempunyai sifat-sifat unggul dari induknya.
Benih ikan lele yang terpilih selanjutnya dipelihara secara khusus dan terpisah, hal ini untuk kemudian dijadikan calon induk.

ciri induk lele yang siap memijah
keboen-ikan.com


Setelah kita menyeleksi indukan yang bakal kita pijah, maka selanjutnya kita harus tahu bagaimana cara merawat indukan. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat induk lele Anda.
  1. Dalam proses, atau selama pemijahan dan masa perawatan, induk lele diberi makanan yang berkadar protein tinggi seperti cincangan daging bekicot, larva/belatung, rayap atau makanan buatan peley.
  2. Ikan lele membutuhkan pelet dengan kadar protein yang relatif tinggi, yaitu kurang lebih 60%. Cacing sutera kurang baik untuk makanan induk lele, karena kandungan lemaknya tinggi. Pemberian cacing sutera harus dihentikan seminggu menjelang perkawinan atau pemijahan.
  3. Makanan diberikan pagi hari dan sore hari dengan jumlah 5 - 10% dari berat total ikan.
  4. Setelah benih berumur seminggu, induk betina dipisahkan, sedang induk jantan dibiarkan menjaga anak-anak. setelah berumur 2 minggu, bari induk jantan diambil.
  5. Segera pisahkan induk-induk yang mulai lemah atau yang terserang penyakit untuk segera diobati.
  6. Mengatur aliran air masuk yang bersih, walaupun kecepatan air tidak perlu terlalu deras, cukup 5 - 6 liter/menit.
Tips Merawat Induk Ikan Lele
Untuk memperoleh induk yang berkualitas baik, pakan yang diberikan pada induk lele harus diperhatikan kualitas dan kuantitasnya. Pakan yang baik akan menentukan kecepatan pematangan gonad. Dalam hal ini manajemen pemberian pakan sangat menentukan keberhasilan pemeliharaa induk lele.

Pakan yang diberikan berupa pelet dengan kadar protein 30% yang menunjukkan bahwa pakan tersebut baik untuk diberikan ke induk. Karena protein akan digunakan untuk perkembangan telur, maka perkembangan telur dapat cepat tumbuh.

merawat induk lele agar cepat bertelur
kumislele1997.blogspot.com

perawatan induk lele yang baik
renorisadi.blogspot.com


Pemberian pakan yang baik bisa dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore hari. 
Baca juga:
Demikian sobat sekit ulasan tentang cara memilih induk ikan lele yang baik serta berkualitas bagus ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan berikutnya.