January 28, 2017

Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)

Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki) Infoikan.com Ikan tambakan merupakan jenis ikan air tawar yang masih langka ditemukan. Cara budidaya sudah diketahui, akan tetapi ikan tambakan ini kurang begitu diminati oleh masyarakat.

Di beberapa daerah disebut ikan terbakan (Jawa Barat), tambakan (Jawa Tengah), ikan sapil (Sumatera Selatan), biawan (Kalimantan). Ikan poni sering kali disebut juga dipakai orang untuk menyebut ikan tambakan ini. Ikan ini termasuk jenis genus Helostoma dari famili Anabantidae. Berikut cara budidaya ikan tambakan.

pemijahan ikan tambakan


Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)

Ikan tambakan yang ada di masyarakat dan seing dijumpai ada 2 macam, yaitu:

Ikan Tambakan Gibas
Benihnya berwarna kehijau-hijauan, kulit mengkilap seperti sisik yang berada di daerah punggung, berwarna kehijau-hijauan atau kebiruan, mata jernih, badan buntek dan lebar namun lembek. Induk betina yang sudah matang kelamin perutnya membengkak mulai dari lubang genital sepanjang rongga perut.

Berat tubuh bisa mencapai 500 gram/ekor bahkan 1 kg lebih seperti yang sering diketemukan di perairan kalimantan.

Ikan Tambakan Kanyere
Benih berwarna kekuning-kuningan, badan reatif lebih panjang, dua atau tiga sisik di punggung atau di badan mengkilap, bintik mata agak kelabu, badan lebih keras. Jika induk matang telur perut membengkak hanya dekat lubang genital saja.

klasifikasi ikan tambakan Helostoma Temmincki
alamikan.com

umpan ikan tambakan
WarrenPhotographic.co.uk


Kebiasaan Hidup Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki) di Alam 
Ikan tambakan merupakan ikan air tawar, sunga, rawa, yang cocok dipelihara di kolam yang sirkulasi airnya kurang lancar, atau miskin oksigen. 

Ikan tambakan lebih menyukai tempat yang hangat, yang biasane berada pada ketinggian antara 150 - 750 m dari permukaan air laut. Suhu air yang optimal yang memberikan hasil yang baik bagi pemeliharaan ikan ini antara 25 - 30 derajat C.

makanan ikan tembakang
rudiyantoproma.wordpress.com

pembesaran ikan tembakang
bibitikan.net


Makanan Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)
sebelum melakukan budidaya ikan tambakan, terlebih dulu mengetahui jenis makanan ikan tambakan ini. Jenis pakan yang disukai ikan tambakan baik kecil maupun besar dapat berupa plankton yang melayang-layang dalam air.

Kebiasaan Berkembang Biak Budidaya Ikan Tambakan (Breeding Habits)
Ikan tambak mulai mau berbiak sejak berumur 12 - 18 bulan dengan panjang total kurang lebih 20 cm. Di alam aslinya, jika ada tekanan air yang naik maka induk mulai memijah untuk meneruskan keturnan.

harga ikan tembakang
id.Wikipedia.org

ikan tembakang terbesar
WallpapersXL.com


Cara Memilih Induk Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)
Induk tambakan yang telah matang kelamin dapat dilihat dari ciri-cirinya berikut ini:
klasifikasi ikan biawan
alamikan.com


Ciri-ciri induk betina ikan tambakan
-Badannya relatif tebal agak membulat, jinak. Sisiknya terutama mulai dari dagu ke perut lebih putih  bersih dari pada jantan. Perut mengembang dengan pangkal sirip dada berwarna kemerah-merahan.

Ciri-ciri induk jantan ikan tambakan
-Badannya relatif lebih tipis, memanjang dan kelihatan liar. Warnanya mulai dari dagu ke perut lebih gelap daripada betina. Jika perutnya di tekan akan mengeluarkan cairan putih yang tidak lain adalah sperna.

Induk-induk yang akan dipijahkan sebaiknya telah berumur 12 bulan dengan berat per individu sekitar 150 gr. 

pemijahan ikan tambakan
WarrenPhotographic.co.uk

klasifikasi ikan tambakan
www.waterkingdom.je


Pemijahan Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki) 

Keberhasilan pemijahan budidaya ikan tambakan di kolam ditentukan oleh tersedianya induk-induk yang baik serta penyiapan tempat yang sesuai selera ikan tambakan, dalam arti dengan melihat kebiasaan hidup merka di alam, khususnya kebiasaan berkembang biak.

umpan ikan tambakan
YouTube.com

makanan ikan tembakang
RateMyFishTank.com


Kontruksi Kolam Pemijahan Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)
Seperti kontruksi kolam pemijahan ikan pada umumnya, kolam pemijahan ikan tambakan sebaiknya juga mempunyai pintu pemasukan dan pengeluaran air yang sama-sama diberi saringan dengan plastik kasa.

Pada budidaya ikan tambakan di kolam pemijahan berfungsi juga sebagai kolam penetasan telur sekaligus dapat dibuat perawatan benih hingga berumur kurang lebih sebulan (30) hari.

 pembesaran ikan tembakang
NautilusMarineWholesale.com


Persiapan Kolam Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)
Pematang kolam budidaya ikan tambakan harus mendapatkan perhatian yang ekstra, rmput-rumput yang menjulur ke dalam kolam sebaiknya dibersihkan sehingga pematang kolam terlihat bersih.

Permukaan kolam usahakan ditutupi jerami segar, yang membantu induk tambakan mencari tempat telindung yang strategi untuk melaksanakan pemijahan.

harga ikan tembakang
WEB.Forumacvarist.ro


Pemijahan Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki)
Setelah persiapan kolam budidaya ikan tambakan selesai, air segar dimasukkan. Pemasukan air dimasukkan pagi hari kurang lebih jam 06.00. Setelah air mencapai ketinggian 2/3 bagian kolam, kurang lebih 40 cm dibagian pemasukan dan 70 cm di bagian pengeluaran. 

Induk-induk tambakan yang telah diberok selama 3 - 7 hari dilepas dalam kolam. Pelepasan induk ini diusahakan tidak melebihi jam 10.00.

Jika kita tepat memilih induknya, maka pemijahan akan terjadi lewat tengah malam atau menjelang subuh, sekitar jam 02.00 - 04.00 pagi. 

Setelah 7 hari kemudian kolam akan terisi benih tambakan di pupuk dengan pupuk kandang 20 kg untuk kolam seluas 100 m2 dan pupuk hijau sebanyak 40 kg.

ikan tembakang terbesar
RYBICKY.NET


Pembesaran Budidaya Ikan Tambakan (Helostoma Temmincki) di Kolam
Untuk mendapatkan ikan tambakan yang berukuran konsumsi, maka benih yang baru berumur 30 hari tersebut perlu dirawat dan dibesarkan di kolam. Sebaiknya kolam telah tersedai makanan alami secara cukup dan terbebaskan dari ikan lain yang tidak dikehendakinya.

Satu hal ketika melakukan pembesaran budidaya ikan tambakan jangan lupa untuk selalu menjaga kolam dari berbagai hama seperti ular, gabus, dan biawak. Bukan karena ikan ini tidak rasanya, namun karena tubuhnya yang banyak mempunyai sirip yag berjari-jari  keras dan bersisik yang tajam.

Sekian sedikit ulasan tentang budidaya ikan tambakan ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan berikutnya.

Baca juga:
-Cara Memelihara Semua Jenis Ikan yang Baik dan Benar
-Usaha Budidaya Ikan untuk Pemula Hasil Melimpah
-Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis untuk Pemula