January 23, 2017

Cara Memelihara Semua Jenis Ikan yang Baik dan Benar

Cara Memelihara Ikan Air Tawar, Ikan Air Laut, dan Ikan Air Payau Infoikan.com Pernah melakukan budidaya ikan hias? atau pengen tau cara merawat dan memelihara ikan air tawar, ikan air laut, dan ikan air payau serta ikan hias yang baik dan benar? Siapa sih yang tidak menginginkan ikan ternaknya sehat dan tumbuh besar, khususnya bagi para peternak dan pembudidaya untuk usaha dan bisnis sampingan pemula.

Berikut akan info ikan ulas bagamana cara memelihara ikan air tawar yang baik dan benar sesuai dengan yang dikehendaki. Jarang sekali para petani yang sudah melakukan dengan benar proses pemeliharaan ikan, khususnya tidak pernah terserang penyakit dan hama. Berikut beberapa langkah cara memelihara ikan air tawar paling mudah dan menguntugkan:

ternak ikan paling mudah dan menguntungkan


Aturan Pemberian Pakan dalam Memelihara Ikan Air Tawar

Tujuan pemberian pakan adalah menyediakan gizi untuk kesehatan yang baik, pertumbuhan dan hasil panennya yang optimum, produksi limbah yang minimum dengan biaya yang masuk akal demi keuntungan yang maksimum.

Pakan yang berkualitas gizinya dan fisik merupakan kunci untuk mencapai tujuan-tujuan produksi dan ekonomis budidaya ikan. Berbagai kandungan gizi pada ikan memiliki fungsi tersendiri untuk menjaga ikan tetap hidup dan tumbuh. Pakan yang baik akan mengandung nilai gizi yang seimbang.

contoh perikanan air tawar


Kandungan Nutrisi dalam Pakan Ikan
Protein
Kebutuhan protein untuk ikan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ukuran ikan, temperatur air, rata-rata pemberian pakan, ketersediaan dan kandungan gizi pakan, keseluruhan kandungan energi yang didapat dicerna oleh ikan dan mutu protein tersebut. Mutu protein tergantung pada kualitas dan kuantitas asam amino esensial yang terkandung di dalamnya serta daya serapnya.

makalah budidaya ikan air tawar


Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik terbesar yang biasa terdapat pada tanaman, seperti: gula sederhana, amilum (tapioka), selulosa, gum dan zat-zat lain yang berhubungan. Karbohidrat merupakan sumber energi yang murah dan dapat menggantikan sumber energi protein yang lebih mahal.

cara budidaya ikan air tawar cepat panen


Lemak
Lemak merupakan senyawa organik yang penting untuk penyusunan membran sel pada tanaman, hewan dan mikroba. Lemak merupakan senyawa tidak larut air, tetapi dapat larut pada pelarut nonpolar (bukan air), seperti eter dan alkohol. Contoh jenis makanan yang mengandung banyak lemak yaitu minyak ikan, minyak kelapa, dan minyak kedelai.

budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan


Vitamin dan Mineral
Dalam memelihara ikan air tawar banyak komponen lain ditambahkan di dalam formulasi pakan disamping sumber bahan gizi yang utama (protein, lipid, karbohidrat).

pengertian budidaya ikan air tawar


Kualitas Bahan Baku Pakan dalam Pemeliharaan Ikan Air Tawar

Untuk memproduksi pakan yang berkualitas diperlukan bahan baku pakan yang juga berkualitas. Cara memelihara ikan air tawar sebetulnya mudah, bahan-bahan baku tersebut perlu dilindungi selama proses ataupun selama penyimpanan.Beberapa bahan baku juga mengandung zat anti nutrisi yang dapat menghambat pemanfaatan gizi (seperti protein) oleh ikan.

Dalam penyiapan pakan, bukan hanya mencampur bahan-bahan baku tetapi melindungi bahan-bahan baku tersebut selama proses memelihara ikan air tawar. Seringkali, sebelum bahan-bahan tersebut digunakan, bahan tersebut harus diproses untuk menghilangkan zat-zat yang dapat menghambat pemanfaatan bahan gizi yang dibutuhkan oleh ikan.

Proses tersebut bertujuan agar gizi pakan lebih efektif digunakan dan dimanfaatkan untuk memelihara ikan dengan baik. Penyimpanan pakan juga harus diperhatikan seperti proses penyiapan dan pengolahan, karena mempengaruhi umur simpan dari pakan tersebut.

budidaya ikan air tawar di lahan sempit


Penyakit pada Ikan, Cara Mencegah dan Mengobatinya
Bedasarkan penyebabnya, penyakit dibedakan menjadi dua yaitu penyakit non-parasiter dan penyakit parasiter. 

Penyakit non-parasiter adalah penyakit yang timbul bukan karena serangan penyakit parasit, tetapi biasanya bersumber dari faktor lingkungan dan makana. Sedangkan penyakit parasiter adalah penyakit yang timbul karena serangan organisme parasit misalnya bakteri dan virus. 
Baca ini:
-Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya
-Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp
-Macam-Macam Penyakit Pada Budidaya Semua Jenis Ikan

Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara memelihara ikan air tawar ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan berikutnya.

Baca juga:
-Penyakit Ikan mas Koki dan Cara Mengatasinya
-Penyakit Ikan Lele ? Ini Dia Cara Mencegah dan Mengatasinya
-Jenis Penyakit Budidaya Ikan Lele dan Cara Mengobatinya