December 26, 2016

Penyakit Ikan mas Koki dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Mengatasinya Infoikan.com Pernah memelihara ikan mas koki? sudah taukah jenis penyakit yang dapat menyerang koki? Siapa sih yang tidak tahu mas koki ini, ikan yang mempunyai bentuk tubuh unik dan warna yang cantik. Sekaligus masih merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara.

Bagi pemula yang ingin merawat ikan ini harus bisa melihat ciri-ciri ikan mas koki sakit serta harus mengetahui dulu jenis penyakit ikan mas koki. Karena suatu saat jika lengah dalam mengurusnya, akan timbul hal yang tidak diinginkan yaitu munculnya keanehan pada tubuh mas koki ini.

Seperti halnya jenis ikan yang lain, ada kalanya ikan mas koki terserang penyakit. Misalnya busuk sirip, white spot, kembung, mengap-mengap, berenang terbalik, dan stress. Penyakit yang dialami ikan mas koki tidak selalu disebabkan oleh bakteri atau jamur, tetapi dapat disebabkan karena kondisi lingkungan dan cara pemeliharaan yang salah. Berikut beberapa keterangan penyakit ikan mas koki dan cara mengatasinya:
Baca juga: Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp

Gambar ciri ciri ikan mas koki sakit


Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Mengatasinya


1. Busuk Sirip

Gambar Penyakit Ikan Mas Koki Busuk Sirip

Gejala awal ikan mas koki yang mengalami busuk sirip adalah timbul garis merah pada ujung sirip. garis ini semakin lama semakin lebar hingga mencapai pangkal ekor sehingga selaput sirip menjadi gundul. Jika penyakit semakin parah dapat menyebabkan busuk insang. Penyakit busuk sirip disebabkan oleh jamur yang bentuknya seperti kapas. Jamur penyebab busuk sirip hidup dalam air yang suhunya dibawah 20 derajat selsius.

Untuk mencegah penyakit busuk sirip, sebaiknya air yang digunakan suhunya selalu dijaga yaitu antara 28 - 32 derajat selsius dengan menggunakan heater. Sedangkan penanggulangan busuk sirip dapat dilakukan dengan cara menyelupkan ikan kedalam larutan formalin selama 1 menit kemudian memindahkan ikan ke dalam aquarium yang bebas jamur. Takarannya 10 cc formalin untuk 50 L air. 

Cara lain mengatasi penyakit busuk sirip adalah dengan menggunakan obat yang mengandung copper sulphate, antibiotik furanance, krim antibakteri, atau obat yang mengandung hidrogen peroksida.

2. Penyakit Ikan Mas koki - White Spot
White spot merupakan penyakit munculnya bintik pitih pada sisik ikan maskoki. Penyakit ini merupakan jenis penyakit ikan yang sering menyerang ikan mas koki. White spot dapat diatasi dengan menggunakan obat yang mengandung copper sulphate, antibiotik furanance. 

Gambar Penyakit Ikan Mas Koki White Spot


Cara mengatasi penyakit white spot koki dan mengobatinya: 
Langkah pertama adalah bersihkan setiap sudut kaca aquarium, kemudian periksa dan bersihkan filter
  • Selanjutnya masukkan air baru yang telah diendapkan. 
  • Tuangkan obat kedalam air tersebut dan tambahkan 2 sendok teh garam ikan untuk setiap 25 L air. 
  • Langkah terakhir adalah memanaskan dan menjaga suhu air, yaitu berkisar 30 derajat selsius.

3. Penyakit Kembung Ikan Mas Koki
Ikan mas koki dapat mengalami kembung jika diberi pakan terlalu banyak. Akibatnya ikan mas koki tidak dapat berenang dengan baik. 

Ikan mas koki yang mengalami kembung akan berenang mengapung dengan perut terbalik. Penyakit ini termasuk yang sulit disembuhkan dan memakan waktu yang lama, cara mengatasi dan pencegahannya adalah dengan mengurangi porsi pakan ikan.

Gambar Penyakit Ikan Mas Koki Kembung


4. Penyakit Ikan Mas Koki Berenang Terbalik

Sering sekali ikan mas koki berenang terbalik. Hal itu bukan karena ikan mas koki sedang berakrobat, Tetapi karena terserang penyakit berenang terbalik. Ikan akan berenang terbalik karena ada organ dalam tubuhnya yang kurang beres. 

Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena infeksi bakteri, faktor keturunan (genetik), pakan yang tidak hegenis, atau kualitas air yang kurang baik. 

Infeksi bakteri dapat terjadi karena buruknya kualitas air. Turunnya kadar PH karena menjadi <6 menyebabkan munculnya bakteri salmonella sp yang dapat memicu penyakit ini.    

Gambar Penyakit Ikan Mas Koki Berenang Terbalik



5. Penyakit Stress
Penyakit ikan mas koki terakhir adalah stress. Ikan mas koki termasuk ikan yang rakus. Ia selalu memakan pakan yang diberikan. Namun, ada kalanya ikan mas koki tidak mau makan. Hal ini karena ikan mas koki terserang penyakit dan mnegalami stress. Biasanya ikan stress karena menempati tempat aquarium atau kolam ikan yang baru atau air aquarium habis diganti.

Cara mengatasi stress dengan aquarium baru yaitu sobat bisa meletakkan ikan mas koki dalam aquarium atau baskom yang beraerator selama 4 - 5 hari, kemudian masukkan air baru sedikit demi sedikit. Setelah ikan terbiasa, pindahkan ikan ke aquarium yang dikehendaki.   

Sedangkan untuk koki yang stress karena air yang baru, solusinya setiap mengganti air, jangan sampai langsung mengganti seluruh aquarium, sisakan setengan atau seperempat air lama dalam aquarium. Dalam arti ganti 50% saja. 

Demikian sobat sedikit ulasan tentang penyakit ikan mas koki dan cara mengatsinya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang perawatan berikutnya.  

Baca juga:
-Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya
-Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya
-Macam-Macam Penyakit Pada Ikan
-Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya