December 26, 2016

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya Infoikan.com Pernah menemukan jenis penyakit badan merah pada koi? atau penyakit jamur dengan bintik putih pada sisik ikan? Siapa sih yang tak kenal dengan koi, jenis ikan hias yang mudah dipelihara dikolam. Yang keberadaannya dapat menghiasi taman.

Khusus bagi sobat pemula yang ingin memelihara ikan koi harus mencari tau dulu jenis penyakit yang bisa muncul akibat kurangnya perhatian pada ikan. Karena penyakit ikan koi ini bisa datang ketika kita lengah dalam merawatnya.
 
Semua pemelihara tentunya menginginkan ikan yang dirawatnya dalam keadaan sehat dan berkembangbiak serta dapat menyenangkan hati. Apalagi ikan koi ini memiliki keindahan pada bentuk tubuh dan warnanya yang cantik dan indah. Tak dapat dipungkiri jika harganya semakin mahal.  

seperti halnya ikan lain, ikan koi juga rawan terkena penyakit. Jenis penyakit yang sering menyerang ikan koi diantaranya white spot, kutu ikan dan ulcer, penyakit bibir dan ekor, penyakit stress, dan yang paling berbahaya adalah penyakit herpes.   

Baca juga:- Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp
Gambar penyakit ikan koi badan merah

Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengatasinya


1. White Spot
Penyakit white spot dapat menyerang hampir semua jenis ikan, termasuk ikan koi. Pada umumnya penyakit ini datang dan menyerang saat pergantian musim (pancaroba). Cara mengatasi penyakit ini dengan menggunakan metrodinasol dengan takaran 1 tablet untuk setiap 50 L air.

Gambar Penyakit Ikan Koi White Spot


2. Penyakit Ikan Koi - Kutu Ikan dan Ulcer
Penyakit kutu ikan yang menyerang ikan koi disebabkan oleh udang renik parasit argulus indicus. Parasit ini menempel pada tubuh ikan dalam bentuk bulat kecil yang melukai dan meninggalkan lubang-lubang kecil pada tubuh ikan. 

Gambar Penyakit Ikan Koi Kutu Air dan Ulcer


Cara mengatasi penyakit kutu air adalah dengan memberikan PK (kalium Permanganat) . Disisnya 3 gram PK untuk setiap 1 m kubik air dan diulangi 3 hari kemudian, agar sisa-sisa parasit itu hilang.

3. Penyakit Bibir dan Ekor
Penyakit ini ditandai dengan munculnya lubang pada bibir dan pangkal ekor koi. Penanganan penyakit ini sama dengan menangani penyakit kutu ikan dan ulcer.

Gambar Penyakit Bibir dan Ekor Koi


4. Penyakit Ikan Koi Stress

Ikan koi juga dapat mengalami stress. Tanda-tanda ikan koi mengalami stress adakah sebagai berikut:
  • Ikan koi lebih senang berada di pojokan dan dan kurang bergairah saat berenang.
  • Ikan koi tiba-tiba mogok makan.
  • Terdapat bercak merah disekejujur tubuhnya karena stress terkena penyakit.
  • Ikan koi berusaha meloncat dari kolam pemeliharaan.
  • Ikan koi diam di dasar kolam

Penyakit stress pada koi dapat terjadi  karena beberapa hal. Misalnya stress seusai lomba atau karena penyakit. Jika koi stress karena penyakit, sebaiknya penyakit yang menyerangnya segera ditangani.

Jika koi stress karena usai lomba, sebaiknya untuk sementara waktu koi dipelihara dalam kolam karantina. Kolam karantina tersebut berisi air yang telah diberi garam ikan dan antibiotik serta memiliki syistem filtrasi yang memadai.

Gambar Penyakit Stress Ikan Koi
sisisk badan koi kasar dan ada bercak


5. Penyakit Herpes Ikan Koi
Penyakit ikan koi yang terakhir adalah herpes. Herpes merupakan jenis penyakit yang menyerang koi yang paling ditakuti. Karena penyakit ini akan berujung kematian dan sulit diobati. 

Ciri-ciri ikan koi terkena penyakit herpes adalah tubuhnya berubah menjadi kemerahan, tidak mau makan, dan pergerakan renangnya terlihat lemas. 

Cara mencegahnya penyakit ini adalah dengan menggunakan vitamin C dan E serta pakan berprotein tinggi, sehingga koi memiliki daya tahan yang tinggi.

Demikian sedikit ulasan tentang penyakit ikan koi dan cara mengatasinya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan berikutnya.

Baca juga: 
-Macam-Macam Penyakit Pada Ikan
-Fakta Informasi Seputar Ikan Koi
-Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya