January 29, 2017

Cara Lengkap dan Mudah Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)

Cara Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio) Infoikan.com Salah satu ikan yang mudah di budidayakan di pekarangan adalah ikan mas baik di kolam beton, kolam terpal maupun kolam tanah. Malah sekarang ini banyak sekali petani yang sudah memelihara ikan mas di rumah. 

Gimana pengen tau lebih detail mengenai cara budidaya ikan mas untuk usaha dan bisnis? atau mencari cara mendapatkan ikan mas di sungai dengan umpan yang mudah? Berikut info ikan akan memberikan beberapa resep lengkap cara budidaya sekaligus membuat umpan ikan mas yang superr ampuh:

cara budidaya pembesaran ikan mas
kumpul-peternak.blogspot.com
 

Cara Lengkap da Mudah Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)

Ciri morfologi ikan mas masih dalam spesies cyprinus carpio masuk dalam genus cyprinus dari famili cyprinidae. Di berbagai tempat ikan mas masih disebut sebagai ikan tambra, raya, atau ameh. Badan memanjang sedikit pipih ke samping (compressed). Muut dapat disemblkan di ujung tengah (termina). Mempunyai sungut dua pasang.

Varietas atau Strain Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Perkembangan budidaya ikan mas mengalami kemajuan yang sangat besar. Malah boleh dikatakan ikan mas lah yang mempunyai tingkat pembudidayaan yang hampir sempurna. Tidak ada data-data yang selengkap seperti ikan mas
(Cyprinus Carpio). 


Mulai dari jumlah telur yang dihasilkan dari tiap kilogram induk sampai dengan pemijahan buatan dengan mempergunakan rangsangan kelenjar hifofisa semuanya sudah dilakukan untuk penelitian ini.

Adapun jenis ikan mas yang sudah diketemukan oleh petani dan dikenal masyarakat sekarang ini yaitu: Jenis ikan mas punten, Si nyonya, Mjalaya, Ikan mas merah, Taiwan, Kumpay, Karper kaca, kancra domas. Baca selengapnya : Jenis Ikan Mas Terlengkap Beserta Gambarnya

Kebiasaan Hidup Ikan Mas di Alam
Sebelum mengetahui cara budidaya ikan mas, alangkah baiknya jika sobat meneliti dulu seperti apakah kebiasaan ikan mas hidup di alam bebas.

Ikan karper (mas) hanya akan tumbuh baik pada tempat dengan ketinggian antara 150 - 1.000 m dpl. Suhu air optimal yang baik untuk pertumbuhan badannya antara 20 - 25 derajat C, sedangkan pH yang cocok dan dikehendakinya berada antara 7 - 8.

Di alam ikan mas hidup di tempat-tempat yang dangkal dengan arus air yang tidak begitu deras, baik itu di sungai, danau, maupun pada genangan air lainnya. 

budidaya ikan mas di kolam beton
nasa88.worpress.com

budidaya ikan mas di kolam terpal
kolamikanminimalis.xyz

cara pemijahan ikan mas
RagamBudidaya.blogspot.com


Pakan Alami Ikan Mas Supaya Cepat Besar
Banyak sekali orang menyangka kalau ikan mas ini termasuk jenis hewan (omnivora) pemakan segala. Sebelum cara budidaya ikan mas berjalan lancar, usahakan untuk menyediakan makanan alami ikan mas yang bisa berupa protozoa, crustacea, epemenidae

Sedangkan benih ikan mas yang berumur 10 cm suka makan jasad dasar seperti Chironomidae, Oligochaeta, Tubificidae, Mulusca dan lainnya. Jasad-jasad tersebut dimakan bersama dengan tanaman air yang membusuk dan buah-buahan organik lainnya. Baca juga: Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit

Di alam, danau, atau sungai tempat hidupnya, ikan mas ini hidup menepi sambil mengincar makanan berupa binatang-binatang kecil yang biasanya hidup di atas lapisan lumpur tepi danau atau sungai.

Dengan kebiasaan makannya sebagai bottom feeder, maka orang sengaja atau tidak yang mengusahakan memelihara ikan mas di sawah berhasil dengan baik. Seperti kita ketahui, tanah sawah tentunya menjanjikan makanan yang berlimpah ruah pada ikan mas yang suka mengaduk-aduk dasar ini.

pakan ikan mas supaya cepat besar
usahacerdas.com


Kebiasaan Berkembang Biak Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Ikan mas sama sekali sekali tidak mempunyai naluri untuk merawat atau melindungi keturunannya. oleh karenanya segala sesuatu cara budidaya ikan mas yang berhubungan dengan perkembangannya jika kita berminat di kolam nantinya, menjadi tanggung jawab kita.

Ikan mas mempunyai telur yang menempel atau merekat. Kebiasaan di alam sebelum melakukan pemijahan, ikan mas suka mencari tepat yang rimbun atau rumput-rumputan yang menutupi permukaan perairan. Ikan dewasa yang telag menguasi medan, akan dengan mudah menemukan tempat pemijahannya.

Kematangan kelamin pada ikan jantan biasanya lebih dulu daripada yang betina. Maka sering kita temui para petani mengawinkan ikan mas dengan betina yang berukuran 2 atau 3 kg dengan jantan yang hanya setelah kolan.

Ikan jantan mempunyai kemampuan menghasilkan sperma pada umur yang relatif muda, yaitu sekitar 6 bulan, sedangkan ikan betina baru bisa memperoleh pengakuan sebagai induk yang bonafit, setelah berumur lebih dari itu.

makanan ikan mas
usahapertanian.com


Cara Memiih Induk yang Baik Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Untuk menunjang keberhasilan cara budidaya ikan mas induk-induk yang baik dan sudah matang kelamin merupakan salah satu syarat mutlak diantara 4 syarat bagi suksesnya pembenihan ikan mas ini. 

Ada 6 kriteria yang harus dipenuhi untuk memastikan baik buruknya seekor ikan mas dijadikan induk. Ciri-ciri induk yang sudah matang kelamin serta kriteria indukan yang cocok sebagi berikut:

pakan alami ikan mas
bibitikan.net


Umur yang Ideal untuk Budidaya Ikan Mas
Sebelum pemijahan budidaya ikan mas dilakukan umur induk yang baik berkisar antara 1,5 - 3 tahun. Ini masih dibilang sebagai induk muda.

Badan Induk Ikan Mas yang Baik Buat Budidaya
Badan sehat, tidak dalam keadaan sakit atau cacat pada bagian badan maupun siripnya. Karena jika terdapat kecacatan akan menurun pada keturunannya.

Sisik Indukan Ikan Mas yang Baik untuk Budidaya
Induk yang baik mempunyai sisik besar dan teratur susunannya. Harus cerah, jangan sampai warna kusam, karena umur terlalu tua untuk dipijahkan.

Pangkal Ekor Indukan Ikan Mas yang Baik untuk Budidaya
Pangkal ekor harus normal, dalam arti perbandingan panjang ekor (caudal penducle) lebih panjang daripada lebarnya. ikan-ikan yang mengalami cacat pada waktu kecil, biasanya mempunyai pangkal ekor yang tidak normal.

Bentuk Kepala Indukan Ikan Mas yang Baik untuk Budidaya 
Bentuk kepala ikan mas untuk budidaya pemijahan yang baik relatif kecil dibandingkan dengan badannya. 

Gerakan Indukan Ikan Mas yang Baik untuk Budidaya Pemijahan
Ikan-ikan yang sehat dan masih produktif biasanya ditandai dengan juga dari gerakannya yang tangkas dan gesit, terutama induk jantan. Jika gerakannya lamban, biasanya ikan mas tersebut sudah tua.

Ciri-Ciri Indukan Betina Ikan Mas Siap Kawin
Induk betina yang telah siap kawi biasanya ditandai dengan perutnya yang membengkak, dan lubang urogenitalnya memerah. 

cara memelihara ikan mas di kolam rumah
smkhktitmg.wordpress.com


Pemijahan Budidaya Ikan Mas di Kolam
Cara budiday ikan mas di kolam supaya berhasil harus dipenuhi beberapa syarat penting sesuai dengan kebiasaa berkembang biakknya.Ikan mas menghendaki air baru dan selalu baru untuk merangsang pemijahannya.

Oleh karenanya dalam memijahkan ikan mas sirkulasi air harus lancar. Selain karena sifat ikan mas menempel, maka selalu sediakan alat penempel telur setiap kali memijahkan. Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis untuk Pemula

Kontruksi Kolam Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Cara budidaya ikan mas melalui proses kolam ini harus membuat sirkulasi airnya dapat berjalan dengan lancar. Antara pintu air pemasukan dan pengeluaran terletak di sudut-sudut kolam berseberangan, sehingga memungkinkan pergantian air pada seluruh bagian kolam.

Jika kolam sudah memenuhi sayarat, usahakan kolam pemijah selalu mendapatkan air segar pertama kali, yang belum pernah digunakan oleh kolam lain. Maka kolam itu terletak di bagian atas dari unit kolam yang ada.

 membuat kolam ikan mas
RasanaRasyidah.org


Persiapan Kolam Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Sebelum dilakukan pemijahan cara budidaya ikan mas, biasanya kolam dikeringkan dan dijemur selama 2 - 3 hari. Jika panas terik, namun jika matahari sering ketutup awan maka jumlah hari pengeringan ditambah hingga 5 - 7 hari. Baca selengkapnya : Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan untuk Budidaya

Pemijahan Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Setelah kolam pemijahan siap, pada jam 10.00 induk ikan mas yang sudah diseleksi dimasukkan dalam kolam pemijahan. Beberapa petani memasukkan indukan ini setelah kolam dipasang kakaban, namun tidak jarang pemasangan kakaban ini dilakukan sesudah induk dimasukkan.

Perbandingan antara induk jantan dan betina yang sering dilaksanakan biasanya 1 : 1. Oleh karena induk jantan matang kelaminnya lebih cepat dibandingkan induk betina, biasanya untuk se-ekor induk betina ikan mas dibutuhkan beberapa induk jantan. 

Jika antara jumlah induk jantan ini tidak sesuai dengan induk betina, dikhawatirkan banyak telur yang banyak tidak dibuahi karena tidak kebagian sperma. 

Oleh karenanya jika induk betina yang akan dipijahkan seberat 3 kg, harus ditandai dengan jantan seberat 3 kg jugameskipun mungkin jumlahnya 3 - 4 ekor. 

Untuk menjaga telur agar tidak jatuh nantinya, kakaban yang dipasang harus cukup. Sebagai standar yang dipergunakan 5 - 8 kakaban yang masih bagus untuk setiap kilogram induk betina, dan jumlah itu akan membengkak menjadi 10 - 15 kakaban jika kakabannya rusak. 

Jika persiapan cara budidaya ikan mas telah usai dan pergantian air berjalan dengan normal karena air selalu mengalir, maka pada jam 24.00 biasanya induk betina ini mulai memijah. Yaitu ditandai oleh ikan mas yang saling kejar mengejar.

setelah semuanya selesai, telur-telur akan menempel di kakaban yang ditandai dengan telur warna kuning cerah. Ada yang menggerombol dalam kakaban tersebut, ada juga yang bagus merata tidak bertumpuk.

budidaya ikan mas di kolam beton
lintasgayo.co


Penetasan Telur Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Telur-telur kemudian diletakkan dalam hapa yaitu kantong berbentuk balok dengan ukuran 1 x 1 x 2 m yang terbuat dari kain trilin. Hapa ini direntangkan dalam kolam pemijahan atau kolam lain dengan patok bambu pada bagian tengah dan menempel pematang dibagian pinggirnya.

Pada saat penetasan telur ikan mas aliran air dijaga agar tetap stabil dan jangan sampai mati, karena telur-telur tersebut membutuhkan air yang kaya oksigen dan stabil suhunya.

Larva ikan mas yang baru menetas belum membutuhkan makanan tambahan dari luar, karena masih menyimpan kuning telur (yolk egg). Jenis Makanan burayak ikan mas setelah kuning telur habis adalah plankton yang diperoleh dengan jalan pemupukan dasar kolam.

pakan ikan mas supaya cepat besar
ikanmasmurahbanget.blogspot.com

makanan ikan mas
www.satujam.com

pakan alami ikan mas
www.infoagribisnis.com


cara memelihara ikan mas di kolam rumah
tips-ukm.com


Pendederan Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Setelah cara budidaya ikan mas berjalan lancar, kemudian setelah 5 hari atau paling lambat seminggu sejak telur-telur diteteskan, benih-benih ikan ini harus dipindahkan ke kolam pendederan. Pemindahannya ini gampang-gampang susah, karena harus dilakukan dengan hati-hati tak boleh ngawur namun cepat.

cara pemijahan ikan mas
budidayaikanemas.blogspot.com


Pembesaran Budidaya Ikan Mas (Cyprinus Carpio)

Benih ikan mas hasil pendederan ketiga ini (yang berukuran 5 - 8 cm) baru bisa dinikmati sebagai ikan konsumsi (lauk) setelah terlebih dahulu dibesarkan dalam kolam pembesaran selama kurang lebih 4 - 6 bulan.

Persiapan kolam budidaya dapat dilakukan seperti mempersiapkan kolam-kolam untuk pendederan. Pematang kolam harus dikokohkan lagi dengan jalan menaikkan sebagian tanah bagian pinggir kolam pada sisi dalam kolam.

Pemberian dan penambahan makanan budidaya ikan mas harus yang kandungan peroteinnya tinggi karena dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan badannya. 

Maka tak heran jika tambahan makanan ini diberikan tambahan yang kadar proteinnya 40%. Makanan diberikan berkisar antara 3 - 5% dari berat badan keseluruhan ikan yang ditebarkan, yang diberikan pada waktu pagi dan sore hari di tempat yang sama. 

Setelah jangka waktu 4 - 6 bulan maka dari benih yang berukuran 5 - 8 cm akan dapt dipanen ikan mas yang berukuran 40 - 60 gr setiap ekornya. Ikan mas yang berukuran ini pas dan cocok untuk dijadikan teman nasi.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara budidaya ikan mas (cyprinus carpio) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan semua jenis ikan air tawar berikutnya.
 
Baca juga:
-Cara Budidaya Ikan Mas Terlengkap dan Cepat Panen
-Cara Memelihara Semua Jenis Ikan yang Baik dan Benar
-Usaha Budidaya Ikan untuk Pemula Hasil Melimpah
-Bisnis Ikan Koi ini Untung Jutaan dengan Cara Membudidayakannya 

Suber: 
   - Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mas. Diakses 26 Agustus 2014.
  -  Budi Santoso. 1993. Petunjuk praktis budidaya ikan. Kanisius, Yogyakarta.
   - Syahroni dan Susan Lusiana. 2008. Panduan pelatihan magang pertanian berkelanjutan. Serikat Petani Indonesia, Bogor.