October 28, 2016

Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar

Cara Membuat Kolam Ikan Nila yang Baik Sederhana Dari Dasar Infoikan.com Cara membuat kolam ikan nila tak jauh beda dengan cara membuat kolam ikan Lele, Mujaer, Gurame, dan Jenis ikan konsumsi lainnya. Bermacam-macam bentuk ukuran bisa sobat atur sendiri berdasarkan luas lahan serta jumlah banyak sedikitnya ikan Nila ini. 

Cara Membuat Kolam Ikan Nila yang Baik Sederhana

Budidaya ikan Nila saat mencapai angka kenaikan yang sangat tinggi, salah satu penyebab terjadinya faktor pendorong para petani semangat dalam merawat adalah permintaan pangsa pasar akan kebubutuhan konsumsi setiap hari. 

Tak hanya itu, sampai-sampai cara membuat Kolam dan budidaya ikan Nila di Kolam air tenang pun sudah pernah dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pemesanan yang berjumlah tinggi. Padahal jenis ikan yang hidup di air tenang sendiri masih sangat sedikit macamnya. 

Pembuatan Kola ini memicu berdasarkan ajakan para pengusaha Ikan Hias yang dapat memelihara serta mengetahui cara mempercepat pertumbuhan Ikan Nila. Jika sobat pemula ingin memulai usaha budidaya ikan nila ini, berikut merupakan tips Cara membuat Kolam ikan Nila dari dasar jika ingin menjadi pengusaha bisnis ikan hias. 

Kolam Ikan Nila Di Rumah, Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar

Kolam ikan nila yang baik yaitu biasanya yang memenuhi standar perawatan yang benar. Hal ini memicu cara perawatan ikan nila yang sobat lakukan, baik itu kualitas air, lingkungan yang bersih dan alami, pakan yang cocok dan lainnya.
Baca juga: Cara Terbaru Budidaya Ikan Gabus (Kutuk) Di Kolam Tanah, Terpal, & Beton dengan Hasil Melimpah

Kolam Ikan Nila Di Rumah
raka manto
Cara membuat kolam Nila di rumah sobat bisa memanfaatkan lahan yang berukuran 1x 1 meter saja, jika ukuran bibit Nilanya masih lumayan kecil, bisa diperkirakan akan bisa menampung sekitar 150 ekor. Jika sudah agak besar, bisa memuat 100 ekor saja. 

Wah..ternyata lumayan juga ya..untuk ukuran kolam minimalis sederhana itu, kesempatan untuk sobat semua nih memanfaatkan momen yang tepat disaat persaingan nggak begitu padat.
Baca juga: Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula
Kolam Ikan Nila Di Rumah

Kolam Ikan Nila Deri Terpal, Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar   
Jika tak mau susah payah menggali tanah, sobat bisa membuat kolam Nila dari terpal ini, malah akan sangat simpel dan cepat. Jika perawatannya berhasil, pertumbuhan Ikan Nila juga akan cepat tumbuh besar. 

Untuk cara membuatnya, sobat bisa lakukan langkah di atas tadi, yaitu bisa memnfaatkan lahan kecil dulu. Jika dirasa ingin memlihara dalam jumlah yang banyak, tinggal perbesar kolam Nilanya saja.

Resensi budidaya ikan Nila di kolam Terpal juga sangatlah mudah, memang jika seorang pemula rasanya bingung akan menyiapkan segalanya terutama memikirkan cara memelihara ikan Nila agar Cepat Besar. Padahal jika sudah berjalan, biasanya akan lebih mengetahui sendiri hal dasar menyiapkan pakan ikan Nila ini.
Baca juga: Jenis Limbah Pasar Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele

Kolam Ikan Nila Deri Terpal, Contoh Kolam Ikan Nila

Ukuran Kolam Ikan Nila 1000 Ekor, Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar 
Diperuntukkan bagi sobat yang menjalankan Bisnis Ikan dalam jumlah banyak, lahan yang ideal untuk membuat kolam ikan bisa berukuran 10x10 meter. Ini sudah lumayan besar dan dapat menampung bibit Ikan Nila sebanyak 1000 ekor kecil.
Baca juga: Cara Budidaya dan Tekhnik Perawatan Ikan Louhan yang Mudah

Ukuran Kolam Ikan Nila 1000 Ekor

Apa lagi jika kedalaman Kolam ikan Nila ini di buat sekitar 70 - 80 cm, maka bisa dipastikan akan dapat menampung 50.000 ekor bibit Nila. Jika perawatannya berjalan baik, bisa dipastikan ikan Nila ini dapat tumbuh besar dari 4 - 5 cm, baik dari kolam Terpal maupun Beton hasilnya tak jauh beda. Akan tetapi ada syarat tersendiri dalam kolam beton.

Yang perlu diperhatikan saat beratnya bisa mencapai 90 gram/ekor dengan memiliki panjang kira-kira 12-15 cm, maka sobat dapat memisahkan setengahnya untuk ditempatkan pada wadah yang lain. Hal ini tak lain sobat harus membuat beberapa kolam lagi serta membuat aliran air yang saling berkaitan satu sama lain.

Pembesaran Ikan Nila Di Kolam Beton, Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar 

Kolam Ikan Nila yang baik biasanya yang dapat memberi kebebasan bergerak, lengkap akan perlengkapan Kolam, tempat yang memadai serta perawatan yang teratur serta tidak ditempatkan pada terik matahari.
Baca juga: Contoh 49 Gambar Kolam Ikan Hias Minimalis Terbaik

Pembesaran Ikan Nila Di Kolam Beton

Ukuran Kolam Beton Ikan Nila
Untuk ukuran kolam beton ikan Nil ini berdasarkan jumlah bibit yang ingin sobat pelihara, besar kecil dan ukuran yang tepat menyesuaikan lahan juga. Jangan sampai menyediakan tempat kecil, sedangkan jumlah bibit sangat banyak. Harus bisa mencari cara budidaya ikan Nila ditempat kecil juga.

Ternyata volume isi ikan dalam kolam Beton dan kolam Tanah berbeda, jika tidak sesuai dengan aturan yang terjadi malah akan menimbulkan ketidak suburan pada ikan, sekaligus menghambat pertumbuhan alias ikan tidak akan cepat besar.

Pada umumnya dalam pembuatan Kolam ikan Nila di Beton, mencoba dulu dengan ukuran 1x1 meteran yang bisa memuat 100 bibit ekor Nila. Jika sobat menginginkan 1000-50.000 ekor, dalam pembuatan Kolam ikan Nila tinggal mengalikan saja. 

Biasanya jika membuat ukuran kolam ikan nila dari beton 1x1 meter, sobat bisa menebar bibit 100-200 ekor, dengan ukuran tubuhnya 3-5 cm. Seperti yang sudah terjadi, jika sudah berjalan dan berat ikan Nila mencapai sekitar 100 gram/ekor, sobat bisa membagi beberapa kolam lagi. hal ini ternyata dasar cara memelihara ikan Nila agar cepat besar. 
Baca juga: Ini Dia Panduan Cara Budiddaya Ikan Lele Di Kolam Semen

cara Membuat Kolam Ikan Nila

Cara Membuat Kolam Ikan Nila  
Beberapa peralatan yang harus disiapkan antara lain:
  1. Semen dan Pasir untuk membuat kolam Nila Beton.
  2. Terpal dan kayu penjepit buat Kolam Nila dari Terpal (jika pengen kuat bisa sediakan semacam alumunium untuk penjepit samping pada kolam terpal.
Dalam pembuatan kolamnya sobat dapat mengatur sesuai jumlah ikan yang ingin di pelihara. pada uraian di atas sudah sangat jelas. Sobat tinggal mempraktekan sendiri. 

Buat kolam yang dangkal hanya untuk pendederan (pertumbuhan saja) yaitu sekitar 30-50 cm saja. Sedangkan untuk ukuran kolam yang dalam, untuk pembesaran ikan Nila dengan dalaman yaitu kisaran 75-150 cm. Jadi harus ada tempatnya masing-masing. 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar ini, semoga bermanfaatn dan bisa menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk pembuatan dan budidaya ikan Nila pada jenjang berikutnya.

Baca juga:  
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
- Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan