October 24, 2016

Cara Terbaru Budidaya Ikan Gabus (Kutuk) Di Kolam Tanah, Terpal, & Beton dengan Hasil Melimpah

Bagi sobat yang ingin budidaya ikan gabus dikolam Beton, Tanah, maupun kolam Terpal dengan mencari keuntungan yang besar dengan modal yang sangat kecil, serta bisa juga dimanfaatkan bagi karyawan, ibu rumah tangga dan mahasiswa, kini infoikan.com akan berbagi sedikit tips budidaya ikan gabus.

Ikan Gabus

Tips Bisnis Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Tanah, Terpal, dan Beton dengan Modal Kecil Untung Besar Hasil Melimpah

1. Cara Menentukan Indukan Jantan dan Betina Untuk Budidaya Ikan Gabus
Untuk bisa menemukan jenis ikan gabus jantan maupun betina, sobat bisa langsung melihat dan cek fisik ikan gabus: 

Budidaya Ikan Gabus

Ciri Khas Ikan Gabus Jantan:

  • Sobat dapat mengetahui jenis yang kelamin jantan biasanya memiliki bentuk kepala oval .
  • Dengan mempunyai ciri-ciri warna tubuh sedikit gelap,
  • Untuk ikan jantan biasanya lubang pada bagian genetial berwarna memerah.
  • Jika di tekan pada bagian perutnya, maka lubang genital tersebut mengeluarkan cairan benih.

Ciri Khas Ikan Gabus Betina:

  • Mempunyai bentuk kepala agak bulat
  • Pada bagian tubuhnya terdapat kontras warna yang cukup terang
  • Pada bagian perut jika kita tekan, maka berbentuk agak besar serta tekstur tubuh tersebut cenderung agak lembek
  • Pada bagian perut lagi, jika sobat tekan maka akan mengeluarkan telur.

2. Langkah Pemijahan Budidaya Ikan Gabus
Untuk langkah budidaya ikan gabus selanjutnya yaitu sobat harus mempersiapkan sebuah wadah (fiberglass) atau bak beton, Kolam terpal, maupun kolam tanah, yang intinya agak lumayan besar lah. Untk hal ini usahakan menyediakan ukuran kisaran 7x4 m dengan kedalaman sekitar 2 meteran, selanjutnya sobat bisa membiarkan selama kisaran 3 - 4 hari.

Setelah itu sobat bisa mengisi kolam tersebut dengan air yang bervolume sampai batas 50 cm ran saja. Pada waktu pemijahan berlangsung usahakan
untuk membiarkan air tadi tetap mengalir. Tambahkan pula jenis tanaman air yang bisa sobat kasih seperti eceng gondok, pemberian ini agar membantu
eksitasi pemijahan.

Baca juga: Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain

Budidaya Ikan Gabus
budidaya-ikan.com
Jika memang dalam budidaya ikan gabus ini buat bisnis, sobat bisa memasukkan ikan jantan dan betina masing masing 30 indukan kedalam tempat bak tadi, untuk menghasilkan pemijahan secara alami, biarkan saja semua bebas di air.

Jika dirasa sudah mulai bertelur, dengan sekupnet halus sobat bisa membawa telur tadi karena siap untuk menetas. Pada waktu ini, usahakan untuk selalu mengontrol wadah kolam setiap hari, maupun sesering mungkin selama proses pemijahan, ini hanya untuk membuktikan kalau Induk Betina biasanya mampu menghasilkan telur sekitar 10.000 - 11.000 butir, luar biasa bukan..!

3. Proses Penetasan Telur Budidaya Ikan Gabus
Pada saat seperti ini, sobat bisa sediakan sebuah wadah aeperti Aquarium, yaitu untuk memudahkan dalam pengontrolan proses penetasan telur tersebut. Ukuran aquarium yang biasanya di pakai dan yang paling ideal yaitu dengan ukuran 65x45x45 cm, dengan membiarkan dulu sampai kering kira-kira 2 hari. 


Ikan Gabus

Setelah proses tersebut, sobat bisa mengisi wadah tersebut dengan air dengan ketinggian sekitar 40 cm saja, pasang juga peRlengkap aquarium yaitu aerasi, serta alat pemanas untuk mengatur suhunya, yaitu sekitar 28 derajat selsius.

Pada umumnya telur telur tersebut akan menetas membutuhkan waktu sekitar 24 jam saja, jadi sobat harus bisa mengatur kepadatan telur tersebut yaitu buatlah 4 - 6 butir per cm saja. Jika dirasa sudah menetas, cukup biarakan saja dan jangan sampai memberi makan, karena selama 2 hari larva atau burayak ikan gabus tersebut sudah menyimpan makanan sendiri. 

Baca juga: Cara Membuat Obat dari Ikan Gabus, Diabetes, Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis

Ikan Gabus

4. Pemeliharaan Larva atau Burayak Budidaya Ikan Gabus
Untuk merawat larva atau burayak yang aman dan tidak mudah mati, setiap 1 liter air usahakan untuk memberi 5 larva saja. Langkah untuk proses Pemeliharaan larva atau Burayak Ikan Gabus masih terbagi menjadi beberapa tahapan lagi Yaitu:


Budidaya Ikan GAbus

- Ketika umur burayak atau Larva 2 hari
Sobat bisa menyediakan dan memberi makanan seperti Artemia, untuk biar lebih cepat tumbuh besar, sobat bisa ngasih makan 3 kali sehari.


- Saat Burayak Umur 5 hari
Siapkan juga pakan Larva ikan gabus ini seperti Daphina sebagai makanan tambahan, cara pemberian juga sama yaitu 3 kali sehari.

Hal dasar yang menjadi keberhasilan budidaya semua jenis ikan yaitu perhatikan masalah dengan airnya, tetap harus bisa membersihkan semua kotorannya dan juga sisa sisa pakan.

Satu Jam
5. Proses PERSIAPAN KOLAM DAN AIR untuk Budidaya Ikan Gabus
Dari awal sudah dijelaskan kalau buat bisnis, langsung saja buat yang agak lumayan gede, akan tetapi bisa juga yang kecil-kecilan. Dalam hal ini sobat bisa menyediakan kolam beton, kolam terpal, maupun yang lainnya dengan ukuran 2 m - 5 m, sebelum semua beres, sobat bisa mendiamkan tempat ini selama 1 minggu, biar kering dulu lah.


Ikan Gabus

Ratakan juga pada bagian yang bawah, untuk bisa memberikan tambahan kotoran hewan kira kira dengan tebal 30 cm, dan juga beri pupuk kapur
dolomid, dan biarkan lagi sekitar 3 hari agar pupuk tersebut dapat larut dalam tanah.

Fungsi dan manfaat dari pemberian ini semua tak lain untuk membuat makanan alami seperti plankton, kutu air, dan juga lumut, jika semua dirasa sudah siap, sobat bisa mengisi kolam tersebut dengan air setinggi 50 cm - 100 cm, biarkan selama sekitar 1 mingguan yang memungkinkan air untuk tenang sebelum dipakai, serta jangan alirkan dulu.

6. Proses Penebaran BENIH Budidaya Ikan Gabus
Pada umumnya untuk proses penebaran bibit Ikan Gabus ini dikerjakan setelah berumur sekitar 2 mingguan. Tata cara penebaran ikan gabus sendiri biasanya di lakukan pada waktu pagi hari, serta tidak dikasih pakan terlebih dulu. Untuk pemberian pakan, biasanya selang 2 hari baru di kasih makan, yaitu sobat bisa sediakan berupaka pakan pellet (buatan pabrik) sekitar 2 kg. 

Baca juga: Cara Memasak Ikan Gabus Sebagai Obat Penyembuh Setelah Operasi

Ikan Gabus
YouTube
7. Cara Pemberian PAKAN Budidaya Ikan Gabus
Dalam hal pemberian pakan pellet, harus yang khusus buat ikan gabus saja. Jika dirasa kurang, sobat bisa sediakan pakan alternatif ikan gabus, yaitu berupa seperti ikan teri, anakan rayap, serta sisa daging ampas dapur.

Kalau pengen menghemat biaya, sobat bisa membuat pakan sendiri yaitu dengan bahan komposisi ikan teri 20 %, dedek atau bekatul 50 %, ampas tahu 10 %, serta juga jagung 10 %. Rebus semua bahan tadi menjadi satu kemudian giling dalam satu adukan. Setelah dirasa semuanya sudah bercampur dengan rata, maka sobat bisa mnegringkan dengan dijemur pada terik matahari. 

ternakikankolam.blogspot.com
Tips Penting Pemberian Pakan dan Seleksi
Jenis Ikan Gabus ini sangat rakus atau mempunyai sifat kanibal seperti ikan piranha, jadi dalam pemberian pakan jangan sampai telat, dan harus sesering mungkin untuk melakukan pengontrolan. Karena jika telat dalam memberi makan, bisa dipastikan akan saling memakan sesama jenis, mana yang kuat akan menang, dan biasanya yang masih akan jadi korbannya.

8. Cara PANEN Budidaya Ikan Gabus
Dari awal sudah dijelaskan, jikalo budidaya ikan gabus ini untuk bisnis ikan hias atau bisnis sampingan para karyawan  maupun yang pengannguran, maka sangat pas sekali. 

Baca juga: Cara Memasak Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis


Keunikan dari Budidaya ikan air tawar ini adalah sobat bisa melihat dan memperkirakan dengan kebutuhan pasar setempat, bahkan sobat bisa melakukan pemanenan beberapa tahap dalam satu kolam saja. 

Ini merupakan salah satu kelebihan dan keuntungan budidaya ikan gabus, dan juga ikan gabus ini mempunyai daya tahan Yang Tinggi, jika sobat seorang pembisnis pastinya bisa membedakan antara Proses Budidaya Ikan Lele, Ternak Nila, Budidaya Ikan Gurame dan Budidaya Jenis Ikan Hias Lainnya.

Kelebihan yang paling Penting dan banyak di Cari Oleh Orang Banyak yaitu Manfaat Ikan Gabus yang beraneka ragam, salah satu dari beberapa Yaitu Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabete, dan ada juga Manfaat Ikan Gabus Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi, Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil, dan lainnya.


Salah satu Usaha Yang Menjanjikan dengan Untung Besar Yaitu Budidaya Ikan Gabus, Yang Harus Sobat Coba dengan Potensi Profit Keuntungan Yang Sangat Besar. Dibawah Ini Terdapat Langkah Langkah Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Tanah, Terpal, dan Beton Hail Melimpah, dan Bisa Juga Dipakai Untuk Usaha Sampingan Buat Karyawan, Anak Pelajar, Ibu Rumah Tangga. Jika Sobat Tertarik Bisa Memulai Usaha Bisnis Sampingan Ini dengan Infoikan.com. Sobat Bisa Memebaca Beberapa Cara Bagaimana Memulai Menjadi Pengusaha Sukses dengan Beternak Ikan Gabus serta Bisa Menganalisa dengan Baik dan Benar. 


Cara Analisa Bisnis Budidaya Ternak Ikan Gabus Modal Kecil Untung Besar Sebagai usaha Sampingan

Nama lain ikan gabus untuk daerah yaitu ikan Kutuk/ Bayong/ Deleg dan Lainnya salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan bagi semua kalangan, yang khususnya para wirausahawan. Beberapa
alasan kalau usaha ini bisa menguntungkan siapa saja yang mencoba melakukan yaitu berdasarkan pembuktian pengusaha Bisnis Peternakan Ikan Gabus mendapatkan Keuntungan yang Sangat Besar:

1. Permintaan pasar Tradisional maupun Internasional yang setiap bulannya selalu meningkat.
2. Terdapat kandungan Gizi yang sangat banyak
3. Dapat di jadikan sebagai Pembuatan Abon, Kerupuk, Ikan Asin, Pempek, dan lainnya oleh para Wirausaha khususnya Misal UKM.
4. Cukup Mudah dalam melakukan proses pembibitan dan Pembudidayaan.
5. Beberapa diantaranya mudah sekali lapak untuk berjualan misalnya seperti:


- Di jual sebagai lauk ikan semua kalangan.
- Bagi para pengusaha akan memanfaatkan untuk dujadikan bahan pembuatan aneka makanan olahan.
- Yang lebih unik lagi, jika sobat memelihara jenis ikan hias air tawar seperti ikan Arwana, dapat juga dikasih makan ikan gabus ini. 


6. Yang Terakhir yaitu dalam pemijahan ikan gabus ternyata hanya bisa dilakukan dengan cara yang alami saja, jadi sobat tidak perlu dan susah-susah melakukan mencari tambahan melakukan pemijahan secara manual.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Baru Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Tanah, Terpal, &Beton dengan Hasil yang Melimpah ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita akan gambaran pada jenjang selanjutnya. 


Baca juga: 
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
- Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara
- Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan