October 10, 2016

Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Jenis Ikan Predator Air Tawar Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium, infoikan.com | Ikan predator merupakan jenis ikan hias air tawar terbesar serta mudah untuk dipelihara di aquarium, itupun jika wadahnya memadahi. Ikan predator sendiri jenis jenisnya sangat banyak untuk bisa sobat ketahui. Mulai dari ikan predator yang biasa sampai ikan predator terganas.
 

Banyak juga dari pecinta ikan hias yang berlomba-lomba memelihara dan menghiasi aquarium mereka serta mencampurkan berbagai jenis ikan dalam satu aquarium. akan tetapi ada juga yang suka merawat hanya satu jenis ikan saja dalam satu wadah.

Yang bikin lucu dari pemeiharaan ini yaitu ada juga orang yang hanya suka warnanya serta tertarik akan keunikan bentuk tubuhnya langsung saja merawatnya. Kadang malah kurang tau nama ikan tersebut, main beli saja untuk di bawa pulang.


Banyak sekali yang kurang mengetahui tetapi nekad merawat dalam aquarium yang mana di isi dengan ikan predator. Sebelum melangkah lebih jauh dalam hal pemeliharaan, sobat bisa membaca semua tips dan jenis ikan predator yang mudah untuk dipelihara.

Ikan Hias Predator Air Tawar Unik, Cantik Dan Populer Dipelihara Di AQuarium


Ikan Hias Predator Asli Indonesia
1. Ikan Predator Air Tawar Araipama

www.kaskus.co.id
Araipama adalah ikan air tawar terbesar, bahkan terbesar didunia. Ikan ini berasal dari Amerika selatan. Panjang dari ikan araipama bisa mencapai 3 meter dan beratnya 200 kg.

Ikan predator air tawar terbesar ini harganya cukup mahal, ukuran lengan tangan orang dewasa saja bisa mencapai satu juta limarus ribu.

Biasanya araipama yang masih kecil dipelihara di aquarium sedangkan saat sudah dewasa dipindah ke kolam, karena tenaga dan ukuranya sudah didak sesuai bila terus dipelihara di aquarium, bahkan bila dipaksakan akuarium bisa saja pecah.
 

2. Ikan Predator Air Tawar Red-tailed catfish

Ikan Red-tailed catfish adalah predator air tawar sejati, yang habitat aslinya banyak ditemukan sepanjang sungai Amazon.


www.pinterest.com
Ikan predator ini juga populer dipelihara di aquarium, makanan utama ikan Red-tailed catfish adalah ikan - ikan yang berukuran kecil.

Bukan hanya ikan - ikan kecil saja yang di mangsa Red-tailed catfish, saat dewasa hewan bercangkang seperti kepiting dan remis juga tak luput jadi santapanya.

Walaupun predator, Red-tailed catfish warna punggunya yang abu-abu dengan kombinasi putih kekuningan pada perutnya sangatlah cantik.

3. Ikan Predator Air Tawar Ikan Palmas


Palmas adalah ikan predator air tawar yang luar biasa, pasalnya dengan siripnya ikan ini nampak bisa jalan dan bertahan di luar air. Seperti yang admin jelaskan di ulasan sebelumnya yang berjudul : BELUT DINOSAURUS, JENIS IKAN HIAS PREDATOR

hcpetshopmurah.com
Palmas berasal dari Afrika Barat, untuk memeliharanya di akuarium haruslah di tutup agar ikan ini tidak kabur dan karena palmas adalah hewan predator pemberian pakanya juga harus pakan hidup, seperti ikan-ikan kecil atau bisa juga cacing sutra.
 

4. Ikan Predator Air Tawar Datnoid

Ikan predator air tawar Datnoid berasal dari Indonesia dan Thailand. Datnoid merupakan ikan yang suka berburu. 

ikanhias-id.blogspot.com
Makanya untuk memelihara ikan perdator air tawar ini, aquarium haruslah dilengkapi tanaman air dan tempat bersembunyi. Karena Datnoid suka bersembunyi lalu menyergap mangsanya.

Datnoid lebih populer dengan sebutan ikan tiger lantaran garis-garis hitam pada tubuhnya layaknya motif pada harimau.

Datnoid, adalah ikan yang mampu hidup hingga 15 tahun bilamana dirawat dengat baik. Ikan predator air tawar asli Indonesia ini dapat tumbuh hingga 65 cm, maka siapkan akuarium yang besar untuk memeliharanya.
 

5. Ikan Predator Air Tawar Ikan Payara

Ini dia ikan air tawar paling menyeramkan, karena populer dengan sebutan vampir fish. 


ikanhias-id.blogspot.co.id
Ikan Payara adalah ikan predator yang bergigi tajam. Amerika selatan adalah habitat asalnya. Payara mampu hidup hingga 5 tahun, akan tetapi jarang dan kebanyakan hidup dalm usia 2 tahun
 

6. Ikan Predator Air Tawar Jaguar Cichlid

forum.o-fish.com
Ikan predator air tawar dari Amerika Tengah tepatnya di sungai Ulua. Jaguar dari keluarga cichlid, ikan ini adalah predator air tawar yang sangat agresif, gigi-giginya sangat tajam dan rahangnya sangat kuat.

Ikan jaguar memangsa ikan-ikan kecil dan invertebrate, warnanya sangat cantik dan banyak dipelihara di aquarium. Ditempat asalnya ikan jaguar ini bisa tumbuh hingga 60 cm, akan tetapi yang sering dijumpai 30-40cm.

Jenis Ikan Predator Air Tawar? ikan Ganas Aquarium

7. Ikan Predator Air Tawar Wolf Cichlid

ikanhias-id.blogspot.com
Ikan predator air tawar dari keluarga cichlid selanjutnya adalah  Wolf Cichlid. Layaknya jaguar cichlid, wolf cichlid juga berasal dari Amerika tengah. Ikan ini adalah predator yang sangat agresif dan populer juga populer dipelihara di aquarium.

Selain cantik ternyata ikan predator dari Amerika ini juga sangat cerdas, karena mampu mengenali pemiliknya dan juga bisa menyelidiki ruangan diluar aquarium.
 

8. Ikan Buntal Tetraodontidae

www.atjehcyber.net

Ikan Predator ini memiliki empat gigi besar yang terpasang pada rahang atas dan rahang bawah, yang mampu menghancurkan cangkang krustacea dan moluska.

Selain ikan predator, ikan buntal air tawar yang beracun jika dikonsumsi. Racun ikan buntal sangat berbahaya, bahkan dipercaya sebagai hewan paling beracun kedua setelah katak racun emas.

Untuk mengkonsumsi ikan ini, dibutuhkan orang yang tahu persentase di mana daging yang bisa dimakan dan dimana yang tidak. Makanya untuk cara memasak ikan buntal ini tidak boleh sembarangan.


9. Ikan Predator Air tawar Arwana



Foto Ikan Hias Predator arwana
Arwana adalah ikan hias yang populer mahal, arwana merupakan ikan predator asli Indonesia dan ikan hias yang indah dengan warna yang dilengkapi ring.

Ikan hias hoki ini sebenarnya adalah ikan predator air tawar. Dalam perdagangan ikan hias arwana juga diekspor keberbagai negara.

baca juga:  JENIS IKAN HIAS YANG MENJADI FAVORIT LUAR NEGRI
 

10. Ikan Predator Air Tawar Toman red snakehead

s121.photobucket.com
Toman adalah ikan predator air tawar yang sangat ganas, terlebih ketika ikan ini sedang menjaga anak-anaknya. Dalam bahasa inggris toman sering disebut dengan red snakehead.

Toman termasuk jenis ikan predator air tawar yang besar, bahkan dalam sukunya ikan toman adalah yang terbesar karena panjangnya bisa mencapai 1,5 m.

Disebut dengan snakehead karena kepala ikan toman menyerupai ular. Ikan ini lumayan populer dikalangan pecinta ikan hias predator.
 

11. Ikan Predator Air Tawar Belida


Ikan predator air tawar yang asli indonesia selanjutnya adalah ikan belida. Diberi nama belida karena ikan ini bersasal dari sungai yang ada di sumatra yang menjadi habitatnya.

Sebenarnya ada juga ikan belida dari Thailand akan tetapi kurang populer dikalangan kolektor dan penggemar ikan hias. Belida termasuk ikan predator mahal, harga ikan hias predator yang fantastis ini dikarenakan ikan belida makin langka, sedangkan peminatnya makin tinggi.

Belida termasuk ikan hias yang tenang, pada habitat aslinya ikan ini memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Untuk memeliharanya di aquarium belida bisa diberi makan udang.
 

12. Ikan Predator Air Tawar Aligator


Nah ini dia ikan predator air tawar yang berbahaya, selain itu sebenarnya ikan ini dilarang dijual bebas. Walaupaun begitu ikan ini tetap ada saja dan dijual secara bebas.

Harga ikan hias predator spatula atau aligator ini bervariasi dari yang 25 rb per ekor hingga yang 800 rb per ekor.

Aligator memiliki mulut moncong seperti buaya, dan berasal dari Amerika. Peminatnya sebagai ikan hias predator lumayan banyak.

Untuk pakan ikan predator ini adalah ikan kecil, keganasan ikan ini sangat luar biasa. Pasalnya ikan kecil yang masih hidup jika dimasukan ke dalam aquarium yang berisi ikan aligator pasti langsung disambarnya.
 

13. Ikan Predator Air Tawar Piranha


Piranha juga termasuk ikan hias predator yang dilarang diperjual belikan secara bebas atau masuk ke Indonesia. Karena membahayakan kelestarian sumber daya ikan, lingkungan dan manusia.

Piranha adalah ikan predator yang bersal dari Amerika selatan, tepatnya sungai amazon. Piranha merupakan ikan predator air tawar yang sangat ganas, pasalnya mereka menyerang secara berkelompok.

Ikan piranha yang populer dipelihara adalah yang jenis perut merah, Akan tetapi jika ingin memelihara ikan piranha haruslah hati2, Dan perlu anda ketahui piranha mudah stres saat dipelihara di aquarium.

Harga ikan predator jenis piranha tergolong mahal, untuk ukuran 2 cm saja harganya 20 rb per ekornya.
 

14. Ikan Predator Air Tawar Oscar

cyberspaceandtime.com

Ikan predator air tawar yang juga berasal dari Amerika adalah oscar. Ikan ini harganya lumayan mahal, anda bisa membacanya di OSCAR, IKAN HIAS AIR TAWAR TERMAHAL

Oscar memangsa ikan kecil yang ukuranya lebih kecil dari setengah ukuran badanya. Dikarenakan memiliki ulut yang simpel serta harus memaksakan makan jenis yang muat saja.

Ikan oscar Astronotus ocellatus merupakan ikan predator air tawar dari jenis cichlid. Warnanya sangat menarik, warna badanya hitam dengan batikan berwarna kuning.



Dari sinilah kemudian muncul banyak sekali jenis ikan hias yang beragam warna serta sangat unik untuk bisa di pelihara semua kalangan.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara ini, semoga dapat menambah wawasan kita untuk perawatan pada jenjang berikutnya.