May 4, 2017

Mengenal Ikan Oscar Secara Detail

Ikan Oscar Infoikan.com Sudah tau harga ikan oscar? atau ingin tau jenis ikan oscar termahal? Siapa sih yang tak kenal oscar, salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Ikan ini biasanya di taruh dalam akuarium sebagai hiasan sekaligus penambah cantiknya ruangan maupun halaman rumah. 

Untuk memelihara ikan hias ini, Anda harus mengetahui makanan ikan oscar cepat besar. Yang merupakan penunjang kelangsungan hidupnya. Jenis ikan oscar sendiri beraneka ragam dari harga oscar murah hingga harga oscar termahal dan terbesar. Tentunya beda daerah beda harga. Namun, sebelum Anda dapat merawatnya, alangkah baiknya untuk mengenal dulu ikan oscar ini supaya lebih ngerti untuk melakukan budidaya ikan oscar.

Ikan Oscar


Mengenal Ikan Oscar Secara Detail

Sistematika
Berdasarkan klasifikasinya, maka oskar di golongkan dalam;

Family : Cichlidae yaitu golongan ikan yang mempunyai ciri-ciri antara lain: mempunyai susunan duri-duri benar/keras pada farink-nya; hanya mempunyai sebuah lubang hidung pada setiap sisi moncongnya; badannya selalu memanjang kadang berbentuk cakram dan pipih ke samping, ada juga yang dalam /tinggi; kepalanya relative besar dengan moncong yang lebar dan tumpul; sirip ekor biasanya berbentuk membulat atau lebar pada ujungnya; garis rusuk biasanya terpotong menjadi 2 bagian.
 

Genus  : Astronotus yaitu ikan yang mempunyai bentuk punggung seperti bintang (astro-star-bintang;notus= a back=punggung).
 

Spesies : Astronotus ocellatus cuver. Ocellatus artinya berbintik-bintik seperti mata yang banyak jumlahnya.

Ikan Oscar





Ciri-Ciri Morfologi Ikan Oscar
Sosok ikan oskar (astronotus ocellatus) tidak jauh berbeda dengan ikan nila (tilapia nilatica), yang sering di konsumsi sebagai kawan nasi karena rasa dagingnya gurih. Bentuk kepalanya besar dengan mulut agak meruncing dan terletak di tengah (terminal). 


Sirip punggung berbentuk lebar, yang ujungnya terletak bersebrangan dengan sirip dada. Bagian belakang sirip punggung maupun sirip anus berbentuk meruncing dengan ujung yang agak tumpul. Sirip ekor berbentuk bulat (rounded). 

Mempunyai sepasang mata yang menyorot tajam, menimbulkan kesan jantan. Kesan ini begitu nyata karena di imbangi dengan postur tubuh yang terlihat kokoh, kekar. Barangkali oskar juga akan menjadi santapan seperti nila, jika saja pada badannya berwarna kemerahan atau merah tua.dan tentu,karena kepintarannya juga maka ia luput dari penggorengan.
 

Warna dasar badannya bervariasi, namun selalu antara hijau zaitun gelap hingga coklat tua. Sepintas sepertinya oskar berbadan hitam. Namun jika diperhatikan benar-benar, ternyata warna hitamnya tidak murni. Warna hitam itu merupakan pancaran warna coklat dan bagian yang agak gelap. 

Pada sisi badannya, sekitar daerah perut sampai punggung, di warnai dengan bintik-bintik dari warna sisik yang berwarna kuning keemasan atau kemerah-merahan. Dari batikan dan warna dasar yang kontras inilah sering oskar di tentukan kualitasnya. Oskar dengan batikan yang lebar dan utuh, tidak copot sisiknya akan mendapat harga yang relative tinggi. 

Sebaliknya oskar yang pada badannya tidak banyak hiasan batikan dianggap sebagai below standar(BS) dan mendapatkan tawaran yang tidak begitu tinggi. Selain warna warni tersebut di atas, biasanya pada tepi siripnya ada warna yang gelap. Pada sirip ekor dihiasi dengan bintik berwarna hitam bertepi merah.
Bentuk badannya angsing,pipih ke samping (compressed)menjadikan oskar sebagai ikan yang dapat bergerak gesit seperti jawara. 


Di topang lagi dengan bentuk mulutnya yang lebar dan bergigi, tak syak lagi menjadikan oskar sebagai ikan yang berbahaya lagi sesama ikan yang berukuran lebih kecil. Dengan sekali sambar biasanya udang kali atau ikan cecere seolah langsung hilang, tak berbekas. 

Gerakan inilah yang sering membahayakan kita yang belum bisa, bila coba-coba memasukkan tangan ke dalam akuariumnya. Dengan kepala yang pijal (tumpul) dan bibir yang agak tebal, sebenarnya ikan ini tidak cantik mukanya. 

Ikan Oscar




Varietas atau Strain Ikan Oscar
Setidaknya ada 3 varietas atau strain oskar yang sudah berhasil di ternakan,yaitu:

-Oskar normal/biasa
-Oskar merah 
-Oskar slayer

Nama Dagang dan Nama Lokal Ikan Oscar
Meski telah di sebutkan bahwa haya ada satu dari genus astronotus yang tidak lain adalah oskar (A.ocellatus), namun ternyata ikan ini banyak namanya. Untuk itu tidak ada salahnya, bila kita mengetahui satu persatu, meskipun bagi kita sudah cukup dengan sebutan oskar saja. 


Nama ikan Oscar dalam bahasa inggris dan asing tersebut antara lain .  

- Oskar, velvet cichlid (dalam buku handbook of tropical aquarium fishes, Herbert R. Axelrod).
 

-  Oskar, peacock cichlid, velvet cichlid (dalam buku Exotic tropical aquarium fishes, Herbert R.axelrod).
 

- Oskar, marble,velvet cichlid (dalam buku the completed aquariust’s guide to freshwater tropical fishes).
 

- Oskar, velvet cichlid, peacock eye cichlid (dalam buku the complete aquarium encyclopedia of tropical freshwater fish, dr,j.d. van ramshorst). 

Dikalangan pembudidaya ikan hias domestic, ikan dengan segudang nama itu lebih populer dengan nama oskar. Dari beberapa surat konsultasi yang masuk baik lewat majalah pertanian  trubus maupun langsung kepada penulis yang datang dari berbagai daerah seluruh Indonesia dapat di simpulkan bahwa nama oskar sudah populer dimana-mana. 

Jika semula timbul dengan nama tersebut hanya populer di DKI Jakarta, maka sebaiknya praduga itu di hilangkan. Dengan demikian maka nama oskar merupakan nama lokal yang juga nasional dan salah satu nama internasionalnya. Hal itu barangkali dapat dimaklumi karena oskar bukan asli penghuni perairan Indonesia, sehingga tidak tersedia nama lokal (daerah). 

Ikan Oscar


Perbedaan Ikan Oscar Jantan dan Betina
Ciri-ciri ikan oscar jantan:
Bentuk alat kelamin meruncing
Bila diurut perutnya keluar cairan memancar
Badannya lebih panjang
Bagian badan yang berwarna merah lebih banyak
Sirip-sirip lebih lebar
Terdapat 2 atau 3 bintik pada sirip punggung.

Ciri-ciri ikan oscar betina:
Sirip relatif lebih pendek
Bagian badan yang berwarna merah relatif lebih pendek
Badan relatif lebih pendek
Bila diurut perutnya keluar cairan pelan
Bentuk alat kelamin tumpul

Ikan Oscar


Daerah Asal dan Penyebaran Ikan Oscar
Daerah asal yang asli dari ikan bak berbatik tulis ini masih terus dipertentangkan. Meskipun pertentangan itu hanya terbatas dalam literatur, dan tidak sampai terbuka dalam sebuah diskusi, namun pantaslah untuk disimak satu-persatu. 


Tentu, ini tidak dimaksudkan untuk mempermasalahkan hal yang tidak perlu, namun hanya dimaksudkan untuk memperkaya perbendaharaan pengetahuan kita. Toh, darimanapun asal ikan oskar, tidak bakal mempengaruhi aktifitas pecinta dan pembudidaya oskar untuk menghentikan kegiatannya.
 

Adapun daerah yang di klaim sebagai tempat asal dan penyebaran oskar pertama kali adalah bagian timur Venezuela,Guyana,amazon hingga Paraguay,di daerah amerika selatan. 

Dengan daerah penyebaran yang terkonseentrasi di daerah amerika selatan , tak syak lagi ikan ini sering di gambar gemborkan sebagai satu jenis cichlid yang sangat top dan pop dari amerika, disamping diskusi, manvis,dan severum. Di alam aslinya ini ikan oskar di temukan pada daerah perairan yang lebar. 

Ikan Oscar


Tingkah Laku Kebiasaan Ikan Oscar

Ikan oskar termasuk ikan yang cerdas. Barangkali karena kecerdasannya itu pulalah yang menjadikannya cenderung bersikap nakal. Berbicara tentang kecerdasan ikan oskar seolah takkan pernah selesai. 

Ikan ini akan cepat mengenali tuannya, entah pemilik atau hanya sekedar perawatnya. Bila kita mempunyai oskar dan merawatnya dengan baik, maka sang oskar akan segera hafal dengan kita. Ia akan menyongsong kita bila kita (sebelum dan sesudah kita bekerja) menyempatkan diri menghampiri akuariumnya. 

Dan tidak sampai di situ saja, ia akan segera beraktrasi dengan berenang berkeliling di akuarium, menyembulkan kepala dan kembali menatap kita pada permukaan kaca,dan sisi bagian depan.
 

Bila kita berikan makanan dengan memasukkan tangan kita, misalnya cacing sutra, oskar yang cerdas ini akan segera menghampiri makanan yang masih di tangan dan mencicipinya seolah tanpa rasa takut dan was-was. 

Ini tentu hanya bagi pemilik/pemelihara yang dikenalnya. Bagi yang tidak dikenalnya, tidak jarang ia akan menggigit tangan yang di masukkan ke dalam tempat tinggalnya. 

Yang barangkali agak menakjubkan, ikan oskar ini mampu menanggapi segala macam perubahan seperti gerakan, intensitas cahaya,dan irama musik. Dengan segala kelebihan dan keanehannya itu pulalah orang tidak segan-segan memajang ikan kekar ini dalam kamar tidur. 

Bila ikan ini sempat dipajang dalam ruangan tamu, maka ia akan menyambut gembira setiap orang yang menghampirinya. Biasanya ia akan menyambutnya dengan pawai berkeliling akuarium, kemudian kiprah ke dasar akuarium mungkin sebagai  ungkapan kegembiraannya.

Ikan Oscar


Demikian inilah sedikit uraian tentang mengenal ikan Oscar yang unik dan lucu serta sangat cantik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara untuk hiasan akuarium.