February 2, 2017

Cara Mudah Budidaya Ikan Oscar untuk Pemula

Budidaya Ikan Oscar (Oscar, Peacock Cichild, velvet Ciclid) infoikan.com Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias paling cantik. Tidak seperti budidaya ikan cupang, cara merawat ikan oscar membutuhkan keseriusan karena akan menghasilkan ciri-ciri ikan oscar yang bagus berbeda dengan jenis-jenis ikan hias lainnya. Hal ini karena harga ikan oscar sangat ekonomis dan cocok untuk wirausaha petani maupun pemula.

Bagi sobat pemula yang ingin mencari tahu detail bagaimana cara mudah budidaya ikan oscar yang baik dan cepat menghasilkan, berikut beberapa langkah lengkap cara merawat budidayanya sekaligus bisa mengetahui cara membedakan oscar jantan dan betina serta harga oscar termahal.

cara membedakan ikan oscar jantan dan betina

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Oscar

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Oscar
Ordo              : Percomorphoidei
Sub-Ordo       : Percoidea
Famili             : cichlidae
Sub-Famili      : Astronotus
Spesies          : Astronotus ocellatus (Cuvier)
Nama Inggris  : Oscar, Peacock Cichlid, Velvet Cichlid


wirausaha budidaya ikan oscar
123rf.com

budidaya ikan oscar albino
youtube.com


Ciri-Ciri dan Jenis Ikan Oscar
Orang yang sudah pernah melihat dan melakukan budidaya ikan oscar, pasti akan setuju jika bentuk ikan oscar mirip mijahir atau ikan nila. Persamaan ini tidak saja dari sosoknya, juga sirip dan mulut. Bedanya, terletak pada warna dasar oscar yang umumnya bervariasi antara coklat gelap, coklat cerah sampai merah kekuningan.

Yang membuat ikan oscar digolongkan ikan hias ialah kombinasi warna di tubuhnya yang sepintas nampak seperti sapuan warna pada sebuah lukisan.

Dilihat dari kombinasi warnanya, oscar dari spesies ocellatusini setidaknya ada 3. tetapi yang menarik adalah oscar hasil breeding dari bangkok. Oscar ini diberi anam red oscar (oscar merah) yang sudah masuk di pasaran ikan hias Amerika.

Julukan ini erat hubunganya dengan warnanya yang dominan merah terutama dari leher sampai pangkal ekor. Disebut pula oscar merah ini lebih pesat tumbuhnya ketimbang oscar lainnya, tetapi tidak semua percaya dengan pendapat seperti ini.

ciri ciri ikan oscar yang bagus
youtube.com

ikan hias oscar albino
youtube.com


Sifat-Sifat Ikan Oscar
Oscar dikenal juga sebagai ikan cerdas, setingkat di atas kecerdasan ikan hias lainnya. Menurut beberapa peternak ikan hias oscar, kecerdasan inilah yang salah satu faktor orang tergila-gila pada oscar. Ia amat kenal dengan majikannya. Bila tuannya pulang, ia akan menyambut dengan mulutnya yang lebar ke dinding akuarium.

Keunikan lainnya dari ikan hias oscar ini ketika disambut atau ada orang datang mereka akan menyambutnya sambil pawai keliling, lebih lagi lebih lagi mereka termasuk tanggap terhadap irama musik, intensitas cahaya, yang semua ini membuat gerakan oscar makin menarik saja di mata sang pemelihara ikan.

Sebelum melakukan budidaya ikan oscar, sobat harus mengenal sifat yang menonjol ini. Yaitu ia paling tabu bergonta-ganti pasangan. Sekali menentukan pasangan (oscar dewasa) ia setia seumur hidup. 

Bagi yang pertama kali memelihara ikan oscar di akuarium, pertama kali harus mengetahui, ia membutuhkan jenis akuarium yang besar. Lengkapi juga jenis tanaman air yang halus dalam akuarium.

ikan oscar termahal

harga ikan hias oscar
majalahikan.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Oscar
Tempat Pemijahan untuk budidaya ikan oscar cukup sediakan:
Kolam atau bak dibuat dari semen 1 x 2 x 0,5 m, dengan kedalaman air 30 cm. Satu kolam khusus sepasang induk. Jadi kalau punya 5 pasang, harus menyediakan akuarium pemijahan 5 juga.
Bisa pula dengan akuarium ukuran yang agak luasdengan kedalaman air 30 - 40 cm.

Kondisi air yang dikehendaki oleh ikan oscar antara 22 - 28 derajat C dan saat pemijahan kaau bisa dibuat kontan 26 derajat C.

jenis ikan oscar
Small-Pets.LoveToKnow.com

cara membedakan ikan oscar jantan dan betina
youtube.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Oscar
Induk ikan oscar yang siap di budidayakan dan di pijah paling tidak berukuran 10 - 12 cm. Cara Membedakan oscar jantan dan betina mudah saja. Yaitu induk jantan memiliki tubuh lebih panjang atau lebar, dan kalau diperhatikan, alat kelaminnya agak menonjol keluar dibanding induk betina.

Sukse tidaknya budidaya ikan oscar ini ditentukan oleh bagus tidaknya induk yang kita miliki. Tanpa induk yang baik, maka keturunannya pun nanti jelek-jelek. 

Nah, untuk memperoleh induk yang sempurna, sobat dapat membeli yang berukuran sedang, kemudian bisa dipelihara lagi di akuarium. Ciri-ciri ikan oscar sudah siap dikawinkan atau matang gonad sulit ditebak, karena ia tidak memperlihatkan perilaku yang aneh-aneh.

Ada baiknya hasil pembelian oscar ini langsung dipelihara bersama-sama dalam satu akuarium. Caranya, oscar usia remaj ini kita beli dengan perbandingan 5 ekor betina dan 5 ekor jantan.

Di dalam kolam, ke-5 pasang induk ini dipelihara dengan baik-baik. Biasanya menjekang matang kelamin, calon induk ini akan memilih induk masing-masing tanpa mengganggu pasangan lainnya. Andaikan meraka sudah memiliki pasangan, segera pindahkan ke tempat yang lebih luas dengan wadah sendiri.

Sebagai pegangan untuk mengetahui apakah sudah matang kelamin apa belum, ialah dengan meraba si betina. Jika perutnya terasa empuk dan nampak gemuk (bunting) itu pertanda bahwa ia telah siap dikawinkan.

wirausaha budidaya ikan oscar
Pinterest

budidaya ikan oscar albino
oscarfishcare.com


Pemijahan Budidaya Ikan Oscar
Jika tempat atau wadah pmijahan budidaya ikan oscar sudah siap, langsung saja bisa masukkan indukan ika oscar yang dipilih. Menurut petani yang sudah berpengalaman, oscar juga mengenal musim kawin, yang jatuh pada Desember sampai Februari. 

Jika induk yang dimasukkan benar-benar matang kelamin, maka malam harinya akan terus kejar-kejaran dan bercumbu. Yang kita saksikan esoknya sudah terdapat telur-telur berserakan di dasar kolam atau menempel pada batuan yang disediakan.

Dengan ukuran akuarium 70 x 40 x 40 cm, pindahkan telur tersebut untuk menuju proses penetesan dengan kondisi air yang sama. Hal ini guna menjamin ketersediaan oksigen dalam akuarium, bisa di taruh aerator.

Pada umur 4 hari, baru diberi makanan dengan rotifera atau plankton. diingatkan, pemberian makanan ini jangan sampai terlambat, karena dikhawatirkan mereka akan saling memangsa. Saat serupa inilah tingkat kematian benih oscar cukup tinggi yakni mencapai 40%.

ciri ciri ikan oscar yang bagus


Pembesaran Budidaya Ikan Oscar

Memasuki hari ke-10 makanan ikan oscar boleh diganti dengan kutu air. Persis usia 2 minggu cacing sutera atau cacing merah sudah bisa disediakan dalam kolam. Untuk mencegah kotoran menumpuk pada kolam dan sekaligus menjaga kualitas air, maka penggantian air dilakukan dengan cara menyedot pakai selang.

Di tempat terbuka ada baiknya jika dilengkapi dengan tanaman enceng gondok, kalau musim hujan bisa di kasih tutu plastik. 

Genap sebulan budidaya ikan oscar, penjarangan bisa dilakukan kembali. Kalau semua di bak pendederan bisa dengan kepadatan 300 ekor per kolam, di tempat baru ini dikurangi sampai 200 ekor. Sampai umur 2 bulan pembesaran bisa diteruskan di kolam lain, tetapi bisa juga di kolam berlantai tanah.

Karena kelebihan ikan oscar terletak pada warnanya, jenis makanan ikan oscar untuk mempercantik warnanya  dapat berupa pakan yang mengandung zat kapur (Chitine). 

Diantara jenis makanan ikan oscar yang baik ialah udang sungai, atau udang tambak. Perawatan seperti ini berlangsung selama ia berada di tangan kita. Tepat umur 6 bulan, kerumunan oscar remaja ini sudah bisa dilakukan seleksi untuk memilih calon induk.
Baca juga: Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit 
ikan hias oscar albino
123RF.com

Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan oscar ini, seoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.