July 24, 2017

Ini Dia Jenis Ikan Mas Koki yang Umum Dijual

Jenis Ikan Mas Koki Infoikan.com Jepang merupakan Negara penghasil koki terbesar, dari Negara sakura ini koki di ekspor tidak hanya ke pasar Eropa tapi juga amerika. Jenis ikan hias ini sangat unik dan menarik.

Menurut cacatan, koki pertama kali masuk amerika pada tahun 1876. 

Amerika serikat merupakan salah satu pasar koki terbesar, dan pelaku budi daya yang cukup sukses yaitu jenis ikan mas koki dan harganya sangat bervariasi.

Setidaknya, Negara ini berhasil melahirkan dua strain koki yang cukup nge-tren di kalangan  hobiis, yaitu veiltrail ini, 

Sebenarnya strain koki telah berkembang hingga berjumlah ratusan, tetapi banyak yang tidak tercatat sehingga tidak dikenal orang.

Di samping itu, para hobiis hanya menggemari strain tertentu yang tenar. 

Mereka pun beranggapan bahwa strain baru hasil persilangan sulit diterima orang. Sebetulnya cara memelihara ikan mas koki cukup mudah.

Mereka hanya menggemari strain tertentu yang sudah jelas nama dan jenisnya. Serta dipilih jenis ikan koki termahal saja agar tidak mudah mati.

Saat ini varietas koki menyusut, dari ratusan menjadi 15 saja yang dikenal dan di gemari orang. Jenis ikan mas koki yang umum dijadikan kontes dan hiasan ruangan sebagai berikut;

Jenis Ikan Mas Koki


Jenis Ikan Mas Koki

1. LION HEAD (Kepala Singa)
Jenis ikan mas koki ini paling di gerundungi hobiis dan harganya relative tinggi, tentu saja yang kualitasnya memenuhi standar kontes.

Gendut dan pendek merupakan bentuk tubuh mas koki lion head. Yang mana pada kepalanya maka keindahan serta kecantikan akan terlihat layaknya singa.

Ciri utama mas koki lion head adalah tida ada sirip serta keadaan punggungnya bengkok.

Memiliki sirip ekor panjang menjuntai mirip selendang dengan warna kuning keemasan.

Umumnya, lion head berwarna jingga kemerahan, sementara sisik tubuhnya berwarna kuning keemasan. Jambul di kepalanya akan semakin membesar dan berwarna mencolok.

Seiring dengan pertambahan umurnya. Kualitas ikan koki ini memang dinilai dari jambul kepala dan kecerahan warna jambulnya. Jika ke dua syarat tersebut terpenuhi, harganya bisa melambung.

2. Jenis Ikan Mas Koki - PEARL SCALE (SISIK MUTIARA)
Jenis ikan mas koki selain lion head, pearl scale (terutama yang berjambul) juga banyak di cari orang.

Sisik mutiara memang mempunyai dua jenis, yakni yang berjambul (mutiara jambul) dan tidak berjambul (mutiara pingpong atau tikus).

Koki ini memiliki sisik benjol-benjol seperti mutiara (pearl), yang umumnya berwarna putih kemerahan hingga kuning emas dengan warna dasar merah atau jingga.

Sebenarnya, banyak sekali ragam warnanya, tetapi yang paling langka adalah yang berwarna hitam polos.

Jenis ikan mas koki ini juga bentuk tubuhnya bulat dan membesar (kadang agak lonjong) seperti bola pingpong.

Koki ini tampak tidak seimbang karena ukuran kepala dan ekornya kecil. Siripnya lengkap, yaitu ada enam buah.

Sisik mutiara merupakan koki hasil breading varietas terakhir dari semua koki di dunia. Di Indonesia sekarang ini banyak di kembangkan koki mutiara berjambul.

Kualifikasi koki ini yang di anggap baik oleh para penggemar adalah yang secara keseluruhan terlihat bulat, sisik benjol-benjol membulat nyata, dan warna yang menghiasi tubuhnya memiliki pola tertentu dan tidak ada kesan kusam.

Ada yang beranggapan bahwa yang badannya agak memanjang adalah jantan dan yang membulat adalah betina.

3.TOSA (EKOR RUMBAI)
Tosa paling mudah di jumpai di pasaran dan di kalangan peternak. Strain ini sering juga disebut kokitosa.

Bentuk tubuhnya membundar dengan ciri khas sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekornya relative panjang.

Bahkan jika pemeliharaan dan pertumbuhannya baik, sirip ekor ikan ini bisa melebihi panjang tubuhnya. Ketika berenang, ekornya yang panjang akan melambai-lambai mengikuti arus air.

Tak salah jika di luar negeri koki ini disebut veil tail atau si ekor rumbai.
Menurut para penggemar koki, tosa adalah koki yang paling memikat hati untuk dilihat.

Selain tampak dari tubuh dan siripnya, keindahan koki ini terlihat dari gerakannya yang sangat serasi saat berenang, seperti orang yang sedang menari.

Sayangnya, keindahan tosa hasil peternak Indonesia masih kalah dengan impor. Hingga saat ini para peternak masih berupaya menghasilkan tosa yang secantik tosa impor dengan pola pembibitan dan pemberian pakan yang ketat.

Ciri-ciri koki tosa yang menyandang predikat “cantik” tentu berharga mahal.

Kriteria untuk pemberian predikat itu adalah bentuk badannya montok, punggungnya cukup tinggi, sedikit bongkok, dan seolah-olah berpunuk, bentuk mulutnya kecil dan meruncing,

warna badannya lebih dominan merah keemasan daripada putih, sirip ekornya pecah menjadi 4, panjang melambai (melebihi panjang badannya),

dan berwarna merah cerah, pangkal ekornya agak menyambung dengan badannya, tetapi gerakannya lincah.

4. Jenis kan Mas Koki - Pencer (oranda)
Jenis ikan mas koki ini sepintas mirip dengan lion head. Jambul di kepalanya berwarna merah hingga jingga.

Di duga lion head merupakan perkembangan dari oranda. Yang membedakan kedua jenis ini adalah sirip punggung pada oranda.
Sirip dada dan sirip ekornya juga lebih panjang dari pada sirip yang di miliki lion head.

Warna tubuh oranda bermacam-macam, ada yang kuning keemasan, merah putih, hitam polos, dan kaliko (dasar tubuh putih dengan belang-belang dan gemuk agak membulat, berkombinasi dengan sirip-sirip yang panjang melambai-lambai.

Semakin gemuk tubuhnya, semakin mahal harganya. Selain tubuh, sirip ekor juga di hargai selangit jika bentuknya melebar dan simetris.

Oranda yang ada di Indonesia berasal dari jepang, cina,dan asli Indonesia sendiri. 

Yang paling mahal harganya adalah yang dri jepang karena bentuk badannya lebih bagus dan sedikit bongkok dengan warna yang cukup terang dan tajam.

Sementara itu, yang dari cina ukuran badannya lebih besar dan warna badannya merah tajam, berbeda dengan oranda local yang warnanya kurang tajam dan ekornya pendek.

5. Jenis Ikan Mas Koki - Calico (kaliko)
Cirri utama koki kaliko adalah kombinasi warnanya yang beraneka ragam. Dari sekian jenis koki, kaliko adalah yang paling kaya akan warna.

Umumnya, kombinasi warna tersebut merupakan perpaduan antara warna hitam, putih, jingga, biru, dan merah.

Warna-warna tersebut berpadu secara acak dan tidak beraturan. Semakin lengkap dan serasi perpaduan warnanya, harganya juga akan semakin mahal.

Bentuk tubuh kaliko agak bundar dengan mulut runcing, bersirip punggung dengan ekor yang relative panjang.

Kaliko dengan kombinasi warna lengkap (lima warna) dinamakan kaliko panca warna. jadi setiap jenis ikan mas koki memiliki karakter tersendiri.

Varian lain dari kaliko ini relative jarang ditemukan di pasaran karena proses penyilangannya cukup rumit.

Warna-warni tersebut bisa diturunkan pada semua jenis koki. Seperti lion head, tosa, oranda, dan teleskop, melalui perkawinan silang.

Beberapa peternak sudah mencoba menghasilkan koki pancawarna dari berbagai jenis koki yang ada.

6. Jenis Ikan Mas Koki - BUBLE EYE (MATA BALON)
Keunikan jenis ikan mas koki ini terlihat pada bentuk matanya yang sama persis seperti balon yang tepat berada persis di bawah kedua matanya.

Ketika mas koki berenang, maka secara otomatis gelembung tersebut akan bergoyang-goyang.

Sebenarnya, gembung ini mengganggu koki dalam melihat dan bergerak secara leluasa. Karena itu, gerakan koki yang pada dasarnya tidak lincah ini akan semakin lamban.

Bentuk fisik koki mata balon sebenarnya hampir sama dengan koki lainnya, tubuhnya montok dengan sirip ekor mekar berkecabang empat.

Pada awalnya, koki ini tidak memiliki sirip punggung. Melalui perkawinan silang yang dilakukan oleh para penangkar, saat ini telah ada koki mata balon yang bersirip punggung.

Jenis ikan mas koki ini ternyata berharga lebih mahal di bandingkan dengan aslinya karena daya tahan hidupnya saat berunyak sangat rendah.

Berdasarkan warnanya, ada 3 jenis koki mata balon, yaitu warna hitam pekat, jingga, dan kombinasi antara merah, jingga, hitam, dan putih.

Yang menarik adalah perubahan warna pada gelembung di bawah matanya. Perubahan warna ini terjadi seiring dengan perkembangannya.

Saat koki masih muda, gelembung tersebut berwarna kehijauan. Namun, setelah koki dewasa, warnanya berubah menjadi jingga.

Sementara itu, yang waktu muda berwarna hitam, setelah dewasa akan berubah menjadi hitam kekuningan.

Kualitas koki mata balon ditentukan oleh bentuk (bulat penuh) serta kekencangan dan keseimbangan gelembung kiri dan kanan di bawah matanya.

Jika salah satu gelembungnya cacat atau tidak seimbang, tentu harganya akan jatuh.

7. Jenis Ikan Mas Koki - RANCHU (GANTENG)
Koki ini tergolong jenis yang paling tua. Pertama kali di temukan di jepang pada tahun 1784. Ranchu mempunyai julukan the king of goldfish.

Ranchu (bahasa jepang ) memiliki makna koki ganteng. Nama dan julukan ini muncul karena jepang koki ini paling di gemari.

Bentuknya secara umum menyerupai lion head, bahkan beberapa hobiis berpendapat bahwa jenis ini salah satu varian lion head.

Perbedaan dengan lion head terletak pada permukaan punggungnya yang sedikit melengkung serta jambulnya jauh lebih rimbun dan melebar sampai ke pipi.

Ranchu yang berkualitas adalah yang bertubuh gemuk dan memiliki tubuh meruncing, di samping jambulnya yang sampai pipi.

Koki ini pada umumnya memiliki warna merah, merah putih, hitam dan merah tua.

8. Jenis Ikan Mas Koki - SUKIYU (POMPON)
Secara umum, bentuk koki ini sama dengan jenis lion head. Cirri yang membedakannya adalah pada koki pompon terdapat jaringan seperti lumut di hidungnya, menyerupai kumis. 
Warna koki pompon masih sama dengan yang lain, yaitu merah, merah putih, dan kaliko.

9. Jenis Ikan Mas Koki- FAN TAIL (SI EKOR KIPAS)
Bentuk tubuh dan kepalanya memiliki kesamaan dengan kokitosa. Hanya, sirip punggung dan ekornya lebih pendek.

Sirip ekornya ini menyerupai kipas sehingga disebut koki ekor kipas (fan tail).

10. Jenis Ikan Mas Koki - TOSAKIN
jenis ini juga hamper menyerupai kokitosa. Kiistemwaannya adalah warna ekornya yang meriah menyerupai ekor burung merak.

11. Jenis Ikan Mas Koki - BULLDOG
disebut bullgog karena memang wajahnya mirip anjing bulldog dan warnanya hitam pekat.

Yang membedakan dengan koki mata teleskop adalah matanya tidak menonjol dan siri-siripnya lebih mirip jenis pencer.

12. Jenis Ikan Mas Koki - BLACK Moor
Koki ini paling mudah dikenali karena warnanya yang biru hitam pekat dan matanya yang bulat menonjol.

Para peternak, terutama di tulungagung, menyebut koki ini dengan nama lowo (kelelawar,jawa).

Black moor adalah salah satu varientas koki mata teleskop. Tubuhnya merupakan perpaduan antara kokitosa dan koki red  head.

Kepalanya menyerupai koki jenis bulldog, tetapi sirip ekor dan punggungnya lebih panjang.

Koki black moor yang asli tidak akan berubah warna seumur hidupnya. Black moor yang asli mempunyai perut yang berwarna hitam, bukan merah, kuning, atau warna-warna muda.

Jika pada perut anak koki black moor terdapat sedikit saja warna merah atau lainnya, seiring dengan perkembangannya, pigmen ini akan menyebar keseluruh tubuh.

Gen warna hitam koki ini terkait dengan gen mata teleskop. Artinya, semua koki black moor pasti bermata teleskop, tetapi bukan berarti semua koki mata teleskop adalah black moor.

Mata teleskop ini akan muncul ketika koki mencapai umur sebulan. Dengan bertambahnya umur, bentuk matanya akan semakin menonjol dan besar.

Kualitas black moor ditentukan oleh warna dan bentuk matanya. Semakin hitam warnanya, kualitasnya juga semakin baik.

Bentuk matanya pun harus bulat besar seperti lengkeng dan seimbang antara kanan dan kiri.

13. Jenis Ikan Mas Koki - Mata Teleskop
Sesuai dengan namanya, koki jenis ini memiliki mata yang menonjol keluar mirip teropong atau teleskop, sehingga di beri nama telescope eye atau koki mata teleskop.

Bentuk tubuhnya sepintas mirip dengan koki kaliko, sedangkan warna tubuhnya bisa seperti kaliko ataupun black moor.

Standar lomba yang biasa digunakan untuk koki mata teropong adalah matanya harus menonjol, bulat, dan seimbang, lebar tubuhnya ¾ panjang badannya,

panjang sirip ekor minimal 2/3 panjang badan dan bentuknya terbelah, ujung-ujung siripnya bundar, dan tinggi sirip punggung 2/3 panjang badannya.

14. Jenis Ikan Mas Koki - Red Head (kepala merah)

Dijuluki kepala merah (red head) karena adanya warna merah pada jambul tepat di atas kepalanya. 

Bentuk tubuhnya mirip dengan lion head, tetapi tubuhnya berwarna putih. Selain itu, kepala merah memiliki sirip punggung dan ekor lebih panjang dan lebar. Jenis ini juga sering disebut resket.

15. Jenis Ikan Mas Koki - Celestial (star gezer)
Sebenarnya, bentuk tubuhnya sangat mirip dengan jenis lion head, juga tidak mempunyai sirip punggung.

Yang menarik dari strain ini adalah matanya yang menghadapke atas seolah-olah menatap langit, tidakk memiliki gelembung udara seperti mata balon.

Karena itu, koki jenis ini dijuluki star gazer atau si penonton langit. 

jenis ikan koki termahal


jenis ikan koki dan harganya


cara memelihara ikan mas koki


ikan mas koki terbesar


kenapa ikan mas koki mudah mati

ikan mas hias ras


jenis ikan koki kontes


ikan mas koki oranda


jenis ikan koki termahal


jenis ikan koki dan harganya


cara memelihara ikan mas koki


ikan mas koki terbesar


kenapa ikan mas koki mudah mati


Bagaimana sobat, semoga apa yang sudah Anda baca dengan jenis ikan mas koki di atas dapat memberikan gambaran mana yang terbaik untuk kita pelihara sekaligus dapat kita jual dengan harga yang mengun tungkan perbijinya.