August 25, 2016

Ikan Black Molly dan Cara Budidayanya yang Lengkap

Ikan Black Molly? - ikan ini masih dalam kategory ikan hias akan tetapi namanya ikan molly. yang termasuk dalam jenis ikan live breare atau melahirkan. Salah satu dari beberapa komunitas ikan hias air tawar yang jug banyak penggemarnya untuk dijadikan pelengkap hiasan aquarium.

Cara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly yang Harus Di CobaCara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly yang Harus Di Coba
Baca ini : Sedikit Tentang Ikan Molly
ikan molly ini bersifat omnivora (pemakan tumbuhan dan hewan-hewan kecil). Yang mana
di sesuaikan tubuhnya yang berbentuk agak besar dengan kisaran 12 cm.

Semakin banyak para pecinta ikan hias, semakin banyak para pembudidaya jenis ikan Black molly ini, maka begitu juga variasina ikan moly ini juga semakin bertambah banyak.

Baik itu dari segi bentuk, jenis, maupun warnanya yang mana ketika sudah besar atau dewasa, bentuknya ada yang seperti ikan mas koki, yaitu besar serta agak bulat.

Budidaya Ikan Hias Molly atau Black Molly

Pecinta ikan hias haruslah tau akan perawatannya, jenisnya, serta cara membudidayakan jenis ikan moly ini dan juga yang lainnya dari jenis ikan hias.

Budidaya Ikan Hias Molly
Baca juga ini : Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya

Menyediakan sang Indukan Indukan Jantan Ikan Hias Moly di Tandai dengan Beberapa Kriteria :
 
1. Mempunyai kepala agak besar
2. Warnanya agak cerah
3. Mempunyai sirip bagian punggung lebih panjang
4. Mempunyai tubuh yang agak ramping
5. Pada bagian sirip di perut, terdapat beupa tonjolan (gonopodium) yang menjadi modifikasi sirip kecil sehingga berupa menjadi sirip yang bentuknya panjang.

Indukan Betina Ikan Hias Molly di Tandai dengan Beberapa Kriteria :
1. Mempunyai bentuk kepala agak melonjong atau runcing
2. Mempunyai warna yang kurang cerah
3. Sirip pada bagian punggung berbentuk biasa
4.  Mempunya bentuk tubuh yang agak gemuk
5. Pada bagian sirip perut terdapat berupa sirip halus tanpa gonopodium

Baca juga : 

 -Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal

-Tekhnik dan Cara Pemijahan Ikan Black Molly

Memilih jenis indukan iakn moly baik jantan maupun betina yang sehat, tidak cacat, dan yang pasti sudah siap untuk di kawinkan.

Sobat bisa memilih jenis indukan tadi yang ukuran tubuh atau badannya yang relatif  besar atau bisa juga yang ideal, mengembung dan juga pilih warna yang cantik atau mencolok.

Taruh beberapa pasang induk yang sudah siap ke dalam satu wadah atau, sobat bisa juga memisahkan dengan cara dua pasang di pisah ke tempat yang lainnya. Ini berfungsi supaya anakan yang keluar ntar menjadi yang lebih keren atau cantik lagi.

Perawatan yang secara maksimal. Sobat bisa mengontrol wadah-wadah berisi ikan black molly tersebut setiap hari, dan juga maslah airnya harus benar-benar bersih. 

Setelah lahir, sobat bisa dan harus cepat-cepat memindahkan anakan tadi dari induknya agar sang induk tadi tidak memakan anakannya sendiri.

Budidaya Ikan Hias Molly


Baca juga :
Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

Baca ini : Cara Perawatan Benih Ikan Hias Black Molly

Beberapa syarat yang harus di penuhi agar anakan ikan moly tersebut dapat tumbuh besar adlah sbb:

Setelah kira-kira umur 4 - 5 hari baru anakan ikan moly tersebut kasih makan dengan kutu air yang sudah disaring, atau bisa juga berupa rebusan kuning telur yang sudah di hancurkan.


kenapa kok lama ? karena 1-3 hari tersebut masih berupa dan mengandung kuning telur.

Biasanya para pecinta dan pembudidaya ikan moly ini, setelah mencapai ukuran yang sedang yaitu 2 - 3 cm bisa sobat kasih makan cacing, jika sudah tumbuh dewasa kisaran 5 - 7 cm, sobat bisa kasih makanan berupa cuk.

Jika sobat pengen memberikan makanan yang pelet atau langsung jadi bisa berupa cacing kering dan agar-agar atau yang lainnya. Banyak tersedia di toko terdekat.

Sebaiknya sobat bisa memberi makanan ikan moly ini cukup yaitu 2 x sehari, usahakan jangan berlebihan, bukan tumbuh yang ada, malah sisa makanan tadi akan menjadi mencemarkan air aquarium sobat.


Budidaya Ikan Hias Molly
Baca juga : Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

Jangan lupa untuk secara teratur bisa mengganti air dalam wadah tersebut, jika bersih gak papa, akan tetapi jika airnya kotor yang ada akan menjadikan kematian anakan ikan moly tersebut.

Sobat bisa membersihkan dan mengganti air tersebut kisaran 3 - 4 hari sekali, tergantung seberapa kotrnya air tersebut aja. Ganti yang bersih serta terhindar dari bakteri dab kuman.


Budidaya Ikan Hias Molly

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan pengalaman  yang maksimal dari beberapa cara ini.

Baca juga : 

-Ini Dia Ikan Hias Ruby Scat yang Cantik Serta Mudah Pemeliharaannya 
-Inilah Cara Membedakan Anantomi Ikan Discus Jantan dan Betina

Budidaya Ikan Hias Molly

Klik Pada gambar untuk memperbesar
Budidaya Ikan Hias Molly

Budidaya Ikan Hias Molly

Budidaya Ikan Hias Molly

Budidaya Ikan Hias Molly

Budidaya Ikan Hias Molly

Budidaya Ikan Hias Molly