August 20, 2016

Inilah Makanan Terbaik Ikan Cupang dan Bernutrisi Tinggi

Makanan Ikan Cupang? - Beberapa makanan ikan cupang yang dapat sobat peroleh dengan mudah serta bernutrisi sangat tinggi untuk pertumbuhan ikan cupang sobat sangatlah mudah
untuk di dapat di berbagai tempat. BSobat bisa dapatkan makanan ikan cupang ini dengan gratis maupun berbayar. Jika menginginkan yang berbayar, carilah makanan ikan cupang ini ditoko terdekat.

 
http://iinfoikan.blogspot.co.id/


Jika pengen mendapatkan makanan ikan cupang secara gratis, dibawah ini ada beberapa cara mendapatkan pakan ikan cupang secara gratis.

Beberapa Makanan Ikan Cupang Hias Bernutrisi Tinggi
Jika sobat pengen mendapatkan makanan ikan cupang bernutrisi tinggi serta sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang, bisa lihat daftar nama makanan ikan cupang dibawah ini.

1. Cacing Darah

Untuk menggunakan cacing darah sebagai makanan ikan cupang, sobat harus mematikan dulu cacing darah ini. Dalam arti ketika memberi makan untuk ikan cupang ini, harus keadaan kering.


sebenarnya jika ikan cupang diberi makan berupa makanan yang sudah mati, dalam segi kesehatan dan kebugaran kelihatannya kurang baik. Maka usahakan memberinya dalam keadaan masih hidup.

Oleh sebab itu, jadikanlah cacing darah ini hanya untuk sebagai makanan alternatif saja. Karena sangat di sayangkan jika memberi makan untuk ikan cupang kesayangan sobat ini.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/

Baca Juga :
Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan
Disini cuma ngasih tau sesuatu yang bermanfaat saja. Sebenarnya cacing darah ini cukup baik untuk dijadikan sebagai makanan ikan cupang, akan tetapi sobat harus memilih yang masih segar sekaligus yang masih bagus kualitasnya.

http://iinfoikan.blogspot.co.id/


2. Jentik Nyamuk



http://iinfoikan.blogspot.co.id/


jentik nyamuk adalah jenis makanan yang bisa dapatkan pada endapan air, seperti god, trotoar, selokan, dan lain-lain.


Makanan ikan cupang jenis ini merupakan yang terbaik, karena gratis alias dalam memperolehnya melalui usaha kita sendiri.

Protein yang terdapat pada jentik nyamuk ini sangatlah berguna dan bermanfaat sekali untuk ikan cupang sobat, apalagi dalam jentik nyamuk ini terdapat unsur lemaknya juga serta terdapat serat, yang berfungsi memperkuat otot-otot dalam tubuh ikan cupang tersebut.

Sebelum sobat memberikan makan jentik nyamuk ini kepada ikan cupang soba, alangkah baiknya supaya direndem sebentar kedalam air bersih menggunakan alat kecil yang khusus buat ikan. 


Agar macam-macam bakteri hilang terlebih dahulu. Jika langsung memberi makan pada ikan cupang, bisa jadi bakteri yang ada dalam jentik nyamuk tersebut akan menyebar pada tempat aquarium sobat.

Jentik nyamuk juga ada jenisnya. Usahakan memberi makan ikan cupang yang berupa larva, jangan memberi jentik nyamuk yang berbentuk masih bulat. Karena akan berpengaruh juga pada ikan cupang.

Maka dari itu, saringlah terlebih dahulu jentik nyamuk tersebut agar bersih dari kuman dan kepompong.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/



Cara Memilih Jentik Nyamuk yang Baik

jika sobat mengambil dari tempat kotr, usahakan disaring dulu kemudian masukkan kedalam air yang masih bersih. Lihat apakah ada yang mengambang atau tidak.


Ambillah jentik nyamuk yang tenggelam tadi untuk bahan makanan ikan cupang sobat. sedangkan jika ada yang mengambang bisa sobat buang, karena yang mengambang tersebut bukanlah jentik nyamuk.

http://iinfoikan.blogspot.co.id/



3. Cacing sutra


Jenis makanan ikan cupang selanjutnya adalah cacing sutra. Menurut pengamat penghobi dan pembudidaya jenis ikan hias, cacing sutra ini merupakan makanan ikan cupang yang terbaik pia.


Didalamnya juga terdapat lemak yang tinggi. Selain itu dalam cacing sutra, terdapat juga nutrisi, protein, serta serat. yang mana berfungsi untuk memperlancar pertumbuhan ikan cupang tersebut.

Ada dua macam cara untuk mendapatkan cacing sutra ini :
Alami : yaitu sobat bisa mencarinya di parit-parit atau pinggiran sungai terdekat.
Pelet : sobat bisa dapatkan dengan mengunjungi toko terdekat kota sobat.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/


4. Cacing Halus

 Janis makanan ikan cupang selanjutnya adalah cacing halus, untuk mendapatkan jenis cacing ini, sobat bisa mendapatkannya secara gratis maupun berbayar.


Jika sobat ingin mendapatkan secara gratis, sobat cukup mencarinya diberbagai kanal-kanal atai persawahan maupun rawa-rawa. Dan satu lagi, cacing ini juga sangat mudah untuk di budidayakan.

Jika sobat pengen yang secara simpel, carilah pada toko terdekat sobat tinggal. Disitu sudah tersedia banyak sekali beragam makanan untuk ikan cupang. Dan harganya pun sangat terjangkau.

Tata Cara yang Baik Memberi Makan
Jika sobat ingin membrikan cacing halus untuk makanan ikan cupang, usahakan ikan cupang tersebut sudah berumur 5-11 hari. Karena di lihat dari khasiatnya pun berbeda sekaligus
dalam hal pertumbuhannya pun akan lebih cepat dan dapat dicerna oleh lambung ikan cupang tersebut.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/

Baca Juga :
Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas
5.  kutu Air

setiap makanan yang alami pasti mempunyai khasiat tersendiri untuk perkembangan tubuh. Contohnya kutu air ini salah satu jenis binatang yang sangat bagus untuk dijadikan makanan ikan cupang.


Kandungan yang terdapat pada kutu air ini juga sangat banyak seperti Lemak, karbohidrat, serta protein, yang berfungsi menyegarkan dan memperlancar pertumbuhan ikan cupang ini.

beberapa kutu air juga berfungsi dan bermanfaat untuk menjadikan tulang ikan cupang ini menjadi keras serta mencerahkan warna pada sisik ikan cupang.

Jika ikan cupang masih kecil, kasih kutu air yang jenis Daphina sp yaitu ketika ikan cupang berumur kisaran 3-15 hari.


Sedangkan untuk ikan cupang yang sudah besar kasih makan kutu air yang jenis dapina magna. Jadi ada tempat dan penyesuaiannya tertentu.


6. Kuning Telur

ketika sobat sedang membudidayakan jenis ikan hias cupang ini, jangan bingung masalah memberi makannya. Salah satu makanan ikan cupang, sobat bisa gunakan kuning telur.
Wah..kalau kuning telur mah..bisa kita makan sendiri ya..hhee  


kuning telur ini digunakan makanan untuk ikan cupang, hanya untuk menggantikan kalau tidak nemu kutu air saja. Caranya sobat bisa melihat kantong kuning yang terdapat pada anakan ikan cupang. Biasanya ketika sudah mencapai 3-4 hari, kantong kuning anakan ikan cupang ini habis. Barulah kuning telur ini bisa sobat kasihkan untuk makan ikan cupang tersebut.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/



7. Burayak


kalau ini namanya ikan makan ikan ya..Burayak sendiri adalah sebuah hewan anakan ikan guppy yang masih kecil, akan tetapi bisa digunakan sebagai makanan ikan cupang yang jenis giant (besar).


Ingat ya..anakan ikan guppy yang dimaksud disini adalah yang terdapat di sungai atau selokan dan bukan jenis ikan hias.

Anakan ikan guppy ini sangat mudah untuk di dapatkan diberbagai tempat, khusunya sobat bisa membeli di toko penjual jenis ikan hias di kota terdekat sobat.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/

Baca Juga :
Inilah Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia
8. Belut Kecil (Venegar Eels)

Salah satu hewan belut, akan tetapi jenis hewan ini sangat kecil yang bergerak diatas permukaan air. Harus jeli ketika sobat mencarijenis makanan ikan cupang ini.

Venegar eels sangat baik juga digunakan sebagai makanan ikan cupang, sama halnya cacing halus. Akan tetapi hewan ini cocok buat makanan ikan cupang yang masih kecil saja.
sobat dapat membudidayakan jenis hewan ini melalui bantuan apel dan cuka, kan lumayan ketika semua makanan iakn cupang sudah tersedia disekitar sobat.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/



9. Artemia atau Udang Air Asin

Artemia ini biasanya digunakan untuk memberi makanan anakan ikan cupang hanya pada musim dingin saja. Sebagai ganti jentik nyamuk dan kutu air yang mana biasanya kedua bahan makanan ini sulit untuk didapatkan disekitar kita. Berbeda jika sobat berdomisili atau bertempat tinggal di daerah pedesaan yang banyak dijumpai.

Artemia ini juga dijadikan makanan anakan ikan cupang yang baru menetas dan kira-kira mempunyai ukuran 0,4 mm. Pilihlah dari jenis artemia yang paling kecil, supaya anakan ikan cupang tersebut mudah untuk menelannya.

Udang air ini juga sudah sangat terpopuler dikalangan pembudidaya jenis ikan hias untuk dijadikan makanan ikan cupang. Aslinya udang air asin ini, masih dalam kategori udang. Dalam bahasa alternatifnya orang desa atau jawa menamainya sebagai dawu yang sangat kecil bentuknya.


http://iinfoikan.blogspot.co.id/



Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang makanan terbaik ikan cupang dan bernutrisi tinggi ini, semoga bermanfaat dan mudah dalam membudidayakan keduanya. jika ingin berhasil dalam ternak maupun sebagai hiasan, lakukan memberi makanan ikan cupang ini secara teratur. Agar supaya cepat perkembangannya.


Baca juga : 
Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan
Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas



http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/

http://iinfoikan.blogspot.co.id/